L.K 3

30 November 2023 12:54:32 Dibaca : 36

NAMA : NAZWA ALHABSY

NIM : 531423036

KELAS : SISTEM INFORMASI B

 

 

 

 

VIDEO 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VIDEO 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VIDEO 3

 

 

 

 

 

 

 

VIDEO 4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VIDEO 5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LK.2 PEMAHAMAN COMMAND LINE

18 November 2023 17:21:41 Dibaca : 36

NAMA : NAZWA ALHABSY

NIM : 531423036

KELAS : SI-B

 

 

VIDEO PERTAMA

 

1. Perintah "Who" dan "Who Am I" dan perintah "cd" dan PWD ( Print Working Directory )

Perintah "who" dan "who am i" berfungsi untuk menginformasikan user yang sedang aktif atau sedang login. disini kita bisa lihat ada dua user.

Perintah “cd” ini sangat banyak fungsinya selain untuk berpindah dari directori yang satu yang lain kita juga bisa kembali ke directori home dengan mengertikan cd dan kita juga bisa masuk ke directori yang kita inginkan.

Perintah "pwd" ini berfungsi untuk menginformasikan letak directori yang kita tempati sekarang .

 

 

2. Perintah pembuatan file atau folder

Pada pembuatan file gunakan perintah "touch (nama file)", untuk pembuatan folder gunakan perintah "mkdir (nama folder).

3. Perintah menghapus folder “rm(nama folder yang ingin di hapus)”

4. Perintah menghapus folder “rmdir(nama directory)”

5. Perintah memindahkan file dan perubahan nama mmenggunakan perintah “mv”

6. Perintah duplikai menggunakan perintah “cp”

 

 

7. Perintah melihat history perintah yang digunakan menggunakan "history"

 

 

 

VIDEO KEDUA

 

1. Perintah chmod dan Perintah chown

Command chmod adalah perintah dasar Linux lainnya yang digunakan untuk mengubah izin baca, tulis, dan eksekusi direktori. Di Linux, setiap file dikaitkan dengan tiga kelas user, yaitu pemilik (owner), anggota grup (group member), dan lainnya (others).

chown memungkinkan Anda mengubah atau mentransfer kepemilikan file, direktori, atau link simbolik ke username tertentu.

 

 

 

2. Perintah cat

Cat (akronim dari concatenate) adalah salah satu perintah dasar sistem operasi Linux yang paling sering digunakan. Perintah ini berfungsi untuk mencantumkan, menggabungkan, dan menulis konten atau isi file dalam output standar. Untuk menjalankan command ini, ketik cat diikuti nama dan ekstensi file. Sebagai contoh:

 

 

 3. Perintah df

 

 

 

4. Perintah adduser dan  Perintah passwd

 

5. Perintah top

 

 

6. Perintah ps

 

7. Perintah dmesg

 

 

 

VIDEO KETIGA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VIDEO KEEMPAT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VIDEO KELIMA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tugas Sistem Operasi

19 October 2023 14:07:44 Dibaca : 32

Nama : Nazwa Alhabsy

NIM : 531423036

Prodi : Sistem Informasi

Kelas : B

 

 

 

1. Program Control

Program kontrol dapat diartikan sebagai sistem yang mengendalikan atau mengatur suatu keadaan untuk bisa menghasilkan keluaran yang diinginkan. Contoh sistem kontrol yang dapat kita jumpai adalah pendingin ruangan (AC). Dengan adanya AC, suhu ruangan dapat kita kendalikan.

 

2. I/O

Input/Output (I/O) adalah istilah yang digunakan dalam komputasi untuk merujuk pada komunikasi antara sistem pemrosesan informasi, seperti komputer, dan dunia luar, yang dapat berupa manusia atau sistem pemrosesan informasi lainnya. Secara sederhana, I/O adalah proses pengiriman dan penerimaan data antara komputer dan perangkat eksternalnya, seperti keyboard, monitor, printer, dan kartu jaringan.

 

3. File System

File system adalah sebuah proses yang mengatur di mana dan bagaimana sebuah data disimpan dan diakses dalam disk penyimpanan. Disk penyimpanan yang paling umum digunakan adalah hard disk drive (HDD), hard drive, atau storage device lainnya. file system ini mengatur pengoperasian di dalam sebuah disk yang terhubung ke komputer, tetapi tidak bisa terlihat oleh user atau manusia yang menggunakan komputer tersebut.

 

4. Communications

Comms (bahasa Inggris: Inter-Process Communication, biasa disebut IPC) adalah mekanisme pertukaran data antara satu proses dengan proses lainnya, baik itu proses yang berada di dalam komputer yang sama, atau komputer jarak jauh yang terhubung melalui jaringan. IPC terdiri atas protokol yang menjamin sebuah respons dari sebuah permintaan. Contoh dari IPC adalah Socket dalam sistem operasi keluarga UNIX, message dalam sistem operasi RISC OS, port dalam sistem operasi Mach, Named Pipe dalam OS/2, Dynamic Data Exchange (DDE) dalam sistem operasi Windows, SPX dalam sistem operasi Novell, IAC dalam sistem operasi Apple Macintosh (khususnya AppleEvents) dan beberapa komponen perangkat lunak seperti CORBA atau Component Object Model (COM).

 

5. Error Management

Manajemen ancaman dan kesalahan (TEM) adalah konsep keselamatan menyeluruh dalam penerbangan operasi dan kinerja manusia. TEM bukanlah sebuah konsep revolusioner, namun berkembang secara bertahap, sebagai sebuah konsekuensi dari upaya terus-menerus untuk meningkatkan batas keselamatan dalam operasi penerbangan melalui integrasi praktis pengetahuan Faktor Manusia.

 

6. Resource

Resource dalam sistem operasi adalah sumber daya fisik atau abstrak yang dikelola oleh sistem operasi untuk memindahkan, memproses, dan menyimpan data. Sumber daya fisik adalah semua komponen yang ada dalam sistem komputer yang dapat memberikan manfaat dan secara fisik dapat kita lihat, seperti CPU, motherboard, RAM, hardisk, dan printer. Sumber daya abstrak, di sisi lain, adalah sumber daya yang tidak dapat dilihat secara fisik, seperti program, file, semaphore, dan tabel segmen.

 

7. Auditing

Auditing pada sistem operasi adalah proses untuk memastikan keamanan dan keandalan sistem operasi yang digunakan dalam sebuah organisasi. Audit ini dilakukan dengan melakukan verifikasi terhadap perangkat lunak dan sistem yang digunakan, serta mengevaluasi kebijakan yang berlaku dalam organisasi tersebut. Tujuan dari audit ini adalah untuk memastikan bahwa sistem operasi yang digunakan dapat diandalkan dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

 

8. Security

Security dalam sistem operasi (OS) mengacu pada praktik dan tindakan yang menjamin kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan (CIA) sistem. Tujuan utama security OS adalah untuk melindungi OS dari berbagai ancaman, termasuk perangkat lunak berbahaya, kesalahan konfigurasi, dan intrusi jarak jauh. Security pada OS biasanya melibatkan penerapan teknik kontrol yang dapat melindungi aset Anda dari modifikasi, penghapusan, atau pencurian yang tidak sah.

PENGALAMAN SELAMA MENGIKUTI PKKMB 2023

16 August 2023 14:46:03 Dibaca : 133

Selama PKKMB 2023 cukup menguras tenaga tapi hal tersebut merupakan hal yang menyenangkan terutama di tingkat fakultas dan jurusan. PKKMB ditingkat universitas kami diberi sambutan oleh rektor beserta jajarannya dan dilanjutkan pemberian materi oleh para wakil dekan. Ditingkat fakultas dan jurursan kami diajarkan bagaimana bersikap baik dan beretika kepada dosen, senior mapun kepada sesama mahasiswa. Saat PKKMB saya mulai berinteraksi dengan beberapa mahasiswa yang memiliki jurusan dan prodi yang berbeda. Saat PKKMB ditingkat fakultas beberapa bagian tubuh saya mengalami sakit terutama pada bagian leher dan punggung. Pada hari terakhir PKKMB kami disambut dan dikenalkan kepada para dosen yang akan mengajar kami saat sudah resmi menjadi mahasiswa, kami juga diberi tips dan trik oleh alumni-alumni yang lulus tepat waktu walaupun ada yang mengikuti beberapa organisasi dikampus. Kami juga dikenalkan kepada mahasiswa-mahasiswa berprestasi di kampus yang sedang mengikuti beberapa lomba. Pada sore hari sesudah sholat Ashar kami dikumpulkan didepan fakultas disambut oleh ketua senat dan panitia PKKMB tingkat fakultas dan jurusan. Saat didepan fakultas kami menyanyikan teknik rap yang lantang dan kompak dan secara resmi kami menjadi mahasiswa di fakultas teknik.

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong