Keunggulan jurusan kesehatan masyarakat

07 August 2021 13:55:18 Dibaca : 381

Kesehatan Masyarakat merupakan bidang ilmu yang mempelajari pencegahan dan pengobatan penyakit pada individu. Bidang ilmu ini juga bertujuan menjaga dan mempromosikan kesehatan sosial dengan mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan dan metode pencegahan penyakit, kesehatan dalam suatu kawasan, maupun kesehatan di lingkungan kerja. Ahli Kesehatan Masyarakat nantinya memiliki peran dalam bidang promotif dan preventif, sehingga nggak hanya mencegah agar masyarakat yang sehat tidak menjadi sakit, namun juga berupaya agar masyarakat yang masih sehat dapat tetap terjaga kesehatannya.

Lulusan Kesehatan Masyarakat memiliki peluang karier yang luas, Quipperian! Jadi jangan hanya terpaku dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) ya! Berbagai sektor swasta seperti industri dan organisasi memiliki prospek kerja menarik, yaitu bidang QHSE (Quality, Health, Safety and Environment) atau menjadi konsultan kesehatan seperti Global Fund TB dan HIV, Komisi Penanggulangan HIV/AIDS, dan berbagai LSM bidang kesehatan lainnya. Di bidang sarana kesehatan, kamu bisa menjadi administrator layanan kesehatan masyarakat atau bahkan manajer di rumah sakit, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan Kepala Puskesmas. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan, Badan Narkotika Nasional, WHO (World Health Organization), atau menjadi dosen.

Selain mata kuliah yang dipelajari secara teoritis, di jurusan kesehatan masyarakat juga mempelajari mengenai materi dan praktek di lapangan. Contoh praktek yang biasanya dilakukan adalah survei dan investigasi Wabah, Pengolahan Limbah, Perencanaan dan Evaluasi Program Kesehatan, Sosialisasi Kesehatan, Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penyakit, Studi kasus tentang pola hidup sehat masyarakat, dan masih banyak lagi. Meski banyak materi dan praktek yang dipelajari, namun ilmu di jurusan ini sangat diperlukan dan bermafaat langsung bagi masyrakat. Melalui jurusan kesehatan masyarakat anda akan belajar mengenai sosial dan jiwa empati terhadap sesama yang tinggi. Melalui praktek di masyarakat anda akan diajarkan bagaimana menjadi orang yang ramah, pendengar, dan menghargai orang lain di masyarakat. Hal ini agar anda mudah berinteraksi dengan orang lain ketika anda sudah bekerja di masyarakat.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong