ARSIP BULANAN : October 2023

TUGAS SISTEM OPERASI

24 October 2023 09:28:05 Dibaca : 21

Nama : Sri Agustina Y. Mahajani

Nim : 532423059

Kelas/Prodi : C/Pendidikan Teknologi Informasi

 

Komponen dasar sistem operasi

1.Program kontrol

      Program kontrol adalah program komputer yang digunakan untuk mengendalikan dan mengatur operasi sistem komputer. Program ini bertanggung jawab untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan oleh pengguna atau program lainnya, serta mengatur sumber daya komputer seperti memori, prosesor, dan perangkat keras lainnya. Contoh program kontrol yang umum adalah sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux, yang mengatur operasi dasar komputer dan menyediakan antarmuka untuk pengguna dan aplikasi lainnya.

2.Input dan output (I/O)

Input dan output (I/O) merujuk pada proses masukan dan keluaran data dalam sistem komputer.

Input adalah data atau perintah yang dimasukkan ke dalam sistem komputer. Contoh input dapat berupa teks yang diketikkan oleh pengguna, sinyal dari perangkat keras seperti keyboard, mouse, atau sensor, atau data yang diterima melalui jaringan komputer.

Output adalah hasil atau respons yang dihasilkan oleh sistem komputer setelah memproses input. Contoh output dapat berupa teks atau grafik yang ditampilkan di layar monitor, suara yang dihasilkan oleh speaker, data yang dikirim melalui jaringan, atau perintah yang diberikan kepada perangkat keras seperti printer atau perangkat penyimpanan. 

3.File system

   File sistem adalah metode atau struktur yang digunakan oleh sistem operasi untuk mengatur dan menyimpan file pada perangkat penyimpanan, seperti hard drive atau solid-state drive. File sistem menyediakan cara untuk mengelola dan mengakses data yang disimpan pada media penyimpanan tersebut.

4.Communication

  Comms adalah singkatan dari "communications" dalam bahasa Inggris, yang berarti komunikasi. Ini merujuk kepada proses atau sarana untuk berkomunikasi, baik itu melalui pesan teks, telepon, email, atau komunikasi lainnya. Dalam berbagai konteks, "comms" dapat mengacu pada departemen atau fungsi yang bertanggung jawab atas komunikasi dalam sebuah organisasi atau proyek. 

5.Error management

Error Management adalah proses yang mendeteksi, menangani, dan kadang-kadang melaporkan kesalahan dalam sistem komputer, perangkat lunak, atau perangkat keras. Tujuannya adalah untuk mengurangi efek buruk yang dapat terjadi karena kesalahan atau kegagalan dalam operasi sistem.

6.Resource

Resource yang berarti sumber daya adalah seluruh perangkat keras atau sebuah virtual sistem yang tersambung ke sebuah sistem. Pada sistem komputer sendiri terdapat beberapa resource yang berupa perangkat keras, seperti hardisk, memori, printer, dan lainnya.

7.Auditing

Audit sistem informasi adalah suatu upaya penghimpunan dan juga penilaian berbagai bukti agar bisa menentukan apakah sistem informasi yang digunakan pada sebuah perusahaan mampu mengamankan aset, menjaga integritas data, dan mampu mendorong perusahaan dalam mencapai tujuannya secara efektif serta menggunakan sumber daya yang ada secara lebih efisien.

8.Security/keamanan

Keamanan sistem operasi merupakan bagian masalah keamanan sistem komputer secara total. Pengamanan sistem operasi berarti kecil jika setiap orang dapat melenggang di ruang sistem komputer. Pengamanan secara fisik dengan membatasi pengaksesan fisik secara langsung dengan fasilitas sistem komputer harus dilakukan juga.

 

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong