ARSIP BULANAN : September 2012

tugas.1.921411206

11 September 2012 13:05:02 Dibaca : 68

Sejarah Singkat Munculnya Komputer

 

Gagasan tentang komputer dan sejarah komputer sebagai alat hitung mulai muncul pertama kali pada tahun 1822, ketika seorang ahli matematika bangsa Inggris yaitu Charles Babbage menciptakan suatu mesin hitung yang disebut difference engine. Mesin tersebut dipakai untuk menghitung tabel-tabel matematik.
Kemudian pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine dengan konsep yang lebih mendalam dan umum. Mesin yang baru ini dinamakan analytical engine. Mesin ini dapat melaksanakan kalkulasi apa saja, sehingga mesin inilah yang untuk pertama kali dikenal sebagai general purpose digital komputer.

 

http://4.bp.blogspot.com/-s4FIyre1bdk/UBYpV7wfLbI/AAAAAAAAAqA/nbuogsuqDao/s320/komputer-tertua.jpg

 



Sumbangan Charles Babbage ini sangat besar bagi dunia komputer zaman sekarang karena prinsip kerja dari kedua mesin itu merupakan dasar kerja komputer sekarang, termasuk di dalamnya peralatan input, memory komputer, stoed program dan lain-lain. Karena sumbangan yang sangat besar ini, Charles Babbage dianggap sebagai bapak komputer modern.

Kemudian pada tahun 1937, Prof. Howard Aikem, seorang ahli matematika dari Universitas Harvard mulai merancang pembuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis. Komputer tersebut mulanya secara mekanik elektronik. Kemudian dengan bantuan perusahaan IBM, pada tahun 1944, komputer tersebut terselesaikan secara elektronik. Komputer yang baru diberi nama “Harvard Mark I Automatic Sequence-Controlled Calculator (ASCC). Komputer inilah yang merupakan suatu realisasi dari apa yang diimpikan oleh Charles Babbage. Komputer Harvard Mark I ini, jika dibandingkan dengan komputer sekarang tentu mempunyai perbedaan yang sangat menyolok, terutama dalam hal kecepatan.

 

 

 

 

 

PERANGKAT LUNAK DATABASE

 

Perangkat Lunak Database

 

Pengertian Perangkat Lunak Database dan manajemen informasi pribadi

 

Database

 

 

 

 secara umum adalah sekumpulan data yang tersimpan secara elektronik pada komputer. Sedangkan secara khusus, database adalah seumpulan file pada sistem komputer yang saling terhubung. File-file ini diatur sesuai dengan kesamaan elemennya sehingga dapat dengan mudah mencari data yang diinginkan. Perangkat lunak database biasa disebut Sistem Manajemen Database, yaitu program untuk membuat dan mengelola struktrur database dan mengakses data.

 

Keunggulan Perangkat Lunak Database

 

Dulu setiap kantor administrasi perguruan tinggi (kantor registrasi, finansial, asrama, dll) memiliki file tersendiri tentang mahasiswanya. Jika data tersimpan dalam file yang terpisah-pisah, data yang sama akan terulang pada banyak file sehingga dimungkinkan adanya redundansi. Misalnya, alamat seorang mahsiswa ditulis berulang-ulang, di setiap kantor administrasi. Itulah sebabnya perangkat lunak memiliki dua keunggulan.

 

Integrasi

 

Dengan perangkat lunak database, data tidak disimpan pada file yang berbeda. Sehingga alamat mahasiswa hanya perlu dicatat sekali dan semua kantor administrasi dapat mengakses informasi yang sama.

 

Integritas

 

Yaitu data harus selalu akurat dan up-to-date.

 

Database sekarang tidak hanya berisi tulisan, tapi dapat berisi gambar, suara, bahkan animasi. Bahakan misalnya data pribadi anda diperusahaan masa depan akan memuat foto dan rekaman suara anda. Saat ini program database untuk mikrokomputer banyak memakai Microsoft Access dan FileMakerPro.

 

Dasar-dasar : Bagaimana database bekerja

 

Beberapa fitur pokok database antara lain :

 

o Pengaturan database Relasional : Tabel, Record, dan Field

 

Format database yang paling serang digunakan terutama untuk PS adalah database relasional, dimana data terorganisasi dalam bentuk tabel-tabel yang berhubungan. Setiap tabel berisi baris, yang disebut record dan kolom, yang disebut field. Contoh record adalah alamat rumah seseorang (berisi : nama, jalan, alamat, kota, dll). Contoh field adalah nama belakang seseorang, lalu field kedua adalah nama depannya, dan field ketiganya adalah alamatnya.

 

o Penghubung Record : Key

 

Pada database relasional, key (key field/sort key/ index/ keyword) adalah field yang digunakan untuk mengurutkan data. Key field yang paling sering digunakan di Amerika adalah SSN (Social Security Number) dan di Indonesia adalah nomor KTP/SIM. Key biasanya berupa pengidentidfikasian unik, misal NIP atau NIM. Sebagian besar sistem Manajemen database membolehkan memakai lebih dari 1 key, sehinggga dapat mengurutkan record dengan banyak cara. Key pertama bernama Primary Key yang harus memiliki nilai unik untuk setiap record. Sedang field lain yang mengidentifikasikan record ditabel lain dinamakan foreign key. Dan digunakan untuk menghubungkan data (cross-reference) diantara tabel-tabel relasional.

 

o Mencari data yang diinginkan : Query dan Menampilkan Record

 

Daya tarik perangkat lunak database terletak pada kemampuan untuk mencari record secara cepat. Sebagai contoh, beberapa kantor administrasi kampus membutuhkan data mahasiswa untuk beragam keperluan (registrasi, finansial, dan asrama) salah atu kantor dapat melakukan query pada record (mencari dan menampilkan record), dengan menampilkannya dilayar komputer.

 

 

 

penggalan database

10 September 2012 08:35:00 Dibaca : 42

database atau basas data adalah kumpulan informasi yg d simpan di dlm komputer secara otomatis hingga dpt d periksadgn menggunakan satu aplikasi dlm mempeoleh informasi.