Mengulas Perjalanan Belajar Pengendalian dan Penjaminan Mutu

16 June 2024 16:06:16 Dibaca : 58

Perjalanan belajar saya dalam mata kuliah Pengendalian dan Penjaminan Mutu merupakan pengalaman berharga. Bapak dosen membuat suasana kuliah menjadi menarik, sehingga mahasiswa tidak merasa bosan. Saat mulai mengerjakan proyek, kami diminta menganalisis kasus nyata dengan menerapkan alat pengendalian kualitas, salah satunya adalah Six Sigma. Kelompok kami menggunakan metode Six Sigma DMAIC agar permasalahan di sebuah UMKM yang kami teliti dapat terstruktur. Kami dapat mengidentifikasi masalah, menganalisis sebab-akibat, lalu melakukan perbaikan dan pengendalian untuk ke depannya.

Selain pengalaman menarik di dalam dan luar kelas, saya juga mendapat pengalaman saat diwawancarai mengenai proyek kami. Awalnya saya merasa takut dan gugup, tetapi saya berusaha belajar untuk menghadapinya. Mengelola perasaan saat diwawancarai bukan hal mudah bagi saya. Sebelum diwawancarai, saya mempersiapkan diri sebaik mungkin seperti memahami kembali dari isi laporan proyek kami, dan berlatih menjawab dengan tenang dan percaya diri bersama teman saya. 

Dari mata kuliah ini, saya tidak hanya mendapat ilmu baru tentang pengendalian dan penjaminan mutu, tetapi juga pengalaman untuk terus berlatih menghadapi rintangan yang mungkin sulit untuk saya hadapi, serta membangun kepercayaan diri.

Terima kasih kepada bapak dosen pengampu dan teman-teman yang telah membantu saya dalam proyek mata kuliah ini.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong