Perjalanan menjadi mahasiswa

16 August 2021 21:40:45 Dibaca : 18

Sudah hampir 2 tahun lamanya kita mendekam dalam ketidakpastian perihal kepergiannya, Corona. Mungkin terhantam oleh gesitnya persaingan merebut “doi” sudah biasa kita jalani, lain halnya dengan yang satu ini. Ia menghantam segala sektor kehidupan terutama pendidikan secara brutal tak termaafkan sampai-sampai melahirkan generasi yang kini dinamai Angkatan Corona.

Dunia perkuliahan merupakan salah satu tahap paling atas dalam proses pendidikan. Tidak sedikit yang menganggap perkuliahan menjadi bagian terpenting dalam menyusun masa depan. Begitupun yang ada dalam pikiran para siswa yang duduk pada tingkat akhir Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Mereka pastinya telah mempersiapkan diri dan hal-hal lain yang bersangkutan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diimpikan. Namun, bagaimana nasib mereka menjadi mahasiswa baru di tengah pandemi Covid-19 ini.

~Baru ganti status jadi mahasiswa tapi engga bisa merasakan masa orientasi asik yang ala-ala, huhu sedih deh~

Mahasiswa baru atau yang biasa dikenal dengan sebutan “Maba” pada umumnya harus melewati masa orientasi di Universitas pilihannya masing-masing. Sama seperti di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang terletak di tanah kota gorontalo ini, para maba-nya telah melewati tahapan awal yakni Pembinaan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (pkkmb ) pada pertengah agustus. Tapi sayangnya kegiatan ini harus dilaksanakan secara daring.

~yaah… Gabisa menikmati drama masa orientasi dan motivasi dari para petinggi di kampus secara live dong

Walaupun dilakukan secara daring, masa orientasi ini tetap dijalankan guna mempersiapkan mahasiswa baru agar siap menjalani kehidupan perkuliahan yang penuh dengan derita tantangan.

“Kesannya untuk pkkmb daring biasa aja, karena pkkmb tetap harus dijalanin walaupun secara daring mengingat kita semua masih ada di tengah pandemi covid-19. Kalau ada pkkmb secara langsung pasti bakal lebih seru, asik, dan bisa kenalan langsung sama teman-teman baru,”

Tidak hanya pkkmb daring, mahasiswa baru tahun ini juga harus mengikuti perkuliahannya secara daring. Siap tidak siap, mereka dihadapkan pada segala bentuk hiruk-pikuk tentang perkuliahan daring. Pastinya hal ini akan berbanding terbalik dengan apa yang sudah dipikirkan sebelumnya oleh mereka. Pandangan tentang dunia perkuliahan yang akan lebih melegakan dari pendidikan tingkat sekolah menegah seakan harus segera disingkirkan. Karena pada kenyataannya dunia perkuliahan tidaklah semudah apa yang dibayangkan.

~Rasanya seperti soundtrack sinetron Indosiar.. Kumenangiiis… Membayangkan…

Banyak keluh-kesah yang dirasakan oleh para mahasiswa yang menjalaninya ditambah dengan situasi sekarang ini yang seakan mempersulit. Namun tidak sedikit juga yang sudah bisa berdamai dengan keadaan dan mencoba bodo amat membiasakan diri pada perkuliahan daring ditengah pandemi. Untuk menghibur diri, sebagian dari mereka menganggap kuliah daring sebagai kuliah sambil liburan. Tetapi pada dasarnya kuliah daring tetaplah kuliah sebagaimana yang harus dijalankan oleh para mahasiswa.

“Nggak pernah kepikiran sih bakal jadi mahasiswa baru angkatan Corona. Ekspektasinya kalau jadi mahasiswa itu ya bakal asik, duduk di kelas bisa di mana aja, ga bawa buku waktu kuliah juga ngga masalah kayak yang di film-film, dan pastinya bisa pakai baju bebas ala OOTD gitu kalau ke kampus. Eh Tapi malah zonk…”

Keunggulan jurusan kesehatan masyarakat

07 August 2021 13:55:18 Dibaca : 378

Kesehatan Masyarakat merupakan bidang ilmu yang mempelajari pencegahan dan pengobatan penyakit pada individu. Bidang ilmu ini juga bertujuan menjaga dan mempromosikan kesehatan sosial dengan mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan dan metode pencegahan penyakit, kesehatan dalam suatu kawasan, maupun kesehatan di lingkungan kerja. Ahli Kesehatan Masyarakat nantinya memiliki peran dalam bidang promotif dan preventif, sehingga nggak hanya mencegah agar masyarakat yang sehat tidak menjadi sakit, namun juga berupaya agar masyarakat yang masih sehat dapat tetap terjaga kesehatannya.

Lulusan Kesehatan Masyarakat memiliki peluang karier yang luas, Quipperian! Jadi jangan hanya terpaku dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) ya! Berbagai sektor swasta seperti industri dan organisasi memiliki prospek kerja menarik, yaitu bidang QHSE (Quality, Health, Safety and Environment) atau menjadi konsultan kesehatan seperti Global Fund TB dan HIV, Komisi Penanggulangan HIV/AIDS, dan berbagai LSM bidang kesehatan lainnya. Di bidang sarana kesehatan, kamu bisa menjadi administrator layanan kesehatan masyarakat atau bahkan manajer di rumah sakit, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan Kepala Puskesmas. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan, Badan Narkotika Nasional, WHO (World Health Organization), atau menjadi dosen.

Selain mata kuliah yang dipelajari secara teoritis, di jurusan kesehatan masyarakat juga mempelajari mengenai materi dan praktek di lapangan. Contoh praktek yang biasanya dilakukan adalah survei dan investigasi Wabah, Pengolahan Limbah, Perencanaan dan Evaluasi Program Kesehatan, Sosialisasi Kesehatan, Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penyakit, Studi kasus tentang pola hidup sehat masyarakat, dan masih banyak lagi. Meski banyak materi dan praktek yang dipelajari, namun ilmu di jurusan ini sangat diperlukan dan bermafaat langsung bagi masyrakat. Melalui jurusan kesehatan masyarakat anda akan belajar mengenai sosial dan jiwa empati terhadap sesama yang tinggi. Melalui praktek di masyarakat anda akan diajarkan bagaimana menjadi orang yang ramah, pendengar, dan menghargai orang lain di masyarakat. Hal ini agar anda mudah berinteraksi dengan orang lain ketika anda sudah bekerja di masyarakat.

 

Megenal kampus Universitas Negeri Gorontalo

07 August 2021 13:40:30 Dibaca : 13

Universitas Negeri Gorontalo merupakan kampus yang bersejarah , UNG merupakan perguruan tinggi Negeri di Gorontalo yang berdiri pada tanggal 1 september 1963 . Awalnya, kampus ini adalah Junior College yang masih menjadi bagian dari FKIP Universitas Sulawesi Utara-Tengah. Selama lebih dari 50 tahun, universitas ini telah mengalami enam kali perubahan nama dan tujuh kali pergantian pimpinan. Mulai dari berstatus sebagai cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado sampai diresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo, oleh Presiden Megawati pada tahun 2004.

Universitas Negeri Gorontalo mempunyai moto sebagai Kampus Peradaban. Untuk mewujudkannya, kampus ini membuka pintu untuk berbagai upaya pengembangan manusia, termasuk melalui riset dan penelitian. Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd. mengutamakan program tertentu untuk menghadirkan konsep kampus peradaban. Antara lain dengan mendorong jurusan atau program studi untuk bisa mandiri, kreatif dan inovatif tanpa meninggalkan akar budaya lokal.

Menurut Indostudent, pada tahun 2016 Universitas Negeri Gorontalo termasuk 10 universitas terbaik di kawasan Indonesia Timur. Untuk di tingkat nasional, UNG juga tidak kalah bersaing dan masuk dalam kategori 100 universitas terbaik. Berdasarkan data 4International Colleges and Universities, tahun 2016 UNG menempati ranking 72 dari 411 universitas yang terdaftar resmi di Indonesia. Kampus negeri di Provinsi Gorontalo ini juga menempati ranking 1558 di dunia. Hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan, karena universitas lain di wilayah Indonesia Timur seperti Universitas Tadulako, Universitas Hassanudin dan Universitas Sam Ratulangi berada pada peringkat 2000-an di tingkat dunia.

Keterangan Logo Universitas Negeri Gorontalo

1. Kurva segi lima sama sisi adalah ornamen khas daerah Gorontalo melambangkan lima sila dari dasar negara pancasila yang menjadi azas UNG, serta lima sendi peradaban Gorontalo yang disebut {Payu Limo to Talu, Lipu Pei Hulalu}2. Kerangka bunga teratai yang telah mekar penuh mengandung harapan UNG akan menghasilkan SDM yang utuh dan berkualitas.3. Lingkaran bola dunia melambangkan komitmen untuk mencapai visi, misi dan tujuan UNG, sedangkan warna biru melambangkan keamanan dan perdamaian.4. Buku berwarna putih yang terbuka memiliki makna sikap terbuka dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya.5. Pena berbentuk ornamen lima mata melambangkan antara ilmu agama, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya merupakan satu kesatuan yang utuh dalam dunia pendidikan.6. Mahkota raja berwarna hitam dengan hiasan kuning emas melambangkan kebudayaan, keteguhan dan kejayaan suatu martabat. 23 butir emas melambangkan hari bersejarah masyarakat Gorontalo, di mana tanggal 23 Januari 1942 sebagai hari kemerdekaan masyarakat Gorontalo dan sekaligus tanggal 23 Juni 2004 hari peresmian UNG oleh Presiden RI.7. Sayap burung Maleo berwarna jingga melambangkan semangat juang yang tinggi serta gerakan dinamis civitas akademika dalam mengembangkan UNG

Jaman yang semakin moderen , teknologi smartfone dan internet semakin canggih . sekarang tidak hanya pekerjaan atau bisnis saja yang dilakukan online, di sistem pendidikan di dunia pun mengalami perubahan yang sangat drastis karena terhalang dengan virus (covid 19) yang telah menyebar diseluruh dunia . sudah 2 tahun berjalan sampai sekarang semua aktivitas diluar rumah telah dibatasi , hingga mengakibatkan segala aktivitas diluar rumah dilakukan secara online . Universitas yang mendukung aktivitas ini sehingga masalah jarak bahkan biaya di zaman inipun bisa teratasi .

Saat program yang tercetus selain karena teknologi sebagian mahasiswa memiliki kuliah sambil bekerja untuk membantu orang tua mencari uang . sehingga ditengah kesibukan mereka dalam bekerja masih bisa mengatur untuk belajar .

Dimasa PPKM ini UNG tidak melakukan ospek secara offline hanya melalui online dimana segala akses mengenai kampus mahasiswa baru harus terbiasa dengan menggunakan blog , email, link dan lain sebagainya . Mahasiswa baru harus pandai dalam menggunakan internet sebagai akses pembelajaran luring , sehingga aktivitas perkuliahan bisa bertatap muka dengan dosen mereka harus terbiasa menggunakan teknologi separti  webinar,  virtual world, seminar virtual ,dan lain sebagainya .

Mahasiswa dapat megikuti perkuliahan online dimanapun sesuai keinginan mereka dan memiliki koneksi internet yang baik . Bisa menghemat biaya transportasi ataupun tempat tinggal yang jauh dari Universitas Negeri Gorontalo . Tanya jawab dalam perkuliahan bersifat fleksibel karena bisa ditanyakan langsung lewat chat baik kepada dosen maupun teman sekelas .  Mahasiswa dapat melihat kembali materi yang diajarkan apabila materi itu berupa modul .

Kulia online ini mengajarkan kami paramahasiswa untuk lebih bertanggung jawab , kreatif , dan juga mandiri . sehingga membentuk pribadi yang lebih percaya diri .

 Selain punya sisi positif program kuliah online juga memiliki sisi negatif diantaranya adalah :

Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo akan sangat tergantung pada internet , bila ada kendala dalam jaringan proses pembelajaran akan tertinggal lebih jauh . Sangat tergantung pada sifat disiplin , juga kurang disiplin kepada dosen akan tertinggal mata pelajaran dan sanggat berpengaruh kepada nilai (error).  Dalam hal interaksi sosial menjadi sulit karena terbiasa sendiri , perangka komputer atau gadget yang cukup mahal harus membuat mahasiswa bekerja sambil kuliah untuk membeli komputer dan gadget . Sebagian siswa yang telah lulus SMA tidak melanjutkan kuliah karena malas hanya bertatapan lewat komputer dan ada juga yang orang tuanya tidak punya cukup biaya untuk membayar kuliah sehingga mengharuskan anaknya mencari kerja . Kuliah online yang bertatapan langsung dengan komputer membuat mahasiswa jadi malas untuk mengerjakan tugas karena terpengaruh dengan aplikasi yang seru seperti tik tok , instagram ,telegram untuk menonton drakor , game , dan lain sebagainya ,sehingga membuat mereka melupakan tugas .

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong