TUGAS SISTEM OPERASI LK 2 (PLAYLIST 6-8)

22 November 2023 11:47:31 Dibaca : 38

NAMA              : Aril Saputra Derban

NIM                  : 532423018

KLS                  : PTI A

PRODI              : Pendidikan Teknologi Informasi

Jursan               : Informatika

 

VIDEO 6

"USER,GROUP MANAGEMENT AND FILE PERMISSION"

 

1. Perintah chmod (file permission)

2. Perintah groupadd and useradd

3. Password groupadd and useradd

4. Perintah cat

5. Perintah touch and chmod

6. Perintah chown, siswa19,echo, dan fle yang tidak bisa diedit

 

 

 

 

VIDEO 7

"MANAGEMENT PROCESS PS,TOP,HTOP,KILL,PIDOF"

 

 

1. Perintah Top

2. Perintah htop

3. Perintah free,df,df -h

4. Perintah ps,ps -a

 

5. Perintah ps -e -f

6. Perintah ps -e | head dan ps -e | tail

7. Perintah pidof

 

 

 

 

VIDEO 8

"DATE,TIME,CAL W,ZIP,WHICH, & WHATIS"

 

1. Perintah date,time,cal,which & whatis

2. Perintah zip

3. Perintah zip 2

 

Nama           : Aril Saputra Derban

Nim              : 532423018

Kelas           : A

Prodi           : Pendidikan Teknologi Informasi

Mata Kuliah: Sistem Operasi

 

Belajar Command Line Interface Linux BASH

Video 1 - Video 5

 

1. Video 1 (Belajar Command Line Interface Linux BASH)

 

2. Video 2 (Belajar Command Line Interface Linux BASH)

 

 

3. Video 3 (Belajar Command Line Interface Linux BASH

 

4. Video 4 (Belajar Command Line Interface Linux BASH)

 

5. Video 5 (Belajar Command Line Interface Linux BASH)

 

Nama          : Aril Saputra Derban

NIM             : 532423018

Jurusan     : Teknik Informatika

Prodi          : Pendidikan Teknologi Informasi (A)

1.Login Directory Root

Yang pertama kita harus login ke directory root untuk bisa mengakses semua file dan bisa membuat file baru di dalam directory root,yaitu dengan memasukan perintah (sudo su) dan dilanjutkan dengan memasukan password

2. Akses masuk dalam Directory Root

Setelah kita melakukan login pada directory root,sekarang kita akan mengakses semua file dengan memasukan perintah (cd /) dan diikuti dengan memasukan perintah (ls) untuk menampilkan seluruh file yang ada pada directory root

3. Membuat directory baru di dalam directory root

Setelah kita bisa mengakses dan menampilkan file yang ada di dalam directory root selanjutnya kita akan membuat Directory baru di dalam directory root dengan memasukan perintah (mkdir)

4. Membuat sub file yang ada di dalam directory usr

Setelah kita membuat directory baru di dalam directory root,selanjutnya kita akan membuat sub file di dalam directory root,sebelum itu kita harus masuk ke dalam directory usr dengan memasukan perintah (cd usr). Selanjutnya membuat sub file dengan memasukan perintah (mkdir)

5. Membuat sub file yang ada di dalam directory var

Setelah kita membuat sub file yang ada didalam directory usr selanjutnya kita memasukan perintah (cd ..) untuk Kembali ke home dan dilanjutkan dengan membuat sub file di dalam directory var dengan,sebelum itu terlebih dahulu kita masuk ke dalam directory var dengan memasukan perintah (cd var) dan dilanjutkan dengan membuat sub file dengan memasukan perintah (mkdir)

6. Menampilkan seluruh file baru dan sub file yang ada di dalam directory root

Selanjutnya kita akan menampilkan seluruh directory dan sub file yang sudah kita buat

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS SISTEM OPERASI

23 October 2023 23:43:03 Dibaca : 25

Nama     : Aril Saputra Derban

NIM       : 532423018

Jurusan : Teknik Informatika

Prodi    : Pendidikan Teknologi Informasi (A)

 

"KOMPONEN DASAR SISETM OPERASI"

1) Program Kontrol

Program kendali biasanya sebagian disimpan di memori utama, terutama di ROM. Program pengendalian ini disebut juga dengan program residen atau rutinitas residen. Beberapa program kontrol lain yang disimpan pada disk disebut program sementara atau rutinitas transfer. Program kontrol yang disimpan di disk disebut Sistem Operasi Disk atau (DOS) karena program tersebut berada di disk, sedangkan program yang ada di tape disebut TOS (Tape Operating Systems).

2) Input dan Output (I/O)

I/O merupakan salah satu komponen penting pada sebuah komputer, Perangkat I/O menjadikan komputer berguna bagi manusia. Sistem kontrol I/O dirancang untuk membantu pengguna dengan memungkinkan mereka mengakses file tanpa memperhatikan secara spesifik dan detail file. Waktu penyimpanan. Kontrol I/O melibatkan manajemen file dan alat manajemen yang merupakan bagian dari sistem operasi.

3) File System

File system adalah metode memisahkan data pada disk/drive dan membaginya menjadi beberapa bagian. Antara lain, sistem file menyediakan cara untuk menyimpan data seperti nama file, izin akses, dan berbagai atribut lainnya. Sistem file juga mengindeks semua data yang disimpan. Jadi, sistem operasi bisa mengetahui lokasi file simpanan Anda.

4) Communication

Communication adalah penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak ke pihak lain agar pesan yang bersangkutan dapat dipahami. Komunikasi dapat bersifat verbal atau non-verbal. Menurut para ahli, komunikasi juga dapat diartikan sebagai proses dimana seseorang dapat menyampaikan rangsangan atau simbol verbal untuk mengubah perilaku orang lain.

5) Error management

Error management adalah suatu pendekatan atau strategi yang digunakan untuk mengidentifikasi, mencegah, dan mengatasi kesalahan atau kegagalan dalam suatu sistem atau proses. Hal ini dapat diterapkan dalam banyak konteks, termasuk teknologi, manajemen proyek, dan organisasi umum.

6) Resource

Dalam konteks komputer dan teknologi informasi, "resource" adalah mengacu pada berbagai elemen yang digunakan oleh sistem komputer untuk menjalankan aplikasi atau proses

7) Auditing

Audit pemrosesan data mengacu pada studi dan evaluasi sistem komputer, jaringan, infrastruktur TI, dan informasi terkait. Tujuan audit teknologi informasi (TI) adalah untuk memastikan pengoperasian sistem dan informasi terkait yang efisien dan aman serta kepatuhan terhadap praktik dan standar yang berlaku.

8) Security

Keamanan informasi di lingkungan komputer mengacu pada serangkaian tindakan dan protokol yang dirancang untuk melindungi sistem komputer, jaringan, dan data dari akses, perusakan, atau pencurian yang tidak sah. Tujuan utama perlindungan data adalah menjaga integritas, kerahasiaan, dan ketersediaan data.

 

 

PESAN DAN KESAN PKKMB 2023

16 August 2023 14:33:41 Dibaca : 7

Dari         :  Aril Saputra Derban 

Fakulitas : Teknik Informatika

Prodi       : PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (PTI)

 

PKKMB kemarin sangat menyenangkan mengajarkan kita bagaimana cara menghormati yang lebih tua adapun pelajarn-pelajaran lainya.

Saya ucapkan terimakasih kepada semua kaka panitia yang telah membimbing kami para mahasiswa baru layaknya adik.Terimakasih atas semua arahan dan informasi mengenai perkuliahan dan lingkungan kampus yang telah diperkenalkan selama PKKMB.

Saya juga minta maaf bila merepotkandan banyak melakukan kesalahan.

 

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong