PENGARUH E-LEARNING DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP MINAT BELAJAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung e-learning dan lingkungan kampus terhadap motivasi belajar dan minat belajar serta peran motivasi belajar dalam memediasi pengaruh e-learning dan lingkungan kampus terhadap minat belajar. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan metode kausalitas. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Undiknas Denpasar Program Sarjana (S1) dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dilakukan lewat kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis menggunakan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh langsung e-learning dan lingkungan kampus terhadap motivasi belajar adalah positif dan signifikan dengan nilai standardized estimate e-learning sebesar 0,201 dan lingkungan kampus sebesar 0,517. Pengaruh langsung e-learning dan lingkungan kampus terhadap minat belajar adalah positif dan signifikan dengan standardized estimate e-learning sebesar 0,279 dan lingkungan kampus sebesar 0,287. Pengaruh tidak langsung e-learning terhadap minat belajar melalui motivasi belajar diperoleh besarnya nilai z hitung = 2,3849 > dari nilai z mutlak (1,96). Begitu pula jika dibandingkan antara nilai z hitung dengan z kritis, nilai z hitung = 2,3849 > z tabel =1,64. Motivasi belajar merupakan variabel mediasi pengaruh e-learning terhadap minat belajar. Pengaruh tidak langsung lingkungan kampus terhadap minat belajar melalui motivasi belajar diperoleh besarnya nilai z hitung = 3,2068 > dari nilai z mutlak (1,96). Motivasi belajar merupakan variabel mediasi pengaruh lingkungan kampus terhadap minat belajar. Perubahan motivasi belajar dipengaruhi oleh e-learning dan lingkungan kampus sebesar 33,5% dan perubahan minat belajar dipengaruhi oleh e-learning, lingkungan kampus dan motivasi belajar sebesar 34,9%.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung e-learning dan lingkungan kampus terhadap motivasi belajar dan minat belajar serta peran motivasi belajar dalam memediasi pengaruh e-learning dan lingkungan kampus terhadap minat belajar. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan metode kausalitas. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Undiknas Denpasar Program Sarjana (S1) dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dilakukan lewat kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis menggunakan program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh langsung e-learning dan lingkungan kampus terhadap motivasi belajar adalah positif dan signifikan dengan nilai standardized estimate e-learning sebesar 0,201 dan lingkungan kampus sebesar 0,517. Pengaruh langsung e-learning dan lingkungan kampus terhadap minat belajar adalah positif dan signifikan dengan standardized estimate e-learning sebesar 0,279 dan lingkungan kampus sebesar 0,287. Pengaruh tidak langsung e-learning terhadap minat belajar melalui motivasi belajar diperoleh besarnya nilai z hitung = 2,3849 > dari nilai z mutlak (1,96). Begitu pula jika dibandingkan antara nilai z hitung dengan z kritis, nilai z hitung = 2,3849 > z tabel =1,64. Motivasi belajar merupakan variabel mediasi pengaruh e-learning terhadap minat belajar. Pengaruh tidak langsung lingkungan kampus terhadap minat belajar melalui motivasi belajar diperoleh besarnya nilai z hitung = 3,2068 > dari nilai z mutlak (1,96). Motivasi belajar merupakan variabel mediasi pengaruh lingkungan kampus terhadap minat belajar. Perubahan motivasi belajar dipengaruhi oleh e-learning dan lingkungan kampus sebesar 33,5% dan perubahan minat belajar dipengaruhi oleh e-learning, lingkungan kampus dan motivasi belajar sebesar 34,9%.