ANTROPOMETRI

13 September 2022 21:27:12 Dibaca : 74

Sejarah Antropometri. 

     Berawal dari kajian ilmu antropologi yang mempelajari manusia termasuk dari bagian luar dan dalam. Secara spesifik terdapat cabang antropologi yang mempelajari tentang ukuran dan proporsi tubuh manusia yang bisa disebut dengan antropologi

     Data-data antropometri digunakan sebagai dasar bagi para ergonom untuk merancang berbagai macam kebutuhan sesuai dengan dimensi tubuh dan diharapkan dapat mempermudah kemampuan individu dalam bekerja. Harapan dari data antropometri dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

      Bridger (1995) menjelaskan antropometri berasal dari kata latin yaitu anthropos yang berarti manusia dan metron yang berarti pengukuran, dengan demikian bisa disimpulkan bahwa antropometri merupakan pengukuran tubuh manusia. Nurmianto (1991) menjelaskan bahwa antropometri adalah suatu kumpulan data numeric yang ada hubungannya dengan ukuran fisik tubuh, bentuk, dan kekuatan manusia dan data tersebut dibuat sebagai desain.

Apa Saja Jenis Data Antropometri?SS

   Structural Anthropometic Data. Data ini juga dikenal sebagai data antropometri statis, dimana pengukuran dilakukan pada bagian tubuh manusia yang berada dalam posisi diam atau tetap. ...

1. Functional Anthropometric Data. 

2. Newtonian Anthropometric Data.

   Tujuan pendekatan Antropometri dalam perancangan alat dan perlengkapan adalah agar terjadi keserasian antara manusia dengan sistem kerja (man-machine system), sehingga menjadikan tenaga kerja dapat bekerja secara nyaman, baik, dan efisien (Nurmianto, 2008).

    Bidang antropometri meliputi berbagai ukuran tubuh manusia seperti berat badan, posisi ketika berdiri, ketika merentangkan tangan, lingkar tubuh, panjang tungkai, dan sebagainya.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong