Struktur direktori linux

03 November 2021 12:25:48 Dibaca : 146

Berikut struktur direktori pada umumnya yang ada dalam operating system Linux:

root) : merupakan induk dari susunan direktori di linux dan merupakan tempat dimana semua direktori berada.

/bin/ : directory ini berisi progam perintah esensial yang dibutuhkan oleh semua user. progam-progam disini dapat dijalankan, meskipun tidak ada sistem file lain yang di mount. Directory ini tidak memiliki subdirectory. Ini perintah-perintah yang harus ada di directory /bin : cat, chgrp, chmod, chown, cp, date, dd, df, dmesg, echo, false, hostname, kill, ln, login, ls, mkdir, mknod, more, mount, mv, ps, pwd, rm, rmdir, sed, sh, stty, su, sync, true, unmount, uname. 

/boot/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan konfigurasi dan file-file yang berhubungan dengan proses booting, memuat Linux Kernel dan file lain yang diperlukan LILO dan GRUB boot manager.

/dev/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan konfigurasi device atau hardware dari sistem, seperti harddisk (hda, sda), terminal (tty) etc.

/etc/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan skrip installation pada /etc/rc.d subdirektory dan file-file konfigurasi dari sistem, misalkan konfigurasi service, penjadwalan etc. 

/root/ (root directory) : adalah struktur paling dasar yang harus bisa melakukan boot, perbaikan atau mengembalikan sistem seperti dalam keadaan semula. Dalam struktur paling atas ini harus dibuat sesederhana mungkin dan sebagai direktori home untuk user root aksesnya tak terbatas 

/lib/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan library dasar dari system termasuk modul driver yang dapat diisi pada sistem boot.

/media/ : direktori yang berfungsi untuk mounting removable media seperi drive CD-ROM, floopy disk etc.

  /opt/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan aplikasi tambahan diluar aplikasi bawaan dari linux.

 

 /proc/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan informasi proses sistem dan kernal dari sistem operasi, mencakupi informasi mengenai berbagai aspek sistem Linux.

/sbin/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan aplikasi dasar dari linux yang dijalankan oleh super user (root) misalnya mount, shutdown, umount.

/sys/ : direktori special yang memuatkan informasi mengenai hard disk seperti yang dilihat melalui Linux.

/usr/ : merupakan direktori untuk menyimpan aplikasi yang diinstall oleh user, misalkan OpenOffice, Kate , chrome dan sebagainya.

/var/ : merupakan direktori untuk menyimpan informasi pencatatan log sistem, web server, mailbox dan data-data aplikasi

/tmp/ : berisi file-file sementara yang dibutuhkan sebuah aplikasi yang sedang berjalan

 

 

TERIMA KASIH

UNG yes!!!

05 August 2021 11:42:40 Dibaca : 8

Universitas Negeri Gorontalo, disingkat UNG, adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1963. Mulanya Universitas ini diberi nama Junior College, dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Tahun 1964 statusnya berubah menjadi Cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado, tahun 1965 bergabung dengan IKIP Manado Cabang Gorontalo.

Menurut saya pribadi UNG adalah universitas paling bagus di indonesia dari fakultas dan jurusannya yg sudah memadai

bangga masuk studi pend.teknologi informasi

05 August 2021 11:24:47 Dibaca : 8

Program studi Pendidikan Teknologi Informasi merupakan program studi yang bertujuan untuk mempersiapkan seorang inovator pendidikan yang tidak hanya berkompeten dalam merancang suatu inovasi pembelajaran, namun juga terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk tercapainya tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan dari peserta didik.

Bangga menjadi anak tehnik

04 August 2021 16:18:21 Dibaca : 10

Deskripsi Jurusan

Teknik Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Selama kuliah kamu akan banyak mengkaji pemrograman dan komputasi. Tentunya kamu akan dibekali dengan keterampilan merancang perangkat lunak. 

Pengetahuan dan Keahlian

• Kemampuan dalam melakukan analisis

• Kemampuan berpikir logis

• Kemampuan berpikir sistematis

• Kemampuan problem solving

• Kemampuan bekerja secara mandiri maupun tim

• Kemampuan memahami bahasa pemrograman

• Kemampuan rekayasa informatika

• Kreatif,tekun,teliti,detail

Kenapa Harus Memilih Jurusan Teknik Informatika?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Teknik Informatika.

1.Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan prospek kerja lulusan Teknik Informatika yang semakin luas dengan jenis pekerjaan keren, jenjang karier beragam dan bergengsi, tentunya juga gaji yang nggak kacangan.

2.Di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, lulusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan oleh instansi pemerintah, BUMN, maupun perusahaan-perusahaan swasta. Perusahaan seperti besar Google juga patut kamu jajal.

3.Berbekal keilmuan dan keterampilan yang diperoleh sewaktu kuliah, kamu bisa mendirikan start-up sendiri lho, Quipperian. Sekalian menciptakan lapangan pekerjaan kan?

4.Kamu pun bisa bekerja sebagai independent self-employe dengan menjadi konsultan dalam pengembangan suatu sistem menggunakan software database tertentu.

5.Di dunia digital ini, kamu bisa berkreasi dengan bebas untuk mewujudkan ide-idemu.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong