ARSIP BULANAN : May 2017

ESSAYTELENURSINGUNG KEPERAWATAN UNG

10 May 2017 01:12:17 Dibaca : 112

Danny Des Kartyko Lakoro
841416086
Keperawatan C

TELENURSING

Kemajuan teknologi informasi serta teknologi dibidang kesehatan berdampak terhadap tingginya pemahaman masyarakat terhadap dunia kesehatan, sehingga tenaga kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan berkualitas, profesional dan mengedepankan perkembangan teknologi dibidang kesehatan itu sendiri. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dibidang kesehatan adalah penggunaan metode Telenursing. pelayanan keperawatan di negara-negara maju, di Indonesia sendiri model ini belum berkembang, namun seiring dengan peningkatan prekembangan teknologi informasi di Indonesia terutama tingginya angka penggunaan jaringan internet di Indonesia maka diharapkan Telenursing juga dapat berkembang sebagai trend pelayanan keperawatan di tahun-tahun berikutnya.
Telenursing diartikan sebagai pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan keperawatan jarak-jauh. Telenursing mengacu pada aplikasi teknologi komunikasi untuk meningkatkan layanan keperawatan dengan memanfaatkan saluran elektromagnetik (gelombang magnetik, radio dan optik) untuk menstransmisikan sinyal komunikasi suara, data dan video (International Council of Nurses/ICN, 2001). Dalam memberikan asuhan keperawatan secara jarak jauh maka diperlukan kebijakan umum dari pemerintah untuk mengatur praktek, SOP/standar operasional prosedur, etik dan profesionalisme, keamanan, kerahasiaan pasien dan jaminan informasi yang diberikan. Kegiatan telenursing membutuhkan integrasi antara startegi dan kebijakan untuk mengembangkan praktek keperawatan, penyediaan pelayanan asuhan keperawatan, dan sistem pendidikan serta pelatihan keperawatan.
Untuk dapat diaplikasikan maka ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian yaitu yang pertama faktor legalitas dimana dapat didefinisikan sebagai otononi profesi keperawatan atau institusi keperawatan yang mempunyai tanggung jawab dalam pelaksanaan telenursing, kedua faktor financial dimana Pelaksanaan telenursing membutuhkan biaya yang cukup besar karena sarana dan prasaranya sangat banyak. Perlu dukungan dari pemerintah dan organisasi profesi dalam penyediaan aspek financial dalam pelaksanaan telenursing, ketiga faktor skill yaitu ada dua aspek yang perlu diperhatikan, yaitu pengetahuan dan skill tentang telenursing. Perawat dan pasien perlu dilakukan pelatihan tentang aplikasi telenursing. Terlaksananya telenursing sangat tergantung dari aspek pengetahuan dan skill antara pasien dan perawat. Pengetahuan tentang telenursing harus didasari oleh pengetahuan teknologi informasi dan yang terakhir adalah faktor motivasi Motivasi perawat dan pasien menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan telenursing. Tanpa ada motivasi dari perawat dan pasien, telenursing tidak akan bisa berjalan dengan baik. .
Sehimgga apabila pemerintah menerapkan serta mengembagan telenursing di Indonesia akan menimbulkan dampak yang positif bagi Indonesia sendiri yaitu Mengurangi jarak tempuh bagi daerah daerah yang memiliki keterbatasan kenderaan, efektif dan efisiensi dari sisi biaya kesehatan, pasien dan keluarga dapat mengurangi kunjungan ke pelayanan kesehatan (dokter praktek, ruang gawat darurat, RS dan nursing home), dengan sumber daya minimal dapat meningkatkan cakupan dan jangkauan pelayanan keperawatan tanpa batas geografis serta telenursing dapat mengurangi jumlah kunjungan dan masa hari rawat di RS.
Namun sayang Pelaksanaan telenursing di Indonesia masih belum berjalan dengan baik disebabkan oleh karena keterbatasan sumberdaya manusia, keterbatasan sarana dan prasarana serta kurangnya dukungan pelaksanaan telenursing dari pemerintah. Untuk mensiasati keterbatasan pelaksanaan telenursing bisa dimulai dengan peralatan yang sederhana seperti pesawat telepon yang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat tetapi masih belum banyak dimanfaatkan untuk kepentingan pelayanan kesehatan atau pelayanan keperawatan. Maka dari itu diperlukan kerjasama yang baik antara pemerintah, tenaga kesehatan dan masyarakat Indonesia sendiri.

Daftar pustaka :
PDF Suite 2011 – [ telenursing trend & iss keperawatan indonesia 2020]
https://senyumperawat.com/2015/01/memahami-makna-dan-manfaat-telenursing.html
https://habibjaya.wordpress.com/category/teknologi-keperawatan/

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong