ARSIP BULANAN : October 2012

PERINTAH/BAHASA BASIS DATA

03 October 2012 18:43:20 Dibaca : 782

 

1.DDL (Data Definition Language)

 

Merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat mengubah dan menghapus struktur dan definisi metadata dari objek-objek database.

 

Seperti definisi yang telah dijelaskan di atas, DDL adalah kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat (create), mengubah (alter) dan menghapus(drop)struktur dan definisi tipe data dari objek-objek database.

 

Objek-objek database pada yang dimaksud - pada MySQL - adalah sebagai berikut :

 

·         Database

·         Table

·         View

·         Index

·         Procedure (Stored Procedure)

·         Function

·         Trigger

 

Contoh penggunaan bahasa DDL pada bahasa SQL

 

1.Pembuatan (CREATE)

CREATE DATABASE

CREATE FUNCTION

CREATE INDEX

CREATE PROCEDURE

CREATE TABLE

CREATE TRIGGER

CREATE VIEW

 

 

2.Perubahan (ALTER & RENAME)

 

·         ALTER DATABASE

·         ALTER FUNCTION

·         ALTER PROCEDURE

·         ALTER TABLE

·         ALTER VIEW

·         RENAME TABLE

 

3.Penghapusan (DROP)

 

·         DROP DATABASE

·         DROP FUNCTION

·         DROP INDEX

·         DROP PROCEDURE

·         DROP TABLE

·         DROP TRIGGER

·         DROP VIEW

 

4.TRUNCATE : menghapus semua catatan dari tabel termasuk semua ruang yang dialokasikan untuk semua catatan yang dihapus

 

5.COMMENT : menambahkan komentarpada datakamus

merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk proses pengolahan isi datadi dalam table seperti memasukkan, merubah dan menghapus isi data dan tidak terkait dengan perubahan struktur dan definisi tipe data dari objek database.

 

Contoh

 

·         Insert: Merupakan perintah yang dilakukan untuk melakukan penyisipan. Umunya penyisipan dilakukan langsung ke base table yaitu tabel utama,tabel dasar atau fisik. Ada dua jenis penyisipan yaitu :

 

·         Menambah anggota relasi langsung lewat base tables

·         Menambah suatu relasi melalui suatu views sehingga mungkin menghasilkan penambahan lebih dari satu baris pada base tables

 

·         Update Merupakan perintah yang digunakan untukmengubah data yang memenuhikondisitertentu yang dideskripsikandengan where.Adaduajenis update yaitu :

 

·         Memodifikasianggotalangsungdari base tables.

·         Memodifikasianggotarelasimelaluisuatu views.

 

·         Delete: Merupakanperintah yang digunakan untuk menghapus data yang memenuhi kondisi tertentu yang dideskripsikan dengan:

 

·         Menghapus anggota langsung dari base tables.

·         Menghapus anggota relasi melalui suatu views.

 

·         Select: Merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan operasi seleksi yang dinyatakan dalam bentuk suatu query dalam bahasa tertentu dengan operasi model data relasional.

·         Views: Merupakan perintah yang digunakan untuk memudahkan proses untuk dapat membuat tabel virtual ataumaya yang dapat merupakan kombinasi berbagai base tables yang dihubungkan dengan kesamaan kondisi tertentu.View adalah tabel semu yang berarti secara fisik data tidak tersimpan dalam basis data,tetapi secara lojik dapat berfungsi seolah-olah tabel.Pada dasarnya tabel virtual adalah :

 

·         Merupakan hasil proses seleksi yang mewakili kacamata user tertentu.

·         Dapat digunakan untuk melakukan retrieval,insert,delete dan update

·         Data Control Language

2.DML (data manipulation language)

Data manipulation language adalah keluarga dari elemen sintaks mirip dengan komputer       bahasa pemrograman yang digunakan untuk memasukkan, menghapus dan memperbarui data dalam basis data . Melakukan read-only query dari data kadang-kadang juga dianggap sebagai komponen dari DML.

Sebuah bahasa manipulasi data populer adalah bahwa dari Structured Query Language (SQL), yang digunakan untuk mengambil dan memanipulasi data yang dalam database relasional . Bentuk lain dari DML adalah yang digunakan oleh IMS / DLI, CODASYL database, seperti IDMS dan orang lain.

Bahasa manipulasi data terdiri dari laporan data perubahan SQL, yang memodifikasi data yang disimpan tapi tidak skema atau database objek. Manipulasi objek database persisten, misalnya, meja atau disimpan prosedur, melalui laporan skema SQL, dan bukan data yang tersimpan dalam diri mereka, dianggap sebagai bagian dari terpisah bahasa definisi data . Dalam SQL kedua kategori serupa dalam sintaks rinci, tipe data, ekspresi dll, namun berbeda dalam fungsi mereka secara keseluruhan.

Bahasa manipulasi data memiliki kemampuan fungsional mereka diselenggarakan oleh kata awal dalam sebuah pernyataan, yang hampir selalu merupakan kata kerja . Dalam kasus SQL, kata kerja ini adalah:

 

 

3.DATA CONTROL LANGUANGE

 

                              Perintah-perintah yang termasukdalam data control language adalah:

 

·         Commit: Merupakan perintah yang digunakan untuk memindahkan transaksi dari memory pemrosesan ke database atau menyimpan secara permanen perubahan-perubahan kedalam database.

·         Rollback: Merupakan perintah yang digunakan untuk membatalkan transaksi yang belum di commit atau membatalkan perubahan-perubahan terakhir dari perintah commit/rollback terakhir.

·         Grant: Merupakan perintah yang digunakan untuk member hak akses bagi seorang user terhadap suatu tabel atau view.

·         Revoke: Merupakan perintah yang digunakan untuk menghapus hak akses bagi seorang user terhadap suatu tabel atau view.

 

4.DATA QUERY LANGUAGE (DQL)

 

DQL sering disebut juga dengan statement ritrieval, yang digunakan untuk mengambil data pada suatu tabel dan mengatur bagaimana data tersebut ditampilkan dalam aplikasi. Reservet word SELECT merupakan Verb yang paling umum digunakan dalam DQL (bahkan dalam seluruh statement SQL). Reservet word Line dalam kategori ini yang umum digunakan adalah WHERE,ORDER BY, GROUP BY, DAN HAFING. Reservet word ini biasanya digunakan bersama dengan kategori lain dalam statement SQL.

 

 

 

 

 

 

 

.