Cara Belajar Efektif di Perguruan Tinggi
Belajar di Perguruan Tinggi sangat berbeda dengan belajar di sma. kesempatan emas ini harus dimanfaatkan sebaik-baik nya untuk membentuk 3 karakter utama:
- HIGHLY COMPETENT sarjana yang kritis dan mampu menyelesaikan masalah.
- HIGH ACHIEVER bertanggung jawab, punya tujuan karir jelas, mampu bekerja sama dengan baik.
- HIGH INTEGRITY hidup menjaga integritas dan dedikasi untuk karakter diatas terutama kompetensi, hanya dapat di capai apabila mahasiswa belajar dengan efektif dan bisa membagi waktu dengan baik untuk kegiatan2 produktif.
apa tujuan kita belajar? apa sih motivasi anda ketika masuk kuliah? supaya dapat gelar? gengsi doang? cari jodoh? disuruh ortu? kwak kwak..
apapun motivasi anda, anda akan banyak mendapat pengalaman berharga saat kuliah, yang dapat menjadi modal anda di masa depan. kuliah bukan hanya belajar & mendapat nilai tinggi, tapi terutama menguasai ilmu nya.
Jenis mahasiswa:
1. mahasiswa frustasi : penguasaan ilmu tinggi+nilai mata kuliah rendah
efek: sulit bekerja karna seleksi di perusahaan bergantung besar berdasarkan hal-hal terukur seperti IPK.
2. mahasiswa ideal : penguasaan ilmu tinggi+nilai mata kuliah tinggi
efek: mudah bekerja, dan akan efektif, memiliki logika yg baik, dan disiplin tinggi.
3. mahasiswa gagal : bukan ny bodoh, tapi malas. penguasaan ilmu rendah+nilai rendah
efek: dah bisa di tebak.. kan? susah di percaya, tidak punya modal dalam karir.
4. mahasiswa kosmetik: Penguasaan ilmu rendah+nilai mata kuliah tinggi
efek: mungkin awal2 mudah bekerja.. tapi dalam jangka panjang jika tidak berubah, tidak akan berprestasi.
apakah perlu nilai tinggi?
keberhasilan bukan hanya di tentukan lewat IPK.. di bawah ini faktor2 yang berpengaruh:
-integritas: walk the talk- dapat di percaya, teguh, berpegang pada prinsip yang benar.
-karakter: proaktif, kooperatif, komunikatif, etika <--- wajib di kembangkan.
-profesionalisme: wawasan profesi dan industri yang luas..sertifikasi prfesi.. career planning.
-semangat berprestasi yang tinggi
-networking : kembangkan hubungan baik dengan orang yang tepat
bagaimana cara mengembangkan motivasi belajar?
-ingat hadiah atau upah yang menanti apabila anda rajin belajar. latih diri untuk mengendalikan emosi. tunda kepuasan. hari ini untuk hasil yg lebih baik didepan. you play now you pay later OR you pay now you play later..
-tetapkan sasaran yg realistis namun menantang, dapat diukur, memiliki tenggang waktu dan fleksibel. contoh: saya akan meningkatkan IP dari 0,1 jadi 1,7 dan berkembang jadi 1,75, dan berkembang jadi 3,5 di semester selanjut nya..
-berpikir positif.. karna kegagalan bukan akhir dari segalanya. dari kegagalan itu anda 1 langkah lebih dekat dengan keberhasilan yang anda idam2kan..
-refreshing.. jenuh? main PB lah... tapi jgn berlarut-larut.. buka forum kek cari ilmu.. ngakak sana sini.. isi dengan kesenangan mu,,
Apa bedanya belajar di Perguruan Tinggi dan SMA?
- Di perguruan tinggi proses pembelajaran (learning) terpusat pada mahasiswa, kita di tuntut mandiri, jenis dosen beda2 lho.. kadang2 ada yg enak ngajarin nya kadang2 ada yg manut2 doank kerjaan ny, ilmu gak jelas masuk ny, makanya kita mesti cari info selain dari dosen (baca point di bawah). Tapi coba ingat, di SMA guru lebih banyak berperan dalam mengajar, kita ny melongoooo aja kerjaan nya. hehe (teaching). Learning vs Teaching
- Dosen adalah bahkan hanya sebagai FASILITATOR yang memberikan arah dan tujuan mata kuliah, benang merah mata kuliah serta bagian2 penting buku teks yang harus dibaca. bukan mengajarkan full materi kepada mahasiswa nya.
- Mahasiswa harus menggali sumber informasi sendiri dan tidak hanya mengandalkan apa yang diberikan dosen di kelas.
Bagaimana agar berhasil di Perguruan Tinggi?
- Mempersiapkan (membeli atau meminjam atau mengkopy) buku teks yang diwajibkan dosen. - Membaca dan mempelajari bahan kuliah sebelum masuk kelas. Garis bawahi dan siapkan bahan pertanyaan anda bila ada hal2 yang tidak jelas dari bahan bacaan tersebut.
- Masuk tepat waktu, kalau bisa sepuluh menit sebelum kuliah dimulai agar anda dapat berkonsentrasi.
- Mendengar secara aktif (coba ulangi apa yang dikatakan dosen dengan kata2 anda sendiri secara mental).
- Membuat catatan kuliah - meskipun diktat kuliah tersedia!! buat coretan dan catatan di diktat anda! oleh karena itu anda wajib membawa buku dan alat tulis ke kelas.
- Kembangkan sifat suka dan berani bertanya kepada dosen. Jangan takut atau malu.
- Membaca kembali catatan/buku teks setelah pulang kuliah. Bila perlu cari buku lain untuk memperkaya pemahaman anda.
- Mengerjakan PR dan tugas-tugas. Selalu upayakan untuk mengerjakannya secara mandiri dan mengumpulkannya tepat waktu.
- Kunjungi perpustakaan.
- Latih diri anda untuk mempergunakan waktu sebaik mungkin.
Bahan apa saja yang harus dipelajari ?
- Buku teks yang menjadi referensi mata kuliah ( kalau bisa lebih dari satu )
- Bahan referensi lainnya (buku2 non teks, jurnal, buletin, INTERNET, koran, majalah, dll)
- Bahan presentasi dosen.
- Diktat.
- Catatan kuliah.
untuk berhasil di perguruan tinggi mahasiswa harus aktif dan punya disiplin tinggi dalam mempelajari bahan-bahan pelajaran yang telah ditentukan dosen.
3. PERAN ALAT BANTU
Setiap kampus pastinya memiliki beberapa alat bantu yang dapat membantu setiap mahasiswa dalam belajar. Mahasiswa harus memahami peran dari masing2 alat bantu kuliah:
1. Text book ( peran sangat penting )
memerankan sebagai?
sumber utama bahan kuliah. Referensi paling lengkap dari bahan kuliah.
kewajiban mahasiswa?
setiap mahasiswa harus mempunyai text book, minimal copy dari bab2 yg di bahas di kelas.
dari mana dapat nya?
dosen biasa nya memberi judul buku, ya lu tinggal nyari aja..
2. Diktat kuliah ( Secondary weapon ) bisa berupa E-Guides & Course plan ( Course plan adalah buku tipis yang hanya membahas pembagian materi2 secara UMUM perbab nya. Kek daftar isi bentuk nya.. tp cuman daftar isi )
memerankan sebagai?
Memberikan garis besar atau benang merah dari mata kuliah. mempermudah mahasiswa untuk memahami bagian2 penting dari buku referensi yang harus dibaca.
Kewajiban mahasiswa dan dari mana dapat nya?
Download! dan mencetak sendiri diktat ( E-guides ), selalu membawa diktat ( E-guides ) waktu kuliah. menyimpan dan membawa course plan sebagai panduan selama 1 semester, membaca bahan referensi sesuai isi Course Plan.
3. Catatan kuliah dan buku latihan
memerankan sebagai?
Memberikan tambahan informasi berdasarkan penjelasan dosen dikelas. wadah mengerjakan latihan soal.
kewajiban mahasiswa?
Membeli buku catatan untuk setiap mata kuliah (lebih bagus bentuk loose leaf, gampang di atur), mencatat penjelasan dosen setiap kali akan hadir kuliah. Belajar dengan menulis/mencatat jauh lebih efektif dibanding hanya mendengar.
4. Bahan presentasi (slide) dari dosen
memerankan sebagai?
Bahan tambahan untuk mempermudah memahami bahan kuliah saat di kelas.
kewajiban mahasiswa?
Membuat catatan dapat pula dilakukan pada hard copy (print-out) dari bahan presentasi dosen (atau diktat kul) apabila bahan tersebut telah di print dlu sebelum nya, dan di bawa saat kuliah.
5. Internet
memerankan sebagai?
Sumber tambahan bahan kuliah yang memadai, referensi yang mudah, cepat dan praktis. Dapat menolong memudahkan pemahaman materi kuliah, misalnya bentuk animasi, aplikasi rumus2 analitik yang relatif sulit.
kewajiban mahasiswa?
Setiap mahasiswa didorong untuk menggunakan fasillitas internet secara positif.. <-- tau kan definisi positif?
Untuk mahasiswa yang baru pertama kali melihat text book yang isinya kebanyakan tulisan, rumus dan beberapa tabel atau gambar saja tidak seperti komik, mungkin akan di anggap sebagai obat tidur atau malah alat ganjal pintu, namun sebenernya Text book sangat berguna karena merupakan sumber informasi yang paling lengkap, jauh melebihi bahan presentasi dosen maupun diklat.
Apa gunanya mengatur jadwal kegiatan kita?
Dengan manajamen waktu yang baik kita dapat mengelola kegiatan dalam waktu yang terbatas dengan hasil yang maksimal serta stres yang minimum. memberi semua orang jumlah waktu yang sama dan terbatas hanya 24 jam satu hari. Waktu adalah salah satu aset Anda yang paling berharga. Setiap orang punya kesempatan yang sama dari segi waktu, namun hasil yang dicapai mereka berbeda tergantung cara mereka menggunakan aset berharga tersebut. Ingatlah, setiap jam yang terlewat tidak dapat kita ulangi. (penyesalan datang nya pasti belakangan.)
Susun strategi pembuatan jadwal yang baik:
1. Buat daftar kegiatan yang hendak dikerjakan (to do list)
2. Perkirakan waktu yang kalian perlukan untuk setiap kegiatan (berikan kelonggaran)
3. Buat skali prioritas untuk setiap kegiatan atau deadline setiap kegiatan. Jangan mengabaikan hal yang utama demi yang kurang utama.
contoh: mengorbankan kuliah, dengan alasan mencari pengalaman kerja yang menyita waktu. Padahal ortu masi mampu. Dalam hal ini, smua pihak akan lebih puas apabila anda menyelesaikan studi dahulu secara tepat waktu.
4. Evaluasi dengan memeriksa deadline kegiatan anda.
5. ATURAN MAIN DI PERGURUAN TINGGI
Mengapa perlu ada aturan main?
Seperti dijelaskan sebelumnya, supaya kamu berhasil di masyarakat, maka di samping menguasai ilmu pengetahuan dengan baik, kamu juga sangat perlu memiliki karakter yang baik:
-jujur dan beritegritas
-bekerja keras
-mandiri
-taat aturan
-mampu bekerja sama
-memahami orang lain
-tanggung jawab
Aturan main diciptakan agar anda dapat mengembangkan karakter diatas. Selain itu, aturan main akan menjamin adanya keteraturan, harmoni, efisiensi, efektivitas kegiatan di kampus.
Apakah ada aturan tidak tertulis di kampus?
Seperti dalam masyarakat pada umumnya, maka di kampus ada aturan2 yang gak tertulis yang disebut: moral, etika, norma, dan budaya kampus.
Apa saja contoh-contoh pelanggaran aturan main? ( bisa gawat klo yang dibawah ini ketauan )
1. Plagiat dalam karya ilmiah ( PR, tugas, paper, Kerja Praktek, TA/Skripsi, dll )
2. Mencontek dan memberi contekan dalam ujian
3. Pembocoran soal dan/atau kunci jawaban ujian
4. Pemalsua nilai dan ujian, dll..