Dinilai Mampu Gantikan Pirlo, Montolivo Dapat Pujian

23 February 2013 14:25:55 Dibaca : 715 Kategori : SPORTS
Riccardo Montolivo ketika mengawal pergerakan Lionel Messi (Foto: Reuters)
Riccardo Montolivo ketika mengawal pergerakan Lionel Messi (Foto: Reuters)

MILAN - Kemenangan 2-0 AC Milan atas Barcelona pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, membuat para punggawa Rossoneri banyak dapat pujian. Salah satu yang menuai pujian adalah Riccardo Montolivo.

Gelandang 28 tahun ini mendapat pujian dari pemain legendaris I Rossoneri, Paolo Maldini. Mantan bek andalan Milan ini menilai Montolivo bermain dengan sangat apik dan mampu menyeimbangkan permainan Milan.

Ya, dalam laga kontra Barca di San Siro, Kamis dini hari kemarin, Montolivo memang tampil cukup gemilang. Pemain yang didatangkan dari Fiorentina secara gratis pada awal musim ini, mampu menjalankan tugasnya sebagai jenderal lini tengah yang mampu mengakomodir serangan dan sekaligus mematikan serangan lawan.

Bahkan, dua gol Milan secara tak langsung berkat andil dirinya. Pada gol pertama yang dicetak Kevin Prince Boateng, Montolivo merupakan orang yang melepaskan sepakan lalu kemudian membentur Cristian Zapata sehingga sukses dikonversi menjadi gol oleh Boateng.

Sementara pada gol kedua yang dicetak Muntari, Montolivo jugalah orang pertama yang mengirimkan umpan manis ke M’Baye Niang, lalu diteruskan ke Stephan El Shaarawy dan dituntaskan dengan baik oleh Muntari.

“Montolivo membuat saya terkejut.  Penampilannya konsisten, dia juga punya kualitas dan membuktikan bahwa dia mampu beradaptasi dengan baik di tiap posisi yang dimainkannya,” ujar Maldini yang kebetulan hadir menyaksikan pertandingan secara langsung.

“Dia pemain yang menentukan, salah satu orang yang mampu menutup lubang yang ditinggalkan Andrea Pirlo. Dia punya fisik yang kuat, mampu memenangi bola dan punya visi yang luar biasa. Dia memiliki segalanya,” puji sang ikon sebagaimana dikutip Football-Italia.

Selain memuji peran Montolivo, Maldini juga memberikan kredit khusus kepada Kevin Constant. Pemain kelahiran Prancis yang membela Timnas Guinea ini dipujinya karena mampu memainkan peran sebagai bek kiri dengan baik, kendati sejatinya posisi yang biasa dimainkannya adalah gelandang.

“Dia (Constant) cepat, memiliki teknik bagus dan juga personalisasi yang bagus,” pungkas Maldini yang semasa bermain juga berposisi sebagai bek kiri.

Di akhir kata, Maldini berharap Milan mampu mempertahankan performa apiknya saat gantian melawat ke markas Barcelona di Camp Nou, 12 Maret mendatang. Pria yang belum lama ini datang ke Indonesia bersama skuad Milan Glorie ini menilai keunggulan 2-0 belum jaminan Milan lolos ke babak perempatfinal