ARSIP BULANAN : March 2014

fungsi teks, logika, dan referensi.

14 March 2014 10:31:35 Dibaca : 92

FUNGSI TEKS

Fungsi teks adalah salah satu kategori fungsi pada microsoft Excel dan icrosoft word adalah yang berisi fungsi-fungsi yang dapat digunakan untuk mengelola data berupa teks/STRING/label/kata/kalimat bahka dapat digunakan untuk mengelola ata numerik tetapi tentunya akan menghasilkan data teks/label. Dan Fungsi teks mengonfersi nilai numerik menjadi teks dan memungkinkan anda menentukan pemformatan tampilan dengan menggunakan string formayt khusus. Fungsi ini berguna dalam situasi dimana anda ingin menampilkan angka dalam format yang lebih mudah dibaca, atau anda ingin menggabungkan angka dengan teks atau simbol. Sebagai contoh, misalkan sel A1 berisi angka 23,5. Utuk memforat angka menjadi mata uang dolar, andabidsa menggunakan rumus (=TEXT(A1,’’$0,00’’)

 

FUNGSI LOGIKA

Fungsi logika pada microsoft excel dignakan untuk menguji suatu kondisi dengan menggunakan syaratan oleh microsoft excel akan dikatakan TRUE (nilai 1) jika syaratnya terpenuhi atau FALSE (nilai 0) jika syaratnya tidak terpenuhi. Syarat yang digunakan untuk menguji suatu kondisi biasa hanya satu syarat, salah satu syarat diabtara beberapa syarat (fungsi OR), dua syarat atau lebih wajib terpenuhi (fungsi AND), atau bukan hanya dengan syarat tertentu (fungsi NOT). Fungsi logika yang akan ita gunakan adalah fuungsi IF, dengan bentuk umum sebagai berikut:

=IF(logical_test;value_if_true ;value_if_false)

Funsi logika dalam melakukan perhitungan, seringkali ditemukan adanya beberapa pilihan yang harus ditentukan. Sebagai contoh, dari nilai mahasiswa akan ditentukan apakah mahasiswa tersebut lulus atau tidak, dan jika lulus apakah predikat ddari nilainya tersebut. Dalam menangani hal ini telah disediakan fungsi untuk percabangan, yaitu dengan menggunakan fungsi IF. Fungsi ini digunakan untuk menguji suatu kondisi aau logika, yang akan menentukan nilai kembali ke-1 jika kondisi tersebut bernilai benar dan menentukan nilaikembali ke-2 jika kondisi tersebut salah. Cara penggunaan:

=IF(kondisi;

[Nilai_jika_benar]

[Nilai_jika_salah]

 

FUNGSI REFERENSI

Beberapa fungsi Referensi

=>. Fungsi AND mengembalikan TRUE jika seluruh argumen adalah TRUE

=>. Fungsi FALSE mengembalikan nilai logika FALSE

=>. Fungsi IF menenukan uji logika yang dijalankan

=>. Fungsi IFERROR mengembalikan nilai yang anda tentukan jika rumus mengevaluasi kesalahan; jika tidak, mengembalikan hasil rumus

=>. Fungsi IFNA mengembalikan nilai yang anda tentukan jika ekspresi menetapkan #N/A, jika tidak, mengembalikan hasil dari ekspresi.

=>. Fungsi NOT mengembalikan logika argumennya

=>. Fungsi OR mengembalikan TRUE jika setiap arumen adalah TRUE

=>. Fungsi TRUE mengembalikan nilai logika TRUE

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong