14 Orang Dipastikan Tewas dalam Ledakan Pabrik Pupuk AS

19 April 2013 10:29:54 Dibaca : 486 Kategori : adventure

Ledakan di pabrik pupuk (Foto: Reuters)TEXAS - Korban tewas akibat ledakan di pabrik pupuk di Texas, Amerika Serikat (AS) dilaporkan mencapai 14 jiwa. Sebelumnya masih belum diketahui jumlah korban tewas, mengingat sulitnya lokasi dari pabrik pupuk itu.

Di antara korban tewas adalah empat petugas medis. Mereka tewas setelah adanya laporan darurat, ketika terjadi kebakaran di pabrik pupuk yang berada di West, Texas itu. Kebakaran itu dicurigai sebagai penyebab ledakan.

"Lima orang petugas pemadam kebakaran saat ini dinyatakan hilang tetapi mereka dikhawatirkan sudah tewas. Sementara ledakan yang juga melukai 160 jiwa itu, hingga kini belum diketahui penyebabnya," ujar Wali Kota Tony Muska, seperti dikutip Reuters, Jumat (19/4/2013).

Pihak berwenang mengaku tidak memiliki bukti ada unsur kesengajaan dalam ledakan ini. Ledakan yang muncul di pabrik pupuk tersebut dianggap serupa dengan ledakan nuklir.

Menurut Badan Survei Geologi AS, terjadi getaran sebesar 2,1 Skala Richter usai ledakan maut itu berlangsung. Ledakan itu sangat kuat hingga merubuhkan bangunan yang ada di dekat pabrik pupuk tersebut. Dengan munculnya getaran yang kuat, ledakan pupuk itupun dipandang sama dengan ledakan uji coba bom nuklir.

Negeri Paman Sam kini benar-benar menghadapi masalah besar. Pada Senin lalu, bom meledak di pertandingan maraton Boston, lalu muncul pula isu pengiriman surat beracun ke Presiden Barack Obama dan seorang senator.

Meski demikian, muncul pula dugaan-dugaan seputar ledakan di Texas. Ledakan besar itu muncul menjelang peringatan 20 tahun konfrontasi Biro Penyelidik Federal (FBI) di Waco, Texas, dengan militan bersenjata Branch Davidians (Ranting Daud).