ARSIP BULANAN : September 2022

Teknologi dan Teknologi Tepat Guna

14 September 2022 11:47:11 Dibaca : 32

Pengertian Teknologi

 

   Pengertian Teknologi Secara bahasa teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu tekhnologia yang merupakan gabungan dari “techne” dan “logos”. Tehcne berarti art or skill sedangkan logos berarti science of study. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, teknologi adalah seluruh sarana untuk menyediakan barang-barang yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

 

      Sementara itu, definisi teknologi menurut salah satu para ahli:

 

Poerbahawadja Harahap

 

      Harahap menjelaskan bahwa penggunaan kata teknologi pada dasarnya mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di dalam bidang teknik, serta mengacu pula pada ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik atau industry tertentu. Definisi ini tentu saja sangat mengacu pada definisi praktis dari teknologi, yang banyak ditemukan pada pabrik-pabrik dan juga industry tertentu.

 

Teknologi Tepat Guna

 

   Teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang untuk semua masyarakat tertentu agar dapat menyesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, agama, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat. Dari tujuan ini teknologi tepat guna harus menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan berdampak polutif minimalis dibandingkan dengan teknologi pada umumnya.

 

Ada beberapa kriteria agar suatu teknologi dapat dikategorikan sebagai teknologi tepat guna. Antara lain adalah sebagai berikut:

 

• Teknologi tersebut dapat digunakan oleh sumber-sumber yang tersedia di berbagai tempat.

 

• Teknologi yang diterapkan sesuai dan cocok dengan kondisi sosial ekonomi ang berlaku.

 

• Teknologi yang digunakan bisa memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat.

 

• Masyarakat mampu mempelajari, menerapkan, serta memelihara teknologi tepat guna tersebut.