ARSIP BULANAN : October 2023

TUGAS SISTEM OPERASI

23 October 2023 21:29:57 Dibaca : 34

Nama           : Muhammad Rizky Abdillah Syah

NIM              : 532423056

Jurusan       : Teknik informatika

Prodi/Kelas : Pendidikan Teknologi Informasi (C)

"Komponen Dasar Sistem Operasi"

1). Program Kontrol

Program kontrol adalah inti dari sistem operasi yang mengatur dan mengawasi seluruh operasi sistem. Ini mencakup alokasi sumber daya, penjadwalan proses, serta mengkoordinasikan tugas antara perangkat keras dan perangkat lunak. Program kontrol juga merespons perintah dari pengguna dan menjalankan perintah tersebut.

2). Input dan Output (I/O)

Komponen I/O bertanggung jawab untuk mengelola aliran masukan dan keluaran antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna. Ini memungkinkan interaksi antara pengguna dan perangkat keras komputer melalui perangkat input seperti keyboard dan perangkat output seperti monitor.

3). File System

File system adalah struktur yang memungkinkan sistem operasi untuk menyusun dan menyimpan data dalam bentuk file dan direktori. Ini menyediakan cara untuk mengakses, mengelola, dan mengamankan data, serta mengatur izin akses ke file dan direktori.

4). Communication

Komunikasi dalam sistem operasi adalah mekanisme untuk mengirim data antara proses yang berjalan dalam komputer yang sama atau melalui jaringan. Ini memungkinkan proses untuk berbagi informasi, berkoordinasi, dan berinteraksi, mendukung komunikasi antarproses dan antarkomputer.

5). Error management

Manajemen kesalahan berperan dalam mengidentifikasi, melaporkan, dan mengatasi kesalahan yang mungkin terjadi dalam sistem operasi. Ini mencakup penanganan kesalahan perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan, serta mencari solusi untuk memulihkan sistem ke keadaan yang normal.

6). Resource

Manajemen sumber daya melibatkan alokasi, pemantauan, dan penggunaan sumber daya komputer seperti CPU, memori, dan perangkat I/O. Tujuannya adalah untuk menjaga efisiensi penggunaan sumber daya dan mencegah konflik dalam alokasi sumber daya.

7). Auditing

Auditing adalah proses pencatatan dan pemantauan aktivitas sistem untuk tujuan keamanan dan pemeliharaan integritas data. Data audit digunakan untuk mendeteksi pelanggaran keamanan, mengidentifikasi sumber masalah, dan mendukung investigasi insiden.

8). Security

Keamanan dalam sistem operasi mencakup berbagai mekanisme yang dirancang untuk melindungi sistem, data, dan sumber daya dari akses yang tidak sah. Ini termasuk pengendalian akses, enkripsi data, autentikasi pengguna, serta perlindungan terhadap ancaman keamanan seperti virus, malware, dan serangan hacker.

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong