TUGAS SISTEM OPERASI

23 October 2023 23:43:03 Dibaca : 25

Nama     : Aril Saputra Derban

NIM       : 532423018

Jurusan : Teknik Informatika

Prodi    : Pendidikan Teknologi Informasi (A)

 

"KOMPONEN DASAR SISETM OPERASI"

1) Program Kontrol

Program kendali biasanya sebagian disimpan di memori utama, terutama di ROM. Program pengendalian ini disebut juga dengan program residen atau rutinitas residen. Beberapa program kontrol lain yang disimpan pada disk disebut program sementara atau rutinitas transfer. Program kontrol yang disimpan di disk disebut Sistem Operasi Disk atau (DOS) karena program tersebut berada di disk, sedangkan program yang ada di tape disebut TOS (Tape Operating Systems).

2) Input dan Output (I/O)

I/O merupakan salah satu komponen penting pada sebuah komputer, Perangkat I/O menjadikan komputer berguna bagi manusia. Sistem kontrol I/O dirancang untuk membantu pengguna dengan memungkinkan mereka mengakses file tanpa memperhatikan secara spesifik dan detail file. Waktu penyimpanan. Kontrol I/O melibatkan manajemen file dan alat manajemen yang merupakan bagian dari sistem operasi.

3) File System

File system adalah metode memisahkan data pada disk/drive dan membaginya menjadi beberapa bagian. Antara lain, sistem file menyediakan cara untuk menyimpan data seperti nama file, izin akses, dan berbagai atribut lainnya. Sistem file juga mengindeks semua data yang disimpan. Jadi, sistem operasi bisa mengetahui lokasi file simpanan Anda.

4) Communication

Communication adalah penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak ke pihak lain agar pesan yang bersangkutan dapat dipahami. Komunikasi dapat bersifat verbal atau non-verbal. Menurut para ahli, komunikasi juga dapat diartikan sebagai proses dimana seseorang dapat menyampaikan rangsangan atau simbol verbal untuk mengubah perilaku orang lain.

5) Error management

Error management adalah suatu pendekatan atau strategi yang digunakan untuk mengidentifikasi, mencegah, dan mengatasi kesalahan atau kegagalan dalam suatu sistem atau proses. Hal ini dapat diterapkan dalam banyak konteks, termasuk teknologi, manajemen proyek, dan organisasi umum.

6) Resource

Dalam konteks komputer dan teknologi informasi, "resource" adalah mengacu pada berbagai elemen yang digunakan oleh sistem komputer untuk menjalankan aplikasi atau proses

7) Auditing

Audit pemrosesan data mengacu pada studi dan evaluasi sistem komputer, jaringan, infrastruktur TI, dan informasi terkait. Tujuan audit teknologi informasi (TI) adalah untuk memastikan pengoperasian sistem dan informasi terkait yang efisien dan aman serta kepatuhan terhadap praktik dan standar yang berlaku.

8) Security

Keamanan informasi di lingkungan komputer mengacu pada serangkaian tindakan dan protokol yang dirancang untuk melindungi sistem komputer, jaringan, dan data dari akses, perusakan, atau pencurian yang tidak sah. Tujuan utama perlindungan data adalah menjaga integritas, kerahasiaan, dan ketersediaan data.

 

 

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong