SOE HOK GIE

23 September 2013 11:29:36 Dibaca : 29

Biografi Soe Hok Gie, Profil Seorang Demonstran yang Giat di Alam Bebas

Biografi Soe Hok Gie

Biografi Soe Hok Gie (1942-1969). Lahir sebagai keturunan China, Gie menjelma menjadi sosok yang sangat kontras dan Profil seorang manusia yang sangat langka pada masanya. Soe Hok Gie adalah anak keempat dari lima bersaudara dari pasangan Soe Lie Pit dan Nio Hoe An. Mungkin karena ayahnya ini seorang penulis sehingga Gie dikenal menyukai sastra sejak masih SD, bahkan sudah membaca karya karya dari Pramoedya Ananta Toer.

Pada waktu kelas dua di sekolah menangah ini, prestasi Soe Hok Gie buruk. Bahkan ia diharuskan untuk mengulang. Tapi apa reaksi Soe Hok Gie? Ia tidak mau mengulang, ia merasa diperlakukan tidak adil. Akhirnya, ia lebih memilih pindah sekolah dari pada harus duduk lebih lama di bangku sekolah. Sebuah sekolah Kristen Protestan mengizinkan ia masuk ke kelas tiga, tanpa mengulang.

Soe Hok Gie Selepas SMP

Selepas dari SMP, ia berhasil masuk ke Sekolah Menengan Atas (SMA) Kanisius jurusan sastra. Selama di SMA inilah minat Soe Hok Gie pada sastra makin mendalam, dan sekaligus dia mulai tertarik pada ilmu sejarah. Selain itu, kesadaran berpolitiknya mulai bangkit. Dari sinilah, awal pencatatan perjalanannya yang menarik itu; tulisan yang tajam dan penuh kritik.

Ada hal baik yang diukurnya selama menempuh pendidikan di SMA, Soe Hok Gie dan sang kakaknya (Soe Hok Djin) berhasil lulus dengan nilai tinggi. Kemuidan kakak beradik ini melanjutkan ke Universitas Indonesia. Soe Hok Gie memilih ke fakultas sastra jurusan sejarah , sedangkan Hok Djin masuk ke fakultas psikologi.

Masa Kuliah Soe Hok Gie

Di masa kuliah inilah Gie menjadi aktivis kemahasiswaan. Banyak yang meyakini gerakan Gie berpengaruh besar terhadap tumbangnya Soekarno dan termasuk orang pertama yang mengritik tajam rezim Orde Baru.

Gie sangat kecewa dengan sikap teman-teman seangkatannya yang di era demonstrasi tahun 66 mengritik dan mengutuk para pejabat pemerintah kemudian selepas mereka lulus berpihak ke sana dan lupa dengan visi dan misi perjuangan angkatan 66. Gie memang bersikap oposisif dan sulit untuk diajak kompromi dengan oposisinya.

Salah satu sejarah yang berhasil dicetak Gie, dan kita sebagai penggiat alam bebas patut mengacungkan jempol adalah dedikasinya dalam mendirikan Mapala UI. Salah satu kegiatan pentingnya adalah naik gunung. Pada saat memimpin pendakian gunung Slamet 3.442m, ia mengutip Walt Whitman dalam catatan hariannya,

“Now I see the secret of the making of the best person. It is to grow in the open air and to eat and sleep with the earth”.

Pikiran Pikiran Soe Hok Gie

Pemikiran dan sepak terjangnya tercatat dalam catatan hariannya. Pikiran-pikirannya tentang kemanusiaan, tentang hidup, cinta dan juga kematian. Tahun 1968 Gie sempat berkunjung ke Amerika dan Australia, dan piringan hitam favoritnya Joan Baez disita di bandara Sydney karena dianggap anti-war dan komunis. Tahun 1969 Gie lulus dan meneruskan menjadi dosen di almamaternya.

Bersama Mapala UI Gie berencana menaklukkan Gunung Semeru yang tingginya 3.676m. Sewaktu Mapala mencari pendanaan, banyak yang bertanya kenapa naik gunung dan Gie berkata kepada teman-temannya:

“Kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami. Kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal objeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung.”

8 Desember sebelum Gie berangkat sempat menuliskan catatannya: “Saya tak tahu apa yang terjadi dengan diri saya. Setelah saya mendengar kematian Kian Fong dari Arief hari Minggu yang lalu. Saya juga punya perasaan untuk selalu ingat pada kematian. Saya ingin mengobrol-ngobrol pamit sebelum ke semeru. Dengan Maria, Rina dan juga ingin membuat acara yang intim dengan Sunarti. Saya kira ini adalah pengaruh atas kematian Kian Fong yang begitu aneh dan begitu cepat.” Hok Gie meninggal di gunung Semeru tahun 1969 tepat sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-27 akibat menghirup asap beracun di gunung tersebut. Dia meninggal bersama rekannya, Idhan Dhanvantari Lubis. Selanjutnya catatan selama ke Gunung Semeru lenyap bersamaan dengan meninggalnya Gie di puncak gunung tersebut.

Makam Soe Hok Gie

24 Desember 1969 Gie dimakamkan di pemakaman Menteng Pulo, namun dua hari kemudian dipindahkan ke Pekuburan Kober, Tanah Abang. Tahun 1975 Ali Sadikin membongkar Pekuburan Kober sehingga harus dipindahkan lagi, namun keluarganya menolak dan teman-temannya sempat ingat bahwa jika dia meninggal sebaiknya mayatnya dibakar dan abunya disebarkan di gunung. Dengan pertimbangan tersebut akhirnya tulang belulang Gie dikremasi dan abunya disebar di puncak Gunung Pangrango.

Soe Hok Gie memang telah tiada, tetapi sebenarnya ia masih hidup, hidup lewat karya karyanya, kutipan kutipan yang begitu dalam, juga semangat yang terus menular ke generasi muda sekarang.

Kehidupan.

18 February 2013 12:59:31 Dibaca : 0

Maafkanlah kesalahan kecil yang dilakukan sesorang terhadap anda, karena akan membuat orang lain memberikan maaf terhadap kesalahan besar yang anda lakukan

Kebahagiaan yang kita peroleh tidak harus berasal dari segala sesuatu yang terbaik, tetapi cukup dari hal kecil yang dapat membaut kita tersenyum

Inilah hidup ku, inilah pekerjaan ku, aku harus mencintainya, aku harus berjuang dengannya, aku harus menggapainya, aku harus sanggup menjalankannya, dan aku hanya berharap ini semua akan dapat menjadi salah satu yang terbaik dari semua.

Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam hidup, karena itu jangan pernah takut akan sesuatu yang dapat hilang dari perjalanan hidup kita

Sesuatu yg tdk dpt dimiliki baiknya, diikhlaskan demi suatu kepuasan serta kebahagiaan

Jalani semuanya dengan iklas, maka tidak akan ada halangan dan rintangan satu pun yang tidak dapat di lewat

Jangan pernah puas terhadap apa yang telah ada miliki saat ini,tetapi berusahalah terus untuk sesuatu yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya

Kalau uang bisa membuatku melupakan sahabat terbaikku, maka aku lebih memilih untuk tidak punya uang sama sekali

Jika kita selalu memikirkan hal-hal yang kecil,maka kita tidak akan pernah dapat berfikir untuk hal-hal yang besar

Masalah adalah bagian dari hidup,jika kita menikmatinya,maka kita akan merasa mendapat anugrah dari setiap penyelesaianya

Kita mungkin tidak memiliki kompas atau peta, tetapi kita semua dikaruniai hati agar dapat menentukan arah mana yg pantas untuk kita tuju

Ketika cobaan datang menghadang, jangan memohon akan kemudahan, mohonlah kekuatan dan kebijaksanaan tuk mampu melaluinya

Jangan terus ratapi kegagalanmu, kegagalan bukan berarti Tuhan menghukummu, Tuhan hanya mengarahkan dirimu kembali

Sesungguhnya kita sering menyalahkan situasi yang kita hadapi, namun ternyata situasilah yang mendewasakan kita

Bila kasih sayang harus berakhir dengan kesedihan, jangan pernah menyesal dengan sebuah pertemuan, karena orang yang telah membuatmu sedih, adalah orang yang pernah membuatmu bahagia.

 

Sumber : kata-bijak-kehidupan.html

Sunyi..

18 February 2013 11:14:43 Dibaca : 0

Gelap.. Sepi mencekam.. Hanya terdengar lirih nyanyian suara Jangkrik bersautan.. Temani raga yang mulai lelah.. Saat mata mulai meredup.. Damaikan hati tuk nikmati Indahnya Mimpi.. Tidurlah terlelap.. Hingga pagi nanti terjaga dengan senyuman.. ** Malam semakin gelap dan sepi.. Lelah terasa.. Mata mulai enggan untuk terjaga.. Rebahkan tubuhmu.. Pejamkan matamu.. Tenangkan hati dan pikiranmu.. Terlelaplah dalam mimpi yang Indah.. ** Terlelap dalam tidurmu.. Hadirkan mimpi-mimpi yang termanis.. Gelap dan sepi malam.. Tenangkan rasa lelahmu.. Hadirkan kisah dalam khayal.. Semakin terbuai dengan indahnya mimpi.. Hingga esok.. Terbangun dengn cinta dan harapan yang lebih indah.. ** Malam semakin larut.. Tubuh terasa lelah.. Mata pun mulai enggan untuk terjaga.. Bersiap untuk melepaskan semua keletihan.. Dengan membaringkan tubuh dan memejamkan mata.. Met istirahat sobat ... Nite dream sweet for all.. ♥ *** Bila pagi tadi kau marah padaku... Maka sore ini maafkanlah aku... Bila sore ini maafmu masih semahal guyuran air musim kemarau... Maka sambutlah malammu... Dengan semua senyum... Jangan membenciku.. *** biduk berlalu tepian tak bergeming mentari meredup sembunyikan sinarnya seiring ode malam menghantar ke peraduan selamat malam sobatku, moga esok lebih baik *** Bila kau masih membenciku Katakan dengan jujur di mimpi malam ini met tidur sayang... Doaku akan jaga tidur manismu... Sambutlah... *** rasa nyaman itu tak bisa hilang, rasa itu memudar seperti bara yang kehilangan panas, pelita itu masih ada walau redup selamat tidur semoga indah bunga tidurmu *** Malam ini sunyi... Tak ada bintang... Bulanpun masih malu... Tapi anganku tetap menembus batas mimpimu... *** Malam ini aku ingin mengusap.... Mata indahmu yang kemarin basah menangis... Kebencianmu tlah kau ungkapkan... Meski lewat tetes demi tetes air mata pengaduanmu... *** Sayang... Lihatlah... Bintang itu cuma satu... Karna ia yang paling terang... Seperti do'aku malam ini... Jaga tidurmu...dan sampaikan salamku pada malaikat kecil yang di samping menjagamu *** mendung menggantung tanda nyanyian hujan kan datang rindu masih ada dan cemburu menemaninya ketakterwujudan adalah sakit yang tertunda terimalah rindu dan cemburu ***

Sumber Artikel : http://googel22.blogspot.com/2012/08/ucapan-selamat-malam.html .

 

 

Musik Yang Indah. . . .

07 September 2012 11:38:30 Dibaca : 0

Kenikmatan Musik Akan Terasa Jika DiHayati. . . . . .

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong