Obat Tradisional

08 February 2013 21:16:09 Dibaca : 134

Obat tradisional di Indonesia sangat besar peranannya dalam pelayanan kesehatan masyarakat Indonesia dan sangat potensial untuk di kembangkan. karena memang negara kita kaya akan tanaman obat-obatan. namun sayang kekayaan alam tersebut tampaknya belum dimanfaatkan secara optimal untuk kesehatan. padahal saat ini biaya pengobatan modern cukup mahal di tambah lagi dengan krisis ekonomi yang melanda bangsa ini belum sepenuhnya berakhir . hal tersebut di khawatirkan dapat membuat kemampuan masyarakat untuk memperoleh pelayan kesehatan yang optimal semakin menurun.

 obat tradisional merupakan warisan budaya bangsa yang perlu terus di lestarikan dan di kembangkan untuk menunjang pembangunan kesehatan sekaligus untuk meningkatkan pelayanan dan meningkatkan pemerataan obat-obat tradisional bertahan tanpa dukungan yang memadai dari pemerintah dan masyarakat itu sendiri.
selama ini industri jamu ataupun obat-obat tradisionalbertahan tanpa dukungan yang memadai dari pemerintah maupun industri farmasi. sementara itu tantangan dari dalam negeri sendiri adalah sikap dari dunia medis yang belum sepenuhnyamenerima jamu dan obat tradisional.