tugas 1 ( 921411046 )

13 September 2012 15:19:12 Dibaca : 77 Kategori : 921411046tugas

1.      Pengetian :

a.       Basis

b.      Data

Jawab :

-          Basis menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti suatu asas, dasar, atau markas dalam menyediakan informasi pada para pengguna atau user . http://lunarphue.wordpress.com/basis-data/introduction-to-basis-data/

-          Data adalah catatan atas kumpulan  fakta . Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa latin yang berarti "sesuatu yang diberikan", data juga bisa berarti kumpulan file atau informasi dengan tipe tertentu baik suara, gambar atau yang lainnya.

http://www.scribd.com/doc/34961289/Pengertian-data

jadi , pengertian basis data ( database ) kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

2.      Jelaskan pengertian Database Management System !

Jawab : 

Database Management System (DBMS) adalah sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Sistem ini dibuat untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas.http://blog.re.or.id/database-management-system-dbms.htm

contoh dari DBMS :

1. MICROSOFT ACCESS

Microsoft Access atau Microsoft Office Access adalah program aplikasi dari Microsoft yang ditujukan untuk kalangan rumahan atau perusahaan kecil menengah karena kapasitas datanya sangat terbatas. Microsoft Access menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Access Engine.

2. MICROSOFT SQL SERVER.

Microsoft SQL Server adalah program Sistem Manajemen Dasis Data Relasional. Susunan dari Microsoft SQL Server dibagi menjadi tiga komponen. SQL OS yang melakukan layanan utama pada SQL Server, misalnya mengatur aktifitas, pengaturan memori, dan pengaturan Input/Output. Relational Engine yang bekerja sebagai penghubung komponen database, tabel, query, dan perintah tersimpan dan Protocol Layer yang mengatur fungsi-fungsi SQL Server.

3. ORACLE

Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya dalam hal sebagai berikut:

- Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar)

- Menangani manajemen space dan basis data yang besaR

- Mendukung akses data secara simultan

- Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi

- Menjamin ketersediaan yang terkontrol

- Lingkungan yang tereplikasi

4. MySQL

My SQL adalah perangkat lunak sistem manajemen basis data yang diciptkan untuk dapat dilakukan instalasi secara gratis (open source). Hingga saat ini MySQL telah lebih dari 6 juta instalasi