ARSIP BULANAN : November 2023

LK2 SISTEM OPERASI

22 November 2023 19:46:35 Dibaca : 22

NAMA : FIRMANSYAH ABDULLAH

NIM : 532423061

KELAS : PTI C

 VIDEO 6

 

 

VIDEO 7

 

 

 

 

VIDEO 8

 

LK2 Sistem Operasi

20 November 2023 18:36:14 Dibaca : 15

nama : Firmansyah Abdullah

Nim : 532423061

Prodi : PTI C

MK : SO

 

belajar command line interface linux BASH

Vidio 1-5

vidio 1

 

 

 

 

VIDEO 2

 

VIDEO3

 

 

 

TUGAS SISTEM OPERASI (CREATE NEW DIRECTORY FILE)

14 November 2023 19:02:19 Dibaca : 19
NAMA : FIRMANSYAH ABDULLAH
NIM : 532423061
KELAS : PTI C
PRODI : PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
MATA KULIAH : SISTEM OPERASI

 

 

 

"CREATE DIRECTORY FILE"

 

1.     Login ke Directory Root

Sebelum Membuat file Directory dan sub file,maka kita terlebih dahulu untuk masuk ke dalam Directory Root dengan memasukan perintah (sudo su) dan dilanjutkan dengan memasukan password

 2.     Masuk Ke dalam Directory Root

Setelah login ke directory root,selanjutnya kita akan mengakses file yang ada di dalam directory root yaitu dengan memasukan perintah (cd /) dan untuk menampilkan seluruh file directory root kita harus memasukan perintah (ls)

3.     Membuat directory di dalam directory root

Setelah kita bisa mengakses dan menampilkan file yang ada di dalam directory root selanjutnya kita akan membuat Directory baru di dalam directory root dengan memasukan perintah (mkdir)

4.     Membuat sub file yang ada di dalam directory usr

Setelah kita membuat directory baru di dalam directory root,selanjutnya kita akan membuat sub file di dalam directory root,sebelum itu kita harus masuk ke dalam directory usr dengan memasukan perintah (cd usr). Selanjutnya membuat sub file dengan memasukan perintah (mkdir)

5.     Membuat sub file yang ada di dalam directory var

Setelah kita membuat sub file yang ada didalam directory usr selanjutnya kita memasukan perintah (cd ..) untuk Kembali ke home dan dilanjutkan dengan membuat sub file di dalam directory var dengan,sebelum itu terlebih dahulu kita masuk ke dalam directory var dengan memasukan perintah (cd var) dan dilanjutkan dengan membuat sub file dengan memasukan perintah (mkdir)

 6.     Menampilkan seluruh file baru dan sub file yang ada di dalam directory root

Selanjutnya kita akan menampilkan seluruh directory dan sub file yang sudah kita buat

 

 

    

Tugas sistem operasi

01 November 2023 10:38:39 Dibaca : 69

Nama : Firmansyah Abdullah

Nim : 532423061

Kls : C PTI

jurusan Informatika

 

1. Program Control    Program control merupakan sistem yang bertanggung jawab atas semua pengelolaan komputer dan menentukan instruksi apa yg akan diberikan kepada komputer saat program bertemu pada kondisi tersebut, serta mengatur sumber daya komputer memori, prosesor, dan perangkat keras lainnya. Contoh program control yang umum adalah sistem operasi seperti Windows, macOs, dan linux yang mengatur operasi dasar komputer yang menyediakan antarmuka untuk pengguna aplikasi lainnya.

2. I/O (Input/Output)   Input (memasukkan) adalah media untuk memasukkan data kedalam program komputer, contoh alat eksternalnya yaitu keyboard,mouse,sensor, atau perangkat lainnya.  Output (keluaran) atau juga bisa disebut  menampilkan data atau informasi yang dihasilkan atau di kirimkan oleh sistem komputer ke perangkat eksternal seperti layar monitor,printer,atau perangkat lainnya.

3. File System   File sistem merupakan  struktur  yang digunakan untuk mengelola file pada perangkat penyimpanan seperti hard drive,solid state,drive (SSD),atau flash drive USB. Sistem file yaitu menetapkan cara menyimpan,mengakses,dan mengorganisasi data pada perangkat penyimpanan.

4. Comms    Istilah "comms" dalam konteks sistem operasi bisa mengacu pada komponen  atau konsep yang berhubungan dengan komunikasi atau sistem komunikasi yang ada di dalam sistem operasi. Sistem operasi menggunakan berbagai komponen komunikasi untuk mengelola interaksi antara perangkat keras,perangkat lunak,pengguna,dan berbagai sumber daya.

5. Error Mngt   Error management (manajemen kesalahan) merujuk pada proses mengidentifikasi,mengatasi, dan memonitor kesalahan masalah yang muncul pada sistem komputer,perangkat lunak, atau proses bisnis. Manajemen kesalahan merupakan komponen penting dalan pengembangan perangkat lunak dan pengelolaan sistem yang terdapat membantu memastikan keandalan,kualitas dan kinerja yang baik.

6. Resouce     Resource dalam sistem operasi merupakan segala sesuatu yang digunakan oleh sistem operasi untuk menjalankan aplikasi dan memproses data. 

7. Auditing    Auditing sebuah proses yang melibatkan pengumpulan dan penilaian bukti-bukti untuk menilai apakah sistem komputer dapat mengamankan aset, memelihara integritas data, mendorong pencapaian tujuan organisasi secara efektif, serta menggunakan sumber daya secara efisien.

8. Security  (OS) mengacu pada praktik dan tindakan yang menjamin kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan (CIA) sistem. Tujuan utama security OS adalah untuk melindungi OS dari berbagai ancaman, termasuk perangkat lunak berbahaya, kesalahan konfigurasi, dan intrusi jarak jauh. Security pada OS biasanya melibatkan penerapan teknik kontrol yang dapat melindungi aset Anda dari modifikasi, penghapusan, 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong