Gorontalo Utara

19 February 2013 18:56:37 Dibaca : 1290

Luas Kabupaten Gorontalo Utara adalah 1.777,03 km2. Kecamatan dengan area yang terbesar adalah Sumalata yaitu 504,59 km2 atau 28,40 % luas Kabupaten Gorontalo Utara sedangkan yang terkecil adalah Kecamatan Gentuma Raya, yaitu 100,34 km2 atau 5,65 % luas Kabupaten Gorontalo Utara.

Di Indonesia hanya dikenal 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Pada bulan Juni sampai dengan September arus angin berasal dari Australia dan tidak banyak mengandung uap air, sehingga mengakibatkan musim kemarau.

Sebaliknya pada bulan Desember sampai dengan Maret, arus angin banyak berasal dari Asia dan Samudera Pasifik sehingga terjadi musim hujan. Keadaan seperti itu berganti setiap setengah tahun setelah melewati masa peralihan pada bulan April-Mei dan Oktober – November.

Curah hujan di suatu tempat antara lain dipengaruhi oleh keadaan iklim, keadaan geografi dan perputaran/pertemuan arus udara. Oleh karena itu, jumlah curah hujan dan hari hujan beragam menurut bulan dan letak stasiun pengamat. Rata-rata curah hujan selama tahun 2009 berkisar 126 mm dan hari hujan rata-rata 16 hh.

Suhu udara di suatu tempat antara lain ditentukan oleh tinggi rendahnya tempat tersebut terhadap permukaan laut dan jaraknya dari pantai. Pada tahun 2009 suhu udara rata-rata pada siang hari berkisar antara 31,0 o C sampai 31,9 o C, sedangkan suhu udara pada malam hari berkisar antara 26,7o C sampai 28,8o C

Pemerintahan

Pada tahun 2009 Kabupaten Gorontalo Utara terbagi menjadi 6 Kecamatan, terdiri dari 56 desa, dengan ibukotanya terletak di Kecamatan Kwandang.

Tenaga Perlindungan Masyarakat yang tercatat pada tahun 2009 adalah sebanyak 482 orang. Tenaga Linmas ini terdiri dari 371 tenaga Hansip dan 111 tenaga Kamra.

Menurut Bagian Kepegawaian Daerah, pegawai negeri sipil yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara sejumlah 1.065 pegawai, tersebar baik di pusat pemerintahan maupun di kecamatan atau desa.

Bupati pertama kabupaten gorontalo utara yaitu bapak Drs.Hamdan Datungsolan yang sekarang menjabat bupati terpili kabupaten bolaang mongondow selatan di provinsi sulawesi utara. Beliau merupakan pejabat bupati sementara kabupaten gorontalo utara. Pada tahun 2008 gorut melakukan pemilihan bupati pertama dan yang terpilih pada waktu itu sekaligus menjadi bupati terpilih pertama kabupaten gorontalo utara yakni bapak Drs.Rusli Habibie M.Ap yang pada tahun 2012 menang dalam pertarungan pemilihan gubernur gorontalo. Pada tahun 2013 ini gorontalo utara akan menggelar pesta rakyat yakni pemilihan bupati. Siapapun yang akan menang dalam pertarungan ii semoga dapat memajukan gorontalo utara.Aamiin..

GORUT BISA OLO.......