ARSIP BULANAN : September 2012

Tipe-tipe data dalam Database management Sistem!!!

19 September 2012 10:25:48 Dibaca : 1267

 

 

Berbagai Tipe-tipe data pada DMS (Database Management Sistem):

 

A. Tipe Data pada MySQL DMS

 

 1. CHAR(M) [BINARY]

 

String yang memiliki lebar tetap. Nilai M adalah dari 1 hingga 255 karakter. Jika ada sisa, maka sisa tersebut diisi dengan spasi (misalnya nilai M adalah 10, tapi data yang disimpan hanya memiliki 7 karakter, maka 3 karakter sisanya diisi dengan spasi). Spasi ini akan dihilangkan apabila data dipanggil. Nilai dari CHAR akan disortir dan diperbandingkan secara case-insensitive menurut default character set yang tersedia, kecuali bila atribut BINARY disertakan.

 

  2. PHYSICAL DATABASE DESIGN

 

Phisical database design adalah suatu proses untuk menghasilkan gambaran dari implementasi basis data pada tempat penyimpanan, menjelaskan dasar dari relasi, organisasi file dan indeks yang digunakan untuk efisiensi data dan menghubungkan beberapa integrity constraints dan tindakan keamanan (Connolly,2002,p478).

 

              B. Tipe Data pada PL/SQL

 Selain tipe data yang ada di Oracle SQL, PL/SQL menyediakan beberapa tambahan tipe data yang dapat dideklarasikan sebagai berikut:

 

1. NUMBER [(p [,s])]

        Tipe data numerik dengan p angka penting dan sejumlah s angka penting di belakang koma. Nilai p adalah integer dengan nilai maksimal 38 dan nilai s berada pada rentang -84 sampai dengan 127. Nilai s negatif berarti pembulatan sampai dengan 10s terdekat.

 2. NVARCHAR2(n)

      Data karakter dengan panjang tidak tetap. Panjang maksimum sama dengan 32767 byte. Nilai n maksimum bergantung pada national character set yang dipakai.

 3. ROWID

      Identitas baris pada suatu tabel-index yang dinyatakan dengan string heksa desimal. Identitas tersebut menunjukkan posisi baris data. Tipe data ini merupakan balikan dari kolom palsu ROWID.

 

              C. Tipe Data Pada Microsoft Access

 

1. CURRENCY

          adalah tipe data yang berisikan angka yang melibatkan 1 sampai 4 angka di belakang koma (desimal). Tipe data ini mampu terlibat dalam perhitungan sampai 15 digit di depan koma, dan 4 digit di belakang koma. Panjangnya 8 byte.

 2. OLE OBJECT

          adalah tipe data yang berisikan bermacam-macam object, seperti file Ms Word, spreadheet milik Ms Excel, grafik, gambar, dan sebagainya. Ukurannya tak terbatas, tergantung dari kapasitas hardisk.

 3. DECIMAL

           Berukuran besar, menampung bilangan non-pecahan dengan sebesar 28 bit (=14 byte) hexa. Pilihan ini sebaiknya hanya diperlukan apabila memang data yang diolah angkanya sangat besar, karena tipe data ini memboroskan kapasitas ruang simpan database.

 

                 D. Tipe Data Pada Oracle

 1. CHAR(SIZE)

          String dengan panjang karakter tetap sebesar ukuran size. Tipe data ini mempunyai kemampuan yang hampir sama yakni menyimpan karakter, hanya saja maksimum size yang disimpan hanya sebesar 2000 bytes.

 2. CLOB

          Adalah Tipe data ini memperbolehkan penyimpanan objek dengan ukuran yang sangat besar sekitar 4 GB. Clob mirip sekali dengan varchar2 hanya saja tipe data ini mempunyai kapasitas maksimum yang lebih besar.

 3. LONG RAW

           Adalah Tipe data berupa binary data dengan ukuran maksimal 2 GigaBytes tidak dikonversi oleh oracle (data mentah apa adanya, spasi dihitung 1 karakter).

 

               E. Tipe Data Pada DB2 Ekspres

 1. DB2 EXPRESS

           Merupakan entry level data server yang didesign untuk komputer yang memiliki hingga 2 CPU dan memory hingga 4GB dan memiliki sistem operasi Linux, Solaris atau Windows. Ada beberapa fitur penting di versi ini yaitu,

 

  • PUREXML

    Menyediakan akses yang sederhana dan efisien ke data XML dengan keamanan dan integritas yang sama dengan relational data.

  •   HIGH AVAILABILITY

        Menyediakan ketahanan 24 x 7 pada DB2 data server. 3 bagian yang menyusun fitur ini adalah   HADR, Online Reorganization, dan IBM TSA MP.

  •   WORKLOAD MANAGEMENT

                Fitur ini aktif memonitoring penggunaan query dan mengaturnya agar berjalan secara efisien.

  •   DB2 HOMOGENOUS FEDERATION FEATURE

                Fitur ini menyediakan kemampuan untuk mengatur dan mengakses multiple data server.

   

 

Catatan : Semua dari Tipe-tipe diatas seluruhnya termasuk dalam aplikasi pendukung dari pembuatan DMS (Database Management Sistem). Jadi bisa dikatakan Tipe-tipe dalam DMS..

 

 

 

Database dan Aplikasinya!!!!

12 September 2012 17:37:43 Dibaca : 563

A. Pengertian Database

 

Asal Mula Istilah Database

     Istilah “Database” berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, postingan saya kali ini mengenai database komputer. Catatan yang mirip dengan database sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan sekumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.

         Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi pada para pengguna atau user. Suatu system basis data terdiri dari empat komponen yaitu data, yang secara fisik menyimpan informasi-informasi. Database management system (dbms) yaitu software yang mengelola basis data, data description language (DDL) dan Data Manipulation languages (DML) yaitu basis data yang berfungsi untuk mendeskripsikan data ke database management system (DBMS) dan juga member fasilitas untuk perubahan, pemeliharaan, dan pengelolaan basis data, dan program aplikasi yang memudahkan pengguna akhir untuk menggunakan data dan mendapatkannya sebagai informasi yang sesuai.

          Data Management Syistem (DBMS) adalah sebuah perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk membuat Database yang didalamnya pengguna tersebut dapat menyimpan data yang kemudian dapat diolah untuk menjadi informasi. Jadi, dengan kata lain Database tidak lagi disimpan secara manual ataupun alamiah didalam otak, tetapi sudah ada perantara yang dapat menyimpan, mengatur, serta megolah untuk kemudian dihasilkan menjadi informasi.

 

B. APLIKASI-APLIKASINYA

 

1. PostgreSQL adalah sebuah object-relational database management system (ORDBMS) yang bersifat open source. PostgreSQL adalah database yang powerful dan tidak kalah dengan database komersil sekelasnya Oracle, Sybase maupun Informix.

 

2. SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language.SQL merupakan bahasa komputer standard ANSI ( American National Standard Institude ).Dengan SQL kita dapat mengakses database, menjalankan queri untuk mengambil data dari database, menambahkan data ke database, menghapus data di dalam database, dan meng-update data di dalam database.

 

 

 

3. MySQL (My Structure Query Language) atau yang biasa dibaca “mai-se-kuel” adalah sebuah program pembuat database yang bersifat open source dan berjalan di semua platform baik Windows maupun Linux. Selain itu, MySQL juga merupakan program pengakses database yang bersifat jaringan sehingga dapat digunakan untuk aplikasi Multi User (Banyak Pengguna).

 

 

 

 

4. Microsoft Accessadalah program pengolah data base yang canggih yang biasanya digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah yang misalnya, untuk menampung daftar pelanggan, pendataan data keryawan, dan lain sebagainya.

 

 

 

5. Clipper adalah bahasa pemrograman yang lebih ditujukan untuk pengelolaan data. Clipper terkenal pada dekade tahun 80-an sampai pertengahan 90-an. Clipper dimasukkan ke dalam kelompok keluarga Xbase, yaitu dBase, Clipper.

 

 

 

 

 

 

<!--[if gte mso 9]>

Pengertian Database

12 September 2012 09:38:03 Dibaca : 127

Database adalah Kumpulan data sistematis yang disediakn oleh komputer yang dapat digunakan oleh suatu program komputer yang dapat diambil informasi dari basis satu tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil data (Query) disebut dengan manajemen basis data (database manajemen system).