SISTEM OPERASI LK3

30 November 2023 23:57:03 Dibaca : 28

Nama     : Ramdan Umar

Nim        : 531423041

Kelas     : B Sistem Informasi

Matkul  : Sistem Operasi

 

LK3

 

Video 1 - Video 5

https://docs.google.com/document/d/1EuO4ND0aXzLzq_-bIlHbYUJUaep4gbhl/edit?usp=drivesdk&ouid=103403958679851772760&rtpof=true&sd=true

TUGAS SISTEM OPERASI LK 2

19 November 2023 02:18:01 Dibaca : 70

NAMA     : RAMDAN UMAR

NIM         : 531423041

KELAS    :  B SISTEM INFORMASI

MATKUL : SISTEM OPERASI

Dikarenakan ada banyak gambar dan ukurannya terlalu besar untuk di upload di blog semua gambar dari tugas saya upload di google drive untuk link google drive ada di bawah ini

ps://docs.google.com/document/d/1BeP3pmg_Pebsctv6wjmTTvR7YZyvmhgM/edit?usp=drivesdk&ouid=103403958679851772760&rtpof=true&sd=true

 

TUGAS SISTEM OPERASI

23 October 2023 16:19:29 Dibaca : 26

Nama : Ramdan Umar

Nim    : 531423041

Kelas : B

Prodi  : Sistem Informas

      

1. Program Control

    Program kontrol (control program) adalah bagian dari perangkat lunak yang mengatur, mengelola, dan mengendalikan operasi dari sistem komputer atau perangkat lunak lainnya. Tujuannya adalah untuk mengkoordinasikan sumber daya komputer, menjalankan tugas, serta memastikan bahwa operasi berjalan dengan baik dan efisien. Ini termasuk manajemen proses, alokasi memori, penjadwalan tugas, dan interaksi dengan perangkat keras.

Contoh program control meliputi Sistem operasi,Hypervisor,meddleware,driver perangkat , penjadwal tugas,dan manajemen sumber daya cloud

2. I/O

Input/output (I/O) dalam konteks pemrograman merujuk pada proses komunikasi antara program komputer dan perangkat eksternal, seperti keyboard, mouse, monitor, printer, atau perangkat penyimpanan seperti hard drive. Ini memungkinkan program untuk menerima data dari pengguna (input) dan mengirim data keluar (output) ke perangkat atau lingkungan yang sesuai.Operasi I/O adalah bagian penting dalam pemrograman karena memungkinkan interaksi antara program dan dunia luar, sehingga program dapat berkomunikasi dengan pengguna atau melakukan tugas yang melibatkan data eksternal.

3.File System

File system adalah metode dan struktur yang digunakan oleh sistem komputer untuk mengorganisasi, menyimpan, dan mengelola data pada perangkat penyimpanan seperti hard drive, SSD, atau perangkat penyimpanan lainnya. Ini mencakup pengaturan hierarki file dan direktori, yang memungkinkan pengguna dan program untuk membuat, membaca, menulis, dan menghapus file. File system juga mengatur metadata terkait dengan file, seperti izin akses, tanggal modifikasi, dan ukuran file.

4.Communication

Communication (komunikasi) adalah proses pertukaran informasi, gagasan, atau pesan antara individu atau entitas yang berbeda. Ini dapat terjadi melalui berbagai media dan metode, termasuk lisan, tertulis, visual, atau melalui teknologi seperti telepon, email, pesan teks, dan media sosial. Komunikasi merupakan cara yang vital untuk manusia dan organisasi berinteraksi, berbagi pengetahuan, memahami satu sama lain, dan mencapai tujuan bersama.

5. Error Management

   Manajemen kesalahan (error management) adalah bagian penting dari sistem operasi yang melibatkan penanganan dan pelaporan kesalahan yang terjadi selama operasi sistem. Manajemen kesalahan adalah aspek kunci dari program control dalam sistem operasi, dan ini melibatkan beberapa elemen penting seperti pendeteksian kesalahan,penanganan kesalahan,pelaporan kesalahan,logging dan audit,keamanan dan perlindungan, dan redundansi dan pemulihan. Manajemen kesalahan adalah elemen penting dalam menjaga stabilitas dan keandalan sistem operasi. Tanpa manajemen kesalahan yang baik, kesalahan yang terjadi dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem, kehilangan data, atau gangguan layanan.

6. resource

   Pengelolaan sumber daya (resource management) adalah aspek penting dalam sistem operasi yang terkait dengan alokasi dan penggunaan sumber daya komputer, seperti CPU, memori, perangkat I/O, dan sumber daya lainnya. Manajemen sumber daya adalah salah satu elemen utama dari program control dalam sistem operasi. Manajemen sumber daya adalah kunci dalam menjaga kinerja, keandalan, dan efisiensi sistem operasi.

7. Auditing

   Audit (pemeriksaan) dalam sistem operasi merujuk pada praktik memantau, mencatat, dan mengevaluasi aktivitas yang terjadi dalam sistem komputer. Audit adalah salah satu elemen penting dalam program control dalam sistem operasi yang membantu mengamati, menganalisis, dan melacak aktivitas yang terkait dengan keamanan, keandalan, dan kinerja sistem.

8. Security

   Keamanan (security) adalah aspek kritis dalam sistem operasi yang bertujuan untuk melindungi sistem komputer dari ancaman internal dan eksternal. Keamanan adalah elemen penting dalam program control dalam sistem operasi, dan ini mencakup sejumlah prinsip dan praktik untuk menjaga integritas, kerahasiaan, dan ketersediaan data serta sumber daya sistem.

 

Pengalaman selama mengikuti PKKMB 2023

16 August 2023 14:29:16 Dibaca : 6

Sebenarnya selama mengikuti kegiatan pkkmb ung 2023 itu saya rasa sangat menyenangkan terutama pkkmb hari ketiga tingkat universitas karena pada hari ketiga itu banyak sekali kegiatan yang menghibur seperti bergoyang bersama di depan panggung. tapi............ada tapinya setelah merasa senang di hari ketiga tibalah kami maba pada hari kempat dan kelima pkkmb tingkat fakultas dan jurusan di mana kami dari awal masuk gerbang sampai mau mengisi daftar hadir itu selalu di terikai oleh senior bagaikan pencuri yang masuk penjara, saya tau tujuan mereka untuk menguatkan mental kami para maba tapi haruskah senior berteriak di samping telinga kami? baru lagi ketika senior membahas tentang etika kurang etika apa coba kami jalan menunduk mengucapkan permisi depan senior tapi apakah hanya senior yang boleh mendapatkan semua itu terus bagaimana dengan kami para maba? tapi biarlah mungkin seperti itulah kehidupan kampus yang sudah di rasakan oleh para senior lagi pula juga senior udah tahu batasnya dengan tidak melakan kontak fisik dan hanya meneriaki kami para maba.Tapi saya bersyukur karena setelah melaluI semua itu saya sekarang telah resmi menjadi mahasiswa di Fakultas Teknik UNG

#TERIMAKASIH KAKAK SENIOR YANG TELAH MENGAJARKAN KEPADA KAMI TENTANG BAGAIMANA KEHIDUPAN KAMPUS ITU!!!

#HIDUP SENIOR:)

#HIDUP TEKNIK!!

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong