Tugas Komunikasi Digital dan Sosial Media

23 October 2023 14:35:46 Dibaca : 54

MENGKAJI TENTANG SOCIAL MEDIA ANALITICS

1. Menjelaskan apa itu sosial media Analytics

       Sosial Media Analitics adalah kemampuan untuk mengumpulkan dan menemukan makna dalam data dikumpulkan dari saluran sosial untuk mendukung bisnis dan mengukur kinerja tindakan berdasarkan keputusan tersebut melalui media sosial. Sosial media analitics mengumpulkan dan menganalisis data yang berasal dari platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan berbagai Platform lainnya. Tujuan dari pada analisis sosial media ini yaitu untuk memahami bagaimana konten dan interaksi di sosial media memengaruhi kesuksesan bisni atau kampanye pemasaran. Sosial media analitics juga membantu sebuah perusahaan untuk mengidentifikasi tren terkait penawaran dan merek, memahami percakapan apa yang dikatakan dan bagaiman itu diterima. Alat yang digunakan dalam analitik media sosial yaiti teknologi seperti penambangan data, analisis data, dan big data untuk melakukan analisis ini.

2. Menjelaskan apa saja yang dilakukan dalam social media Analytics

   Sosial media analitics melibatkan serangkaian aktivitas dan proses dalam memahami dan mengukur kinerja suatu bisnis di platform media sosial. adapun apa aja yang dilakukan social media analitics antara lain, melakukan analisis dengan memantau aktivitas sosial media dimana hal ini merupakan pengumpulan data mengenai postingan, komentar serta like dan juga  yang membagikan postingan serta interaksi di dalam media sosial. Kemudian melakukan penetapan tujuan dan memantau tren dalam respon pengguna. analitics sosial media juga melakukan perbandingan dengan pesaing bisnis yang lain untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang posisi bisnis dipasaran. Tidak hanya itu dalam analitic sosial media juga ada pelaporan yang dibuat untuk membantu dalam pengambilan keputusan dan perbaikan strategi di media sosial. Kemudian bersdasarkan hasil analisis dapat di optimalkan strategi konten dan komunikasi di media sosial untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih baik.

3. Menjelaskan jenis-jenis social media Analytics

         Berikut adalah beberapa jenis social media Analitics yang umum digunakan:

  1. Diagnostics analytics, dimana jenis ini membantu menemukan penyebab masalah yang terjadi pada kampanye media sosial yang ada. Selain memebrikan gambaran tentang jumlah like, komen, dan share analisis ini juga memebrikan insight tentang metode pemasaran yang berhasil dan tidak berhasil dari sebuah perusahaan.
  2. Predictive analytics, merupakan jenis analisis yang memprediksi hasil kampanye media sosial perusahaan di masa depan. Dimana dilakukan pemanfaatan data history, algoritma machine learning dapat memprediksi perilaku calon pelanggan dan membantu  membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
  3. Prescriptive analytics, merupakan jenis analisis yang memberikan rekomendasi dan tindakan yang harus di ambil berdasarkan hasil analisis data. yaitu dengan memanfaatkan data histort dan algoritma machine learning, prescriptive analytics dapat membantu membuat keputusan bisnis lebih baik.
  4. Descriptive analitics, merupakan jenis analisis yang memberikan gambaran tentang kinerja kampanye media sosial di masa lampau. Dengan memanfaatkan data histori, Dimana perusahaan dapat mengetahui tren dan pola perilaku pelanggan serta mengevaluasi efektivitas media sosial perusahaan.

 

 

Sumber :

https://www.ibm.com/topics/social-media-analytics

https://www.spiceworks.com/marketing/advertising/articles/what-is-social-media-analytics/

https://www.vads.co.id/berita/apa-itu-social-media-analytics-dan-jenis-jenisnya/

https://store.sirclo.com/blog/social-media-analytics/

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong