Membuat struktur direktori di linux

08 December 2021 17:22:25 Dibaca : 29

https://drive.google.com/file/d/1qpSihwajslnwDj7yvaOkJM8nFPw2y5mg/view?usp=drivesdk

https://drive.google.com/file/d/1kYoDf6WX_Z-FPin2thYL1WNIJ6YhDNt1/view?usp=drivesdk

Cara instal apk opensuse sistem operasi

10 November 2021 13:31:58 Dibaca : 17

https://drive.google.com/file/d/1j_3GJ8ObOcHEkS0TXo_TgTj3-P9xzcr4/view?usp=drivesdk

STRUKTUR DIREKTORI LINUX

01 November 2021 20:29:34 Dibaca : 281

                             Struktur Direktori Linux

(root) : merupakan induk dari susunan direktori di linux dan merupakan tempat dimana semua direktori berada.

/bin/ : directory ini berisi progam perintah esensial yang dibutuhkan oleh semua user. progam-progam disini dapat dijalankan, meskipun tidak ada sistem file lain yang di mount. Directory ini tidak memiliki subdirectory.

/boot/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan konfigurasi dan file-file yang berhubungan dengan proses booting, memuat Linux Kernel dan file lain yang diperlukan LILO dan GRUB boot manager.

/dev/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan konfigurasi device atau hardware dari sistem, seperti harddisk (hda, sda), terminal (tty) etc.

/etc/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan skrip installation pada /etc/rc.d subdirektory dan file-file konfigurasi dari sistem, misalkan konfigurasi service, penjadwalan etc.

/home/: berfungsi untuk menyimpan data/dokumen untuk user yang ada di komputer linux.

/root/ (root directory) : adalah struktur paling dasar yang harus bisa melakukan boot, perbaikan atau mengembalikan sistem seperti dalam keadaan semula.

/lib/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan library dasar dari system termasuk modul driver yang dapat diisi pada sistem boot.

/media/ : direktori yang berfungsi untuk mounting removable media seperi drive CD-ROM, floopy disk etc.

/opt/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan aplikasi tambahan diluar aplikasi bawaan dari linux.

/sbin/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan aplikasi dasar dari linux yang dijalankan oleh super user (root) misalnya mount, shutdown, umount.

/usr/ : merupakan direktori untuk menyimpan aplikasi yang diinstall oleh user, misalkan OpenOffice, Kate , chrome dan sebagainya.

/var/ : merupakan direktori untuk menyimpan informasi pencatatan log sistem, web server, mailbox dan data-data aplikasi.

/tmp/ : berisi file-file sementara yang dibutuhkan sebuah aplikasi yang sedang berjalan.

/mnt/ : yang berisikan mount point tempat untuk kamu memasang floopy-disk dan CD-ROM.

/srv/ : direktori yang berisikan data atau service yang dibutuhkan oleh sebuah server misalnya,menjalankan FTP server.

Pentingnya kuliah

04 August 2021 17:34:17 Dibaca : 24

Banyaknya seminar atau workshop motivasi yang menampilkan orang-orang sukses tanpa pendidikan formal yang memadai kerap disalahartikan. Pola pikir salah tersebut salah satunya adalah untuk apa kuliah tinggi atau kuliah di luar negeri, toh tanpa kuliah pun bisa sukses. Kisah sukses orang yang tanpa pendidikan tinggi namun bisa sukses jangan disalahpahami. Bagaimanapun kuliah itu sangat penting untuk menambah keterampilan, pengetahuan dan juga wawasan Anda yang menunjang karir kedepannya.

Jika pun ada orang sukses tanpa kuliah itu hanyalah segelintir orang dengan usaha yang jauh di atas rata-rata orang biasa. Itupun masih didukung lagi dengan kesesuaian antara usaha dengan passion yang dia miliki serta lingkungan yang mendukung. Tanpa itu, jika Anda berpikir tidak perlu kuliah, bisa dibayangkan apa jadinya masa depan Anda nantinya.

Di era globalisasi seperti ini, kuliah punya banyak dimensi sudut pandang. Namun setidaknya beberapa alasan berikut ini cukup mewakili mengapa Anda harus kuliah di zaman modern seperti ini.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong