Kuliah Yang Berkualitas Tidak Harus Mahal

14 March 2013 14:55:15 Dibaca : 2846

Belakangan ini banyak orang yang menganggap bahwa biaya pendidikan yang mahal berarti kualitasnya sangat bagus artinya output mahasiswa yang dihasilkan lebih berkualitas dari pada kuliah yang biayanya relatif murah.

Sebenarnya Mutu pendidikan(khususnya dalam dunia perkuliahan) tergantung pada Dosen yang menyampaikan materi dan kekreatifan dari mahasiswa tersebut juga sangat berpengaruh pada mutu pendidikan yang dihasilkan oleh Akademi tersebut, bukan dari biaya yang sangat mahal.karena Dosen yang mengajarpun sama-sama S2, dan memilki keprofesional dalam mengajar.

Mahasiswa dalam mencari ilmu di perkuliahan berbeda dengan Anak SMA/SMK, mahasiswa lebih ditekankan pada kekreatifan diri dalam mengembangkan ilmu yang di peroleh dari perkuliahan artinya dosen menyampaikan meteri dan mahasiswa mengembangkan ilmunya dengan sumber berbagai buku yang bersangkutan dari materi tersebut, sedangkan model pembelajaran Anak SMK/SMA lebih ketat dalam pengawasan dari pihak guru, artinya seorang siswa di paksa untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru karena biasanya setelah pembahasan satu Bab habis kemudian dilanjutkan dengan ulangan harian.

Tidak hanya itu saja pengetahuan bisa di dapat dengan membaca berbagai sumber ilmu, tapi pengalaman organisasipun juga mempengaruhi pengetahuan, misalnya dalam kampus: ikut organisasi dema,ikut program ukm,ikut program dari perkuliahan,dll. Kalau di luar kampus: ikut aktif dalam organisai IPNU,IPM,pemuda karang taruna,IRMAS,dll. Sehingga selain dalam pemahaman materi mahasiswa juga bisa mengembangkan/mencari ilmunya lewat organisasi.

Kesimpulannya bahwa bagus atau tidaknya kualitas mahasiswa tergantung pada kekreatifan masing-masing bukan tergantung pada kemahalan biaya pendidikan.

 

http://stikap.com