SOCIAL MEDIA ANALYTICS
A. Social Media Analytics
Social Media Analytics adalah sebuah proses untuk mencari dan mengumpulkan data dari sosial media. Data tersebut dapat berupa respons hingga percakapan. Data tersebut dapat dimanfaatkan dalam ruang lingkup bisnis terutama sebagai pertimbagan dalam menyusun strategi bisnis.
Analisis sosial media bukan hanya melibatkan penghitungan data berupa jumlah like, follow dan lainnya. Melainkan juga mencakup social listening yaitu masalah sosial yang ada. Kemudian, memanfaatkan hasil data untuk menemukan kesempatan dan solusi dari masalah yang ada. Analisis sosial media dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan beragam software khusus. Software inipun tersedia baik yang gratis dan berbayar.
B. Apa Saja yang dilakukan dalam Social Media Analytics
- Memantau Performa Kampanye
Jika kamu adalah satu dari sekian banyak perusahaan yang melakukan kampanye, analisis sosial media akan sangat bermanfaat untuk memantau performa kampanye perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat mengetahui apakah kampanye menghasilkan impresi sesuai rencana atau tidak.
- Membantu Divisi Marketing
Bukan hanya memantau hasil kampanye, perusahaan juga dapat melihat dampak kampanye terhadap penjualan. Divisi marketing dapat mengamati alur audiens di sosial media perusahaan. Apa yang dapat menggiring audiens untuk masuk ke halaman penjualan, masuk ke halaman promo atau lainnya. Dengan begitu, data tersebut dapat dimanfaatkan oleh divisi marketing untuk menyusun strategi penjualan mereka.
- Membantu Membuat Keputusan Strategis
Jika data hasil analisis sosial media diolah dengan baik, kamu akan mendapatkan beragam data penting. Misalnya, data demografis audiens. Tim dalam perusahaanmu dapat memanfaatkan data tersebut untuk membuat keputusan terkait kampanye marketing atau brand awareness. Tentu saja, akan ada jenis data lain yang dapat kamu manfaatkan. Sehingga, kamu dan tim dalam perusahaanmu dapat menjadikannya landasan untuk membuat keputusan yang strategis dan efektif.
- Membantu Pengembangan Produk
Banyak audiens yang membagikan penilaian dan pengalaman mereka akan sebuah produk atau bahkan brand di sosial media. Baik penilaian negatif maupun positif. Kamu dapat mengumpulkan penilaian tersebut melalui analisis sosial media. Melalui penilaian tersebut kamu bisa lebih mudah dalam mengembangkan produk. Sehingga kamu bisa meningkatkan kepuasan konsumen dengan lebih baik.
- Meningkatkan Pengalaman Audiens
Ternyata pengalaman pelanggan bukan hanya didapat dari produk dan pelayanan secara langsung, Kamu juga bisa memberikan pengalaman yang baik melalui sosial media. Melalui aktivitas di sosial media, bisa jadi kamu memberikan pengalaman positif pada audiens sehingga mereka menjadi loyal pada perusahaan dan produk yang kamu pasarkan.
- Memahami Kompetitor
Tentu saja bukan hanya kamu yang memanfaatkan sosial media. Kompetitormu juga pasti melakukan hal yang sama. Dengan begitu kamu dapat mengamati dan memahami kompetitor. Dengan memahami kompetitor, kamu bisa lebih mudah membuat pertimbangan akan strategi-strategi di kemudian hari.
- Meningkatkan Efisiensi
Analisis sosial media akan memudahkanmu untuk menilai permintaan pasar. Dengan begitu, kamu dapat mengukur biaya dan sumber daya yang akan kamu butuhkan di kemudian hari dengan lebih efisien.
Adapun Hal yang Diukur Social Media Analytics sebagai berikut :
- Performance Metrics
Hal pertama yang diukur melalui analisis sosial media adalah performa sosial media itu sendiri. Performa sosial media meliputi jumlah reach dan impresi, engagement rate serta pertumbuhan follower akun.
- Audience Analytics
Audiens merupakan hal paling penting dari sosial media karena merekalah alasan tujuan bisnismu tercapai. melalui analisis sosial media kamu juga bisa memahami audiens. Dengan begitu kamu dapat memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan agar mereka semakin loyal pada brandmu.
- Competitor Analytics
Analisis sosial media juga bisa menjadi jembatan untuk memahami kompetitor. Kamu memiliki kesempatan untuk mengukur performa kompetitor dan membandingkannya dengan perusahaanmu.
- Paid Social Analytics
Perusahaan dapat memanfaatkan iklan sebagai media pemasaran dan promosi. Melalui analisis ini kamu dapat memperhitungkan biaya yang kamu keluarkan untuk iklan dan prakira keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Dengan begitu, kamu bisa menghitung strategi agar iklan yang kamu jalankan tidak membengkak dan menghabiskan pengeluaran yang terlalu besar.
- Influencer Analytics
Influencer sudah menjadi salah satu bagian penting dalam kampanye marketing. Mereka memahami pasar dengan baik dan tahu cara membangun engagement. Dengan mengamati influencer, melakukan analisis terhadap mereka akan memberikanmu pengetahuan dan data baru untuk menyusun strategi. Mulai dari cakupan audiens, hashtag yang banyak digunakan, dampak dari setiap post dan jumlah postingan harian, dan informasi penting lainnya.
- Sentiment Analysis
Sentimen audiens terhadap sebuah kampanye. Kamu dapat menilai apakah kampanye yang kamu buat menimbulkan sentimen negatif atau positif bagi audiens.
C. Jenis -jenis Social Media Analytics
- Hootsuite
Tools pertama bernama Hootsuite yang sebenarnya sudah tidak asing di antara marketer. Tools ini menawarkan analisis mendalam yang akan membuatmu memahami kinerja akun di setiap platform sosial. Untuk menggunakan tools ini, harga yang ditawarkan adalah percobaan gratis selama 30 hari, $19, $99, $599/bulan, serta opsi enterprise pricing. Beberapa fitur unggulan dari tool ini antara lain:
- Laporan yang bisa kamu atur dengan lebih dari 200 metrik untuk dipilih dan bisa diekspor menjadi dokumen dengan format Powerpoint, excel ataupun PDF.
- Kamu bisa mengukur waktu respons dari tim customer support yang ada di Facebook dan Twitter.
- Kamu bisa melacak brand mentions melalui integrasi tools khusus seperti Brandwatch dan Talkwalker.
- Selain itu, kamu juga bisa melacak brand mentions dengan integrasi tools khusus untuk media sosial seperti FB, Youtube dan lainnya.
- Sprout Social
Tools ini menawarkan fitur manajemen dan pemantauan media sosial secara menyeluruh serta beberapa opsi tingkat profesional. Oleh sebab itu, tools ini banyak digunakan oleh perusahaan. Salah satu keunggulannya, tools ini mampu menganalisis secara kontekstual dan kualitatif mengenai sebuah topik. Bukan hanya itu, tools ini juga mampu menanalisis dengan cara yang sama pada hashtag hingga kata kunci. Harga yang ditawarkan untuk dapat memanfaatkan tools ini untuk melakukan analisis adalah percobaan gratis selama 30 hari, $99, $149, dan $249/bulan. Fitur unggulan yang bisa kamu manfaatkan dari fitur ini antara lain:
- Analisis performa kampanye berbayar di seluruh jaringan media sosial.
- Tampilkan group report mengenai profil sosial media.
- Menganalisis performa tim misalnya performa tugas, tingkat response, dan lainnya.
- Tools ini bisa diaplikasikan di facebook, twitter, linkedin, dan pinterest.
- Google Analytics
Tools ini dibuat untuk menganalisis lalu lintas situs web. Namun, rupanya tools ini juga berguna jika digunakan untuk memahami pemasaran dan sumber trafik di media sosial. Dengan cara klik pada Acquisition, kemudian Social dan klik pada Overview kamu sudah bisa mendapatkan insight dari Google Analytics terhadap trafik dan leads dari website milikmu dari akun sosial media yang kamu miliki. Tools ini bisa digunakan secara gratis, namun terbatas pada beberapa situs tertentu. Dengan tawaran harga $12,500/bulan, dan $150,000/tahun maka kamu bisa menggunakan seluruh fitur dari tools ini secara bebas. Beberapa fitur yang Google Analytics unggulkan antara lain:
- Membantumu menemukan sosial media dan komunitas yang menjadi media audiens berinteraksi dengan konten anda.
- Menampilkan ukuran nilai media sosial melalui analisis konversi dan transaksi e-commerce.
- Membuatmu dapat melihat bagaimana audiens dari sosial media menavigasi situs yang anda miliki.
- Bisa kamu gunakan untuk sosial media Instagram, LinkedIn, Pinterest, Facebook, Twitter, YouTube, dan lainnya.
- Talkwalker
Dengan memanfaatkan tools ini kamu bisa mengukur dan membandingkan kinerja brand yang kamu miliki dan milik kompetitor. Enaknya lagi, bisa kamu gunakan untuk mengukur di seluruh channel termasuk sosial media. Kamu juga bisa melakukan pencarian keyword dan hashtag secara tak terbatas serta menyediakan beragam data mengenai postingan terpopuler, brand mentions, sentiment, dan lainnya. Kamu bisa menggunakan tools ini secara gratis namun terbatas pada beberapa fitur tertentu. Jika kamu ingin menggunakannya secara bebas, kamu bisa mengeluarkan biaya sebesar $9,600/tahun, atau custom pricing.
- Keyhole
Dengan memanfaatkan tools ini kamu bisa melacak aktivitas influencer, brand mention, dan campaign sehingga kamu dapat memahami posisi brand milikmu di industri yang tengah kamu geluti. Banyak manfaat yang bisa kamu dapat dari tool ini, beberapa di antaranya adalah mengetahui berapa pengguna yang memakai hashtag tertentu dan jumlah likee, retweet dan view. Kamu juga bisa memantau reach, postingan terpopuler, dan lainnya dari milik kompetitormu. Jika kamu penasaran manfaat apa yang bisa kamu dapatkan dari tools ini, kamu bisa uji coba gratis 7 hari. Jika kamu mendapati bahwa tools ini sangat bermanfaat, kamu bisa membayar $49, $99, atau $199 tiap bulan agar bisa menggunakan seluruh fiturnya secara bebas. Beberapa fitur unggulan dari tools ini antara lain:
- Melakukan prediksi akan performa kampanye melalui machine learning dan membuat suntingan sesuai keinginanmu.
- Melakukan analisis terhadap sentimen audiens ketika mereka terlibat dengan postinganmu.
- Memeriksa akun influencer dan melacak kinerja akun mereka.
- Cocok untuk menganalisis media sosial Instagram, Twitter dan Facebook.
- Brandwatch
Jenis social media analytic tools ini menyedikan laporan kinerja akun dari berbagai media sosial. Kamu bisa melacak dan melakukan analisis terhadap data dari 95 juta sumber yang termasuk sosial media, blog, reviews, forum dan lainnya. Bukan hanya itu, kamu juga dapat mengetahui posisi brand milikmu di antara kompetitor. Untuk mengetahui fungsi lengkap tools ini kamu bisa melakukan uji coba gratis untuk 14 hari dan selanjutnya bisa membayar mulai dari $108 tiap bulan untuk melanjutkan penggunaan fitur-fitur di dalam tools ini. Fitur unggulan dari tools ini yang bisa kamu manfaatkan di antaranya:
- Kamu bisa memantau brand milikmu, kompetitor ataupun keyword tertentu berdasarkan conversation.
- Kamu bisa mengetahui akun-akun dan percakapan yang memiliki pengaruh terhadap hashtag dan topik tertentu hingga berapa kali suatu topik disebut setiap jam atau menitnya.
- Mendapatkan laporan mengenai peluang dari pemasaran influencer yang sesuai dengan brand milikmu
- Melakukan pembandingan data sosial media terhadap sentimen, volume percakapan hingga share of voice.
- Socialbakers
Jenis social media analytic tools ini bisa kamu manfaatkan selanjutnya adalah Socialbrakers. Tool satu ini memiliki fitur analitik yang bisa kamu manfaatkan untuk melacak profil, KPI, hingga laporan secara otomatis. Selain itu, terdapat fitur optimasi konten hingga identifikasi influencer berpotensi yang sesuai dengan brand milikmu. Untuk mencoba tool ini, kamu bisa melakukan uji coba gratis selama 14 hari dan kemudian membayar $200 per bulan. Di dalam tool ini, terdapat beberapa fitur andalan yaitu:
- Melakukan analisis sentimen audiens terhadap kampanye yang kamu bagikan beserta interaksi dan reaksi mereka
- Kamu bisa melakukan pemantauan kinerja akun sosial mediamu dibanding kompetitor dalam 90 hari terakhir di Facebook dan Instagram
- Tools ini cocok untuk media sosial YouTube, Pinterest, LinkedIn, Facebook, Twitter, dan Instagram
- Iconosquare
Tools selanjutnya adalah Iconosquare. Tools ini bisa membantumu melacak serta memberikan laporan mengenai kinerja akun sosial media Instagram dan Facebook. Selain itu, tool ini juga memiliki competitor tracking dan benchmarking yang bisa kamu manfaatkan untuk membandingkan performa brand milikmu dan kompetitor. Tampilan dashboard tools ini sangat sederhana dan intuitif sehingga kamu bisa membaca data dengan mudah. Untuk mencoba tools ini kamu bisa memulainya dengan melakukan uji coba secara gratis selama 14 hari dan kemudian membayar $29 atau $59 setiap bulan untuk melanjutkan. Seperti tools lainnya, Iconosquare juga menawarkan fitur unggulan yakni:
- Membantumu menemukan teks, foto ataupun komentar yang menyebut brand milikmu
- Kamu bisa melakukan pelacakan engagement di media sosial milik kompetitor
- Kamu bisa mengetahui kapan banyak follower online sehingga bisa menyusun strategi untuk mendapat lebih banyak engagement
- Cocok untuk sosial media Instagram dan Facebook
- RivalIQ
Melalui jenis social media analytic tools ini kamu bisa melakukan pelacakan terhadap sejumlah sosial media milik berbagai brand untuk membandingkan kinerja mereka di platform media sosial serta SEO. Melalui tools ini kamu juga dapat melakukan analisis performa iklan Facebook dan Instagram. Bahkan, kamu bisa mendapatkan riwayat data hingga 24 bulan. Dengan begitu kamu bisa mengetahui strategi pemasaran digital yang tepat agar dapat bersaing dengan kompetitor. Kamu bisa mencoba tool ini secara gratis selama 14 hari. Jika ternyata fitur di dalamnya sangat berguna, kamu bisa melanjutkan pemakaian dengan membayar $199, $349, dan $499 tiap bulannya. Beberapa fitur unggulan dari tool ini adalah:
- Melakukan perbandingan dengan kompetitor melalui matrik hashtag dan kualitas konten
- Kamu bisa mengintegrasikan Google Analytics sehingga mendapatkan pemahaman mengenai pengalaman pelanggan secara keseluruhan
- Membantu meningkatkan performa iklan facebook dan instagram melalui insight yang informatif
- Cocok untuk sosial media Pinterest, LinkedIn, Twitter, Instagram, YouTube, Facebook.
- Sendible
Satu lagi pilihan tools yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung bisnismu adalah Sendible. Tool ini memiliki fitur tracking dan reporting dengan kapasitas besar. Kamu bisa tahu insight postingan, brand mention, engagement hingga profil para audiens di setiap saluran digital. Bahkan kamu bisa mengetahui apa pendapat audiens mengenai brand milikmu di berbagai platform. Untuk bisa menggunakan tool ini kamu bisa melakukan uji coba gratis hingga 30 hari. Setelah masa gratis habis, kamu bisa membayar $29, $99, $199, dan $299 per bulan untuk melanjutkan. Fitur-fitur unggulan yang bisa kamu manfaatkan dari tools ini antara lain:
- Menyusun laporan melalui fitur drag and drop dengan mudah.
- Mengetahui ukuran response time serta melacak performa tim.
- Fitur pemberitahuan sehingga lebih mudah untuk melihat engagement yang ada pada beberapa akun sosial media dan dashboard
- Cocok digunakan untuk sosial media Twitter, Instagram, YouTube, Facebook, dan LinkedIn
(Sumber:https://mashmoshem.co.id/jenis-social-media-analytics-tools/)
PERKEMBANGAN BISNIS SKINCARE DENGAN MENGGUNAKAN LIVE STREAMING TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa pengaruh besar pada berlangsungnya kehidupan manusia. Faktor yang ditimbulkan tidak hanya sektor pendidikan saja. Namun juga terdapat pada sektor perekonomian. Sosial media menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Penggunaan media social semakin meningkatkan setiap tahunnya. Sebagian besar orang menghabiskan waktu di platfrom social media. Maka dengan ini banyaknya peluang besar bagi banyak orang untuk mempromosikan penjualan pada sosial media.
Media sosial mempunyai peluang besar dalam kegiatan bisnis khususnya pemasaran. Pengaruh media sosial dianggap sebagai bentuk pemasaran yang paling efektif untuk membangun hubungan dengan konsumen karena biaya pemasaran yang relatif lebih rendah serta tingginya jumlah pengguna media sosial sehingga dapat menjangkau target konsumen secara luas. Aplikasi tik tok merupakan media sosial yang booming di kalangan masyarakat saat ini tiktok diluncurkan pada september 2016 media sosial ini berasal dari Tiongkok yang memiliki keunggulan fitur berupa konten yang menarik perhatian banyak orang. Namun belakangan ini diluncurkan pembaruan dimana tiktok dapat memposting foto dan membuka peluang usaha pada bidang pemasaran yang dinamakan dengan tiktok shop. Sama halnya dengan instagram, pemasaran pada tiktok ini dapat dilakukan dengan memposting produk dengan penjelasan detail disertai dengan memposting foto atau video dengan sekreatif mungkin sehingga mampu menarik minat masyarakat untuk membelinya selain itu Tik Tok juga menyediakan pembayaran langsung pada aplikasi Tik Tok dimana mempermudah transaksi pembayaran barang antara konsumen dan produsen. hal ini menjadikan tik tok bukan hanya sebagai media sosial promosi saja tetapi menjadi media E-Commerce.
Influencer Marketing bisa menjadi trend setter untuk skala kecil maupun besar yang dapat digunakan untuk meningkatkan Brand awareness dan meningkatkan penjualan sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Affiliate marketing pada dasarnya adalah salah satu strategi pemasaran media sosial dimana pemilik merek akan memberikan komisi tertentu kepada mereka yang mempromosikan dan berhasil menjual produknya. Jangakuan Tiktok affiliate ini sangat luas dikarenakan semua orang yang memiliki akun Tiktok dapat mendaftarkan diri menjadi Tiktok affiliate untuk mendapatkan keuntungan dari hasil produk yang berhasil terjual.
MS GLOW adalah sebuah brand kecantikan yang merupakan salah satu lini di bawah naungan PT. Kosmetika Cantik Indonesia. Berdiri pada tahun 2013, MS GLOW merupakan singkatan dari moto kami yaitu Magic For Skin. Tepat pada Jumat 23 September 2022, Founder MS Glow, Maharani Kemala dan Shandy Purnamasari resmi meluncurkan serum rambut terbaru mereka secara online, melalui Zoom, serta live TikTok dan Instagram.
Brand kecantikan lokal MS GLOW yang menjual berbagai produk perawatan wajah bersertifikat halal untuk wanita Indonesia. pilihan produk perawatan kulit yang lengkap untuk wajah, termasuk facial wash, toner, krim malam, dan serum. Sebagai produsen produk perawatan kulit, MS Glow memprioritaskan setiap formulasinya agar berkualitas tinggi dan mampu memberikan hasil yang diinginkan bagi pelanggannya. Berdasarkan informasi dari Gadget Diva , produk perawatan kulit dari merek MS Gleam terbukti sangat populer di kalangan wanita. Dari sekian banyak persaingan untuk produk manajemen kesehatan kulit merek lokal, MS Sparkle memberikan peringkat tertinggi dari tiga produk manajemen kesehatan kulit teratas untuk merek lokal. Selain brand MS Glow masih banyak bran skincare lainnya yang memanfaatkan Live Streaming Media sosial Tik Tok.
Daftar Fakultas & Jurusan Ung Gorontalo
Daftar Fakultas dan Jurusan UNG Universitas Negeri Gorontalo Lengkap
Sekilas Tentang UNG - Sesuai dengan namanya, yaitu : Universitas Negeri Gorontalo alias UNG adalah salah satu perguruan tinggi negeri indonesia yang terletak di kota Gorontalo. Universitas ini berdiri pada 1 September 1963. Mulanya Universitas ini diberi nama Junior College, dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Seiring berjalannya waktu, universitas tersebut di negerikan dan di sahkan oleh Presiden Megawati menjadi Universitas Negeri Gorontalo pada tahun 2004.Daftar Fakultas dan Jurusan Universitas Negeri Gorontalo Lengkap TerbaruUniversitas Negeri GorontaloPada saat ini Universitas Gorontalo tercatat mengelola 10 Fakultas dan 3 jenjang studi mulai dari Diploma 3 hingga Strata 3. Selain itu hampir semua program studi yang ada sudah mendapatkan akreditasi, mayoritas akreditasi yang ada adalah A dan B. Jadi sudah dapat dipastikan bahwa kualitas pendidikan disini sudah sangat baik jika dibandingkan dengan universitas lain yang belum terakreditasi.
Oke langsung saja, buat kalian yang tertarik dan berminat untuk mendaftar ke universitas tersebut, dibawah ini adalah daftar fakultas dan program studi yang ada pada Universitas Negeri Gorontalo, Silahkan simak dan pilih jurusan favoritmu sebelum mendaftar ke kampus tersebut.
Daftar Fakultas dan Jurusan Universitas Negeri Gorontalo
1. Fakultas Ilmu Pendidikan
- S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
- S1 Bimbingan dan Konseling
- S1 Manajemen Pendidikan
- S1 Pendidikan Luar Sekolah
2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
- S1 Pendidikan Geografi
- S1 Teknik Geologi
- S1 Pendidikan Matematika
- S1 Matematika
- S1 Statistika
- S1 Pendidkan Fisika
- S1 Fisika
- S1 Pendidikan Kimia
- S1 Kimia S1 Pendidikan Biologi
- S1 Biologi
- 3. Fakultas Ilmu Sosial
- S1 Sosiologi
- S1 Ilmu Komunikasi
- S1 Pendidikan Sejarah
- S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
4. Fakultas Sastra dan Budaya
- S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
- S1 Pendidikan Bahasa Inggris
- S1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
- D3 Pariwisata
5. Fakultas Teknik
- S1 Teknik Elektro
- S1 Teknik Sipil
- S1 Teknik Arsitektur
- S1 Teknik Industri
- S1 Sistem Informasi
- S1 Pendidikan Teknik Kriya
6. Fakultas Pertanian
- S1 Ilmu dan Teknologi Pangan
- S1 Agribisnis
- S1 Agroteknologi
- S1 Peternakan
7. Fakultas Ilmu Olahraga dan Kesehatan
- S1 Kesehatan Masyarakat
- S1 Farmasi
- S1 Ilmu Keperawatan
- S1 Pendidikan Kepelatihan dan Olahraga
- S1 Pendidkan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
8. Fakultas Ekonomi
- S1 Manajemen
- D3 Administrasi Perkantoran
- S1 Administrasi Publik
- S1 Akuntansi
- S1 Ekonomi Pembangunan
- S1 Pendidikan Ekonomi
9. Fakultas Hukum
- S1 Ilmu Hukum
10. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
- S1 Manajemen Sumber Daya Perairan
- S1 Budidaya Perairan
- S1 Teknologi Hasil Perikanan
Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo
- Program S2 Pendidikan Bahasa Inggris (Akreditasi B)
- Program S2 Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Akreditasi B)
- Program S2 Pendidikan Matematika (Akreditasi B)
- Program S2 Pendidikan Dasar (Akreditasi B)
- Program S2 Pendidikan Biologi (Akreditasi B)
- Program S2 Pendidikan Fisika (Akreditasi B)
- Program S2 Administrasi Pendidikan (Akreditasi B)
- Program S2 Agribisnis
- Program S2 Ilmu Kelautan dan Perikanan
- Program S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- Program S2 Teknologi Pendidikan
- Program S2 Pendidikan Ekonomi
- Program S2 Ilmu Administrasi
- Program S2 Ilmu Hukum
- Program S2 Pendidikan Luar Sekolah
- Program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Program S3 Ilmu Administrasi
- Program S3 Ilmu Pendidikan
- Program S3 Pendidikan Bahasa
- Program S3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Gorontalo
Universitas Negeri Gorontalo, disingkat UNG, adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1963. Mulanya Universitas ini diberi nama Junior College, dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Tahun 1964 statusnya berubah menjadi Cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado, tahun 1965 bergabung dengan IKIP Manado Cabang Gorontalo.
Universitas Negeri Gorontalo Lambang Resmi Universitas Negeri Gorontalo
Nama sebelumnya
IKIP Negeri Gorontalo
Moto
Kampus peradaban
Jenis
Perguruan tinggi negeri
Didirikan
1 September 1963
Lembaga indukKementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia
Rektor
Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu
Staf akademik
667 (2014) [1]
Staf administrasi
555 (2014) [2]
Lokasi
Kota Gorontalo, Gorontalo,Indonesia
Situs web
http://www.ung.ac.id
Tahun 1982 lembaga ini menjadi salah satu Fakultas dari Universitas Sam Ratulangi Manado dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsrat Manado di Gorontalo. Lembaga ini resmi berdiri sendiri berdasarkan Keppres RI Nomor 9 Tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993, dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gorontalo.
Tahun 2001 berdasarkan Keppres RI Nomor 19 Tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001 status lembaga ini ditingkatkan menjadi IKIP Negeri Gorontalo dengan 5 Fakultas dan 25 Program Studi. Dan akhirnya, pada tanggal 23 Juni 2004 Presiden Megawati meresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo dengan Keputusan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2004, tanggal 23 Juni 2004.
Universitas Negeri Gorontalo membuka pintu selebar-lebarnya bagi segala upaya pengembangan martabat manusia melalui riset-riset. Paradigma piramida terbalik yang didorong oleh Rektor Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd sangat mengutamakan program-program yang bisa lebih mendorong jurusan/prodi untuk bisa lebih mandiri, kreatif dan inovatif.
Berdasarkan hasil akreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi tahun 2018, mengukuhkan Universitas Negeri Gorontalo masuk sebagai jajaran Perguruan Tinggi terbaik dengan perolehan akreditasi A. Pada tahun 2017, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 50 berdasarkan peringkat 100 besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Politeknik oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia. Selain itu berdasarkan data Peringkat Universitas di Dunia versi Webometrics tahun 2018, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 154 (Asia Tenggara) dan 42 (Indonesia).
Rektor Universitas Negeri Gorontalo 2019-2023
Dr. Eduart Wolok, S.T, M.T, Terpilih Sebagai Rektor UNG Periode 2019-2023Oleh: Abdul Wahid Rauf . 17 September 2019 . 13:08:00
GORONTALO – Teka-teki siapa yang akan menduduki jabatan Rektor UNG periode 2019-2023 terjawab sudah, sosok yang akan menjabat orang nomor satu di Kampus Merah Maron yakni Dr. Eduart Wolok, ST MT,.
Dosen Fakultas Teknik tersebut terpilih sebagai Rektor UNG melalui prosesi Pemilihan Calon Rektor UNG periode 2019-2023 oleh para anggota senat Universitas serta perwakilan Menteri Ristekdikti, Selasa (17/9), di Ruang Rapat Senat UNG, dengan mengalahkan dua kandidat calon Rektor UNG lainnya yakni Prof. Dr. Ani M Hasan, M.Pd, serta Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, M.P,.
Berdasarkan hasil pemilihan, Mantan Wakil Rektor II UNG berhasil meraup 63 suara pemilih dari total 105 surat suara pemilih. Sedangkan pesaing terdekatnya Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, M.P meraup 41 suara dan Prof. Dr. Ani M Hasan, M.Pd nol suara serta suara abstain sebanyak 1 suara.
Ketua Senat UNG Prof. Dr. Rauf A. Hatu, M.Si menuturkan, terpilihnya Dr. Eduart Wolok, ST,MT, menandakan berakhirnya kontestasi Pemilihan Rektor UNG untuk periode 2019-2023. Selanjutnya hasil pemilihan Rektor UNG akan diserahkan kepada pihak Kementerian Ristekdikti, untuk kemudian dilakukan penetapan serta pelantikan oleh Menteri.
“Hasil pemilihan ini telah menjawab siapa Pemimpin terpilih UNG. Semoga Rektor terpilih UNG dapat melaksanakan tugasnya, dalam menahkodai UNG menjadi kampus yang semakin berkualitas,” terangnya.
Sementara itu Dr. Eduart Wolok, ST, MT, mengaku bersyukur dengan pencapaian hasil pada Pemilihan Rektor UNG periode 2019-2023. Eduart mengaku akan segera merealisasikan visi dan misi serta program kerjanya begitu dilantik sebagai Rektor oleh Menteri Ristekdikti. (wahid)