sistim operasi komputer

20 March 2013 15:20:52 Dibaca : 63

Sistem operasi komputer adalah seperangkat program yang mengelola perangkat keras komputer dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi ini adalah jenis yang paling penting dalam sistem komputer. tanpa sistem operasi maka pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer.
Sistem informasi adalah perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol pada perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem,termasuk menjalankan aplikasi perangkat lunak seperti program pengolah kata dll.
Sistem operasi utama yang digunakan komputer umum termasuk PC, komputer personal,terbagi menjadi 3 kelompok,yaitu Microsoft windows,Unix dan Mac OS.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian :
1.Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.
2.Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
3.Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
4.Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
5.Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

 

jenis-jenis sistem operasi

banyak jenis sistem operasi yang bisa digunakan,antara lain:-POSIX

-,UNIX 

-,MS DOS,

-,MS WINDOWS,

-,LINUX,

-,APPLE,dll

 

Fungsi-fungsi Sistem Operasi pada Komputer meliputi:
Pengaturan Processor, yaitu mengatur processor untuk dapat dijalankan oleh sistem komputer.
Pengaturan Memori, yaitu mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.
Pengaturan Input/Output, yaitu koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan.
Pengaturan File, yaitu mengatur penyimpanan file dari berbagai tempat ke perangkat penyimpanan lainnya. Juga memungkinkan semua file dapat dengan mudah diubah dan dimodifikasi dengan menggunakan text editor atau dengan lainnya.
Menjalankan sistem prioritas, yaitu menentukan urutan pekerjaan yang harus dilaksanakan dalam sistem komputer, mulai dari yang paling utama, lalu yang kedua, dan seterusnya.
Interpretasi atau penerjemahan perintah-perintah dan instruksi-instruksi.
Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan komputer operator (manusia).
Bertanggung jawab atas keamanan data dan integritas.

Sumber Artikel : Fungsi Sistem Operasi

karya melisa palupi dewi

08 February 2013 20:49:29 Dibaca : 7

HARI KEBAHAGIAAN MENGIKUTI KEGIATAN

 Dipagi hari tadi saya sangat bahagia karena bisa mengikuti kegiatan yang diikuti setiap hari jumat kegiatan tersebut yaitu olahraga bersama dan dalam olahraga tersebut kita dapat berjumpa lagi dengan teman-teman bidikmisi,,dan setelah kami melakukan olahraga kami mendapat pengarahan sedikit dari panitia pengolah bidikmisi setelah itu kita bisa bercanda bareng-bareng teman-teman.

 Dan yang lebih bahagia lagi dipagi hari tadi kami melakukan jalan pagi dari kampus 3 sampai kampus 1 yang jaraknya agak begitu jauh dan yang sebenarnya bikin kami cakep dan lelah karena kami jalan bersama kami jadi tidak merasakan capek maupun lelah

 Cukup sekian dan terima kasih

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong