Uji Korelasi Menggunakan RStudio- ANGELLITTA LOMPU

11 November 2024 03:56:46 Dibaca : 8

Nama                      : Angellitta Lompu

Kelas                       : A/Pendidikan Matematika

NIM                         : 411422074

Dosen Pengampuh : Agusyarif Rezka Nuha, S.Pd, M.Si

Pengujian korelasi ini dilakukan menggunakan metode Pearson melalui aplikasi RStudio. Data yang digunakan diambil dari skripsi berjudul "Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Dengan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus SMK Negeri 3 Pinrang Kelas Xl. Tujuan pengujian  ini adalah untuk mengetahui apakah minat belajar matematika dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Link Skripsi : https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4693/1/17.1600.052.pdf

Hasil Uji Korelasi menggunakan RStudio ditampilan pada gambar di bawah ini:

Pearson's product-moment correlation adalah ukuran statistik yang digunakan untuk menentukan kekuatan dan arah hubungan linear antara dua variabel kontinu. Nilai koefisien korelasi Pearson (disebut r) berkisar antara -1 hingga +1, di mana:

r = 1 menunjukkan hubungan positif sempurna,r = -1 menunjukkan hubungan negatif sempurna,r = 0 menunjukkan tidak ada hubungan linear.

Interpretasi berdasarkan hasil uji korelasi data tersebut adalah:

1. Koefisien Korelasi (cor) = -0.302217: Ini menunjukkan ada hubungan negatif yang lemah antara Skor Minat dan Hasil Belajar. Artinya, jika skor minat meningkat, hasil belajar cenderung menurun, meskipun hubungan ini lemah.2. t = -1.1863, df = 14, p-value = 0.2553: Uji ini digunakan untuk menguji apakah korelasi yang teramati berbeda signifikan dari nol (tidak ada korelasi). Nilai p-value = 0.2553 lebih besar dari tingkat signifikansi standar (misalnya 0.05), sehingga kita gagal menolak hipotesis nol. Ini berarti tidak ada bukti yang cukup untuk menyatakan bahwa ada korelasi yang signifikan secara statistik antara kedua variabel tersebut.3. 95% Confidence Interval: -0.6939598 hingga 0.2275827: Interval ini menunjukkan rentang nilai korelasi yang mungkin ada di populasi berdasarkan data sampel. Karena interval ini mencakup nilai 0 (tidak ada korelasi), ini mendukung temuan bahwa korelasi antara kedua variabel tidak signifikan.Kesimpulan: Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa meskipun ada korelasi negatif yang lemah antara Skor Minat dan Hasil Belajar, hubungan ini tidak signifikan secara statistik pada tingkat signifikansi 0.05. Dengan kata lain, berdasarkan data ini, tidak ada bukti yang cukup untuk menyatakan bahwa minat secara signifikan mempengaruhi hasil belajar.

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong