ARSIP BULANAN : October 2012

fitriakib25@yahoo.com

17 October 2012 18:58:27 Dibaca : 22

1.Tuliskan Pengertian dari ilmu ekonomi !
 Jawab : Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan sumbersumber yang terbatas, dengan cara atau alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa
sebagai pemuas kebutuhan manusia yang (relatif) tidak terbatas.

 

 

 

2.Apa saja yang dipelajari dalam ilmu ekonomi, sebutkan dan jelaskan !

 

 Jawab :

 

1. Interaksi di pasar barang : Interaksi di Pasar Barang (Interaction in Goods Market) Menunjukkan fungsi dan operasi pasar tentang interkasi antara penjual dan pembeli untuk menentukan tingkat harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan di suatu pasar barang.
2. Tingkah laku pembeli dan penjual. : Dalam analisis ini teori mikroekonomi bertitik tolak dari dua pemisahan. Pemisahan yang pertama adalah para pembeli dan penjual menjalankan kegiatan ekonomi mereka secara rasional. Pemisahan yang kedua adalah pera pembeli berusaha memaksimunkan kepuasan yang mungkin dinikmatinya, sedangkan para penjual memaksimumkan keuntungan yang dapat diperolehnya.
Berdasarkan dua pemisahan tersebut teori mikroekonomi menunjukkan;
·  bagaimana seseorang pembeli menggunakan sejumlah pendapatannya (atau uang) untuk membeli barbagai jenis barang yang dibutuhkan, dan

 

·  bagaimana seseorang penjual/produsen menentukan tingkat produksi barang yang dibutuhkan.                                                                                                                                                                                     
3. Interaksi di pasar teratur produksi : . Interaksi di Pasar Faktor Produksi (Interaction in Production Factor Market) Pembeli faktor produksi terdiri dari produsen, dan penjualnya berupa individu – individu pemilik faktor produksi yang akan menghasilkan harga yang biasa terbentuk upah / gajiuntuk tenaga kerja, bunga untuk modal, sewa untuk tanah, dan laba untuk pengusaha.

 

 

 

3.Sebutkan masalah.masalah dalam ilmu ekonomi serta apa manfaat kita belajar ilmu ekonomi ?

 

 Jawab :

 

*Masalah dalam ilmu ekonomi:
Masalah kemiskinan
Masalah Keterbelangkangan
Masalah pengangguran dan kesempatan kerja
Masalah kekurangan modal
Masalah Inflasi
Defisit (Neraca Pembayaran)
*Manfaat belajar ilmu ekonomi :
-Membantu kita mengerti bagaimana caranya manusia memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan sumber daya yang sangat terbatas melalui berbagai alternatif.
Contohnya: satu keluarga dengan penghasilan Rp.2000.000,00/bulan boleh tetap menyekolahkan anank-anaknya dan membelikan mereka tas, sepatu, buku-buku yang tentu saja berbeda mutunya dengan anak-anak dari keluarga yang berpenghasilan Rp.10.000.000,00/bulan
- Membantu kita lebih fokus dalam berbagai kegiatan ekonomi.
Contohnya: kita tidak akan membeli sebuah tas jika kita masih punya yang bagus. Kita tidak akan mengalokasikan dana untuk sesuatu yang tidak penting
- Membuat kita cerdas dan mampu melihat peluang usaha dalam berbagai bidang pekerjaan.
Contohnya: Kita punya teman yang memiliki warnet, di warnet tersebut kita bisa menempatkan sebuah pendingin minuman dengan berbagai jenis minuman ringan. Keuntungan dibagi sesuai persentase yang disepakati.

 

 

 

 

 

4.Apa yang dimaksud dengan :
  a. Barang Ekonomi dan barang bebas : Barang ekonomi adalah barang berguna yang jumlah permintaannya lebih banyak dibandingkan dengan jumlah yang tersedia. Sedangkan barang bebas adalah barang berguna yang jumlah persediaannya lebih banyak dibandingkan dengan jumlah permintaannya.
  b. Barang akhir, barang modal, dan barang antara : barang akhir (final good) adalah barang yang di hasilkan oleh berbagai kegiatan ekonomi dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, barang modal (capital good), sebagian barang dihasilkan bukan untuk memenuhi langsung kebutuhan konsumen, melainkan digunakan untuk menghasilkan barang-barang lain, barang antara (intermediate good), barang-barang yang belum menjadi barang akhir dan masih akan diproses lagi sebelum dapat digunakan oleh konsumen dinamakan barang antara.
  c. Metode diduktif dan metode induktif : Metode deduktif adalah metode pengambilan keputusan untuk hal-hal khusus berdasarkan kesimpulan yang bersifat umum, Metode Induktif adalah mengambil kesimpulan untuk hal-hal umum dari hal khusus.
  d. Citeris paribus dan palancy of  composition : ceteris paribus adalah dalam analisis ekonomi (hubungan dua variabel) harus disadari bahwa kesimpulan yang ditarik berdasarkan asumsi variabel-variabel lain dianggap tidak berubah, Fallacy of Composition adalah apa yang baik dalam skala kecil belum tentu baik dalam skala besar(keseluruhan).
  e. Ekonomi positif dan ekonomi normatif : Ilmu ekonomi positif, berhubungan dg permasalahan yg terkait dengan sebab akibat, merujuk pd analisis dan bukti empiris, Ilmu ekonomi normatif,  melibatkan pandangan etis dan norma-norma keadilan, berkaitan dg etika dan nilai daripada fakta.

 

 

 

5. Ruang Lingkup ilmu ekonomi terbagi atas ekonomi mikro dan ekonomi makro, jelaskan !
Jawab : Ruang lingkup ekonomi mikro adalah produsen dan konsumen. Tradisi berlandaskan teori Adam Smith.Ekonomi mikro dengan demikian memiliki ruang lingkup pada produsen dan konsumen. Produsen dan konsumen tersebut dalam dunia ekonomi yang nyata adalah idnividu-individu pada rumah tangga keluarga, masyarakat, atau perusahaan. Ruang lingkup ekonomi makro adalah usaha masyarakat dan pemerintah dalam mengelola faktor produksi secara efisien. Landasan kajian ekonomi makro adalah teori Keynes Ekonomi makro memusatkan perhatian pada usaha masyarakat sebagai satu kesatuan untuk melakukan efisiensi dalam menggunakan faktor-faktor produksi yang tersedia.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong