Tugas 2

21 September 2012 19:27:39 Dibaca : 87 Kategori : 921411020 tugas 2

Tipe Data Pada DBMS

 

A.  Tipe Data My SQL

1. Tinyint (M) (UNSIGNED) (ZEROFILL)

     Integer yang sangat kecil jangkauan nilainya, yaitu - 128 hingga 127. Jangkauan unsigned adalah 0  hingga 255. 

2. Smallint (M) (UNSIGNED) (ZEROFILL)

    integer yang kecil jangkauan nilainya, yaitu - 32768. jangkauan unsugned adalah 0 hingga 65535.

3. Mediumint (M) (UNSIGNED) (ZEROFILL)

     Integer tingkat menengah, Jangkauan nilainya adalah -8388608 hingga 8388607. jangkauan unsigned adalah 0 hingga 16777215.

4. INT (M) (UNSIGNED) ( ZEROFILL)

     Integer yang berukuran normal. jangkauan nilainya adalah -2147483648 hinggga 2147483647. jangkauan unsigned adalah 0 hingga 4294967295.

5. BIGINT (M) (UNSUGNED) (ZEROFILL)

    Integerberukuran besar. jangkauan nilainya adalah -9223372036854775808 hingga 9223372036854775807. jangkauan unsigned adalah 0 hingga 18446744073709551615


B.  Tipe Data Oracle

1.   Vachar2(size) 

     string yang memiliki panjang karakter variable dengan panjang maxial sebesar size. Tipe data ini memperbolehkan penyimpanan semua karakter yang dapat dimasukkan melelui keyboard. Maksimumsize yang dapat disimpan sebesar 4000 bytes (karakter). Tipe data ini juga memungkinkan untuk menyimpan data numerik. Biasanya space akan langsung dieliminasi jika menggunakan tipe ini.

2.   Char(size) 

     string dengan panjang karakter tetap sebesar ukuran size. tipe data ini mempunyai kemampuan yang hampir sama yakni menyimpan karakter, hanya saja maksimum size yang disimpan hanya sebesar 2000 bytes.

3.   Number(p,s) 

     Tipe data number memiliki presisi p dan s digit dibelakang koma jika kita abaikan p dan s berarti dianggap sebagai tipe number floating point. tipe data ini menyimpan bilangan integer sampai maksimum dari digit integer tersebut. Misal untuk spesifikasi (5,2) berarti 3 digit sebelum koma dan 2 digit dibelakang koma.

4.   Log 

     Data karakter dengan ukuran panjang bervariasi, hingga mencapai 2 GB, (tipe data seperti ini tidak dapat digunakan sabagai primary key).

5.   Date 

    Tipe data ini menyimpan waktu dan tanggal dari sebuah informasi, dengan komponen waktu yang dibulatkan ke detik terdekat. untuk menampilkannya dalam teks harus menggunakan fungsi to_char.

C. Tipe Data POSTGRESQ

1.   Numerik

     jenis numerik dapat menyimpan nomr dengan sampai 1000 digit presisi dan melakukan perhitungan dengan tepat. Hal ini terutama dianjurkan untuk menyimpan sejumlah uang dan jumlah lain di mana ketepatan diperlukan. Namun, aritmatika pada nilai-nilai numerik yang sangat lambat dibandingkan dengan tipe integer, atau ke tipe floating-point yang dijelaskan di bagian selanjutnya.

2.   Karakter

    SQL mendefinisikan dua jenis karakter utama: karakter yang bervariasi (n) dan karakter (n), dimana n adalah bilangan bulat positif. Kedua jenis dapat menyimpan string hingga karakter n (tidak bytes) panjangnya. Sebuah usaha untuk menyimpan string lagi ke dalam kolom jenis akan menghasilkan kesalahan, kecuali kelebihan karakter semua ruang, dalam hal ini string akan dipotong dengan panjang maksimum. (. Ini kecuali agak aneh diperlukan oleh standar SQL) Jika string untuk disimpan lebih pendek dari panjang menyatakan, nilai-nilai karakter jenis akan ruang-empuk, nilai-nilai yang bervariasi tipe karakter hanya akan menyimpan string pendek.

3.   Biner

    Sebuah string biner adalah urutan oktet (atau byte). String biner dibedakan dari string karakter dalam dua cara: Pertama, string biner khusus memungkinkan oktet menyimpan nilai nol dan lainnya "non-printable" octets (biasanya, oktet luar kisaran 32-126). Karakter string melarang nol oktet, dan juga melarang setiap nilai oktet lainnya dan urutan nilai oktet yang valid sesuai dengan encoding set yang dipilih dalam database karakter. Kedua, operasi pada string biner memproses byte yang sebenarnya, sedangkan pengolahan string karakter tergantung pada pengaturan lokal. Singkatnya, string biner yang tepat untuk menyimpan data yang programmer berpikir sebagai "byte mentah", sedangkan string karakter yang sesuai untuk menyimpan teks.

4.   Waktu (Date/Time)

    Tanggal dan waktu input diterima di hampir semua format yang wajar, termasuk ISO 8601, SQL-kompatibel, POSTGRES tradisional, dan lain-lain. Untuk beberapa format, pemesanan hari, bulan, dan tahun di tanggal input adalah ambigu dan ada dukungan untuk menentukan diharapkan memesan bidang ini. Mengatur DateStyle parameter untuk MDY untuk memilih bulan-hari-tahun penafsiran, DMY untuk memilih hari-bulan-tahun penafsiran, atau Ymd untuk memilih tahun-bulan-hari interpretasi.

5.   Boolean Type

    PostgreSQL menyediakan boolean SQL tipe standar. boolean dapat memiliki salah satu dari hanya dua negara: "true" atau "false". Sebuah negara ketiga, "tidak diketahui", diwakili oleh nilai null SQL.

D.  Tipe Data DB2

1. DB2 Everyplace

     Versi ini merupakan versi DB2 yang terkecil, berukurang hanya sekitar 350kb. Versi ini dibuat untuk para pengguna handheld seperti PDA, smartphone

2. DB2 Express   

     Versi ini merupakan entry level data server yang didesign untuk komputer yang memiliki hingga 2 CPU dan memory hingga 4GB dan memiliki sistem operasi Linux, Solaris atau Windows.

3. DB2 Express-C 

     Versi ini merupakan entry level data server yang didesign untuk komputer yang memiliki hingga 2 CPU dan memory hingga 4GB dan memiliki sistem operasi Linux, atau Windows. Versi ini dapat digunakan untuk tujuan evaluasi dan dapat digunakan secara gratis.

4. DB2 Personal Edition 

     Merupakan DBMS untuk single user yang ideal untuk desktop ataupun laptop. Dapat digunakan untuk create, modifikasi dan mengatur banyak database lokal.

5. DB2 Workgroup Server Edition 

     Versi ini merupakan DBMS untuk multi user, client/ server yang didesign untuk komputer yang memiliki hingga 4 CPU dan memory hingga 16GB dan memiliki sistem operasi Linux, Windows, Solaris, Linux, AIX dll. Memiliki fitur yang sama dengan DB2 Express namun dengan skala yang lebih besar.

 

 

source :

http://www.hendrik-perdana.web.id/basis-web/pemrograman-php/141-tipe-tipe-data-yang-didukung-oleh-mysql/

http://itfromzerotohero.wordpress.com/2010/12/02/tipe-data-dalam-oracle/

http://denysutani.wordpress.com/2008/11/11/pengenalan-db2-9/