ARSIP BULANAN : October 2012

bahasa-bahasa dan perintah DBMS

03 October 2012 19:53:49 Dibaca : 180

1.      DDL : Data Definition Language (DDL) pernyataan yang digunakan untuk mendefinisikan struktur database atau skema. Data Definition Language pemahaman dengan skema database dan menjelaskan bagaimana data harus terdiri dalam database, sehingga laporan bahasa seperti CREATE TABLE atau ALTER TABLE milik DDL. DDL adalah tentang "metadata".

 

 

 perintah - perintah yang termasuk dalam DDL antara lain :

 

·         Create
Biasa digunakan untuk membuat suatu tabel.Digunakan untuk mengedit tabel yang telah ada. dalam pengeditan tabel ini ada beberapa kemungkinan, diantaranya adalah mengubah dalam artian memodifikasi salah satu atau beberapa field pada tabel tersebut atau dalam artian menambah satu atau beberapa field pada tabel tersebut.

 

·         Alter

 

Digunakan untuk mengedit tabel yang telah ada. dalam pengeditan tabel ini ada beberapa kemungkinan, diantaranya adalah mengubah dalam artian memodifikasi salah satu atau beberapa field pada tabel tersebut atau dalam artian menambah satu atau beberapa field pada tabel tersebut.

 

·         Drop

 

Terkadang anda diharuskan menghapus sebuah tabel yang telah anda buat, hal ini mungkin disebabkan karena tabel yang anda buat salah, atau tidak diperlukan. untuk itu digunakan perintah Drop

 

 

 

 2.      DCL-adalah abstrak Bahasa Control Data. Bahasa Kontrol Data mencakup perintah seperti GRANT, dan kekhawatiran dengan hak, hak akses dan kontrol lain dari sistem database. DCL digunakan untuk memberikan / mencabut hak akses pada database dan isinya. DCL sederhana, namun MySQL perizinan yang sedikit rumit. DCL adalah tentang keamanan. DCL digunakan untuk mengendalikan pernyataan transaction.DCL database yang memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa yang memiliki akses ke objek tertentu dalam database Anda.

 

a.      GRANT

 

b.      REVOKE

 

 

 GRANT: Memberikan hak akses pengguna ke database. Dalam database MySQL menawarkan administrator dan pengguna sebagian besar dari         pilihan kontrol. Dengan sisi administrasi proses termasuk kemungkinan untuk administrator untuk mengontrol hak pengguna tertentu atas server MySQL dengan membatasi akses mereka ke seluruh database atau ust membatasi izin untuk table.It tertentu Menciptakan sebuah entri dalam sistem keamanan yang memungkinkan pengguna dalam database saat ini untuk bekerja dengan data dalam database saat ini atau mengeksekusi pernyataan tertentu.

 

 

 3.      DML-Data Manipulation Language (DML) pernyataan yang digunakan untuk mengelola data dalam obyek skema penawaran DML dengan manipulasi data, dan oleh karena itu termasuk pernyataan SQL yang paling umum seperti SELECT, INSERT, dll DML memungkinkan untuk menambah / mengubah / menghapus data itu sendiri.

 

DML digunakan untuk memanipulasi dengan data yang ada dalam objek database (insert, pilih, memperbarui, menghapus).

 

 Perintah DML adalah sebagai berikut :

 

a.       Delete

 

perintah ini berfungsi untuk menghapus suatu data record  pada table

 

b.      Insert

 

Perintah untuk menyisipkan data atau record  baru pada table, Data baruyang di masukan tersebut akan mengurut menempati field yang kita sebutkan padasaat mendefinisikan fieldnya, jika memasukan data baru dengan data yangberbeda tipenya, maka SQL akan memberikan pesan Error.

 

c.       Select

 

Select menerapkan perintah yang sangat penting di SQL karena denganselect  kita bisa membuat tabel virtual dari berbagai macam tabel.Select  dapatmengimplementasikan konsep relasi untuk memanipulasi data record.

 

d.      Update

 

Melakukan perubahan data record  atau  field pada suatu table.

 

4.      DQL adalah bahasa yang digunakan untuk query Documentum, yang merupakan sebuah sistem manajemen konten yang digunakan untuk membuat, mengelola, memberikan, dan arsip semua jenis konten dari dokumen teks dan spreadsheet untuk gambar digital, HTML, XML dan komponen.

 

 DQL (Documentum Query Language) adalah bahasa query yang memungkinkan Anda untuk melakukan query yang sangat kompleks yang melibatkan:

 

a.       Properti pencarian

 

b.      Pencarian untuk kata-kata dan frase dalam dokumen

 

c.       Kemampuan lainnya pencarian khusus ditambahkan untuk dokumen dan manajemen       konten.DQL menggunakan sintaks yang merupakan superset dari ANSI-SQL standar (Structured Query Language).