tugas 3 pengantar aplikasi komputer
”50 Fungsi Tombol Keyboard dalam Microsoft Word”
1 Ctrl + 1 membuat spasi 1.0
2 Ctrl + 2 membuat spasi 2.0
3 Ctrl + 5 membuat spasi 1.5
4 Ctrl + A memblok semua tulisan yang ada sedang diketik
5 Ctrl + B menebalkan huruf
6 Ctrl + Backspace menghapus kata
7 Ctrl + C mengkopi tulisan
8 Ctrl + D menampilkan dialog untuk ‘font’
9 Ctrl + E Merata tengah tulisan
10 Ctrl + Enter membuat slide baru
11 Ctrl + F menampilkan pencari (FIND) kata/kalimat yang ada didokumen aktif
12 Ctrl + F1 menghilakan menu bar
13 Ctrl + F10 membuat dokumen menjadi ”restore down”
14 Ctrl + F12 membuka dokumen yang telah disimpan
15 Ctrl + F2 melihat halam yang akan dicetak
16 Ctrl + F4 keluar dari dokumen
17 Ctrl + G menampilkan ‘’go to’’ untuk mencari halaman
18 Ctrl + H menampilkan ‘replace’ untuk mengganti kata yang salah
19 Ctrl + I memiringkan huruf
20 Ctrl + J mensejajarkan teks baik kiri dan kanan
21 Ctrl + K menampilkan dialog ‘Insert Hyperlink’ guna hyperlink adalah
22 Ctrl + L merata kiri tulisan
23 Ctrl + M membuat alinea dalam tulisan
24 Ctrl + N membuat dokumen baru
25 Ctrl + O membuka dokumen yang telah disimpan
26 Ctrl + P menampilkan dialog untuk mencetak dokumen
27 Ctrl + Q menghapus tabulasi
28 Ctrl + R merata kanan tulisan
29 Ctrl + S menyimpan dokumen
30 Ctrl + T membuat tabulasi
31 Ctrl + U membuat gari bawah
32 Ctrl + V menempelkan tulisan yang telah di copy
33 Ctrl + W log out/keluar dari dokumen
34 Ctrl + X memotong tulisan
35 Ctrl + Y mengulangi/memperbanyak kata/huruf/kalimat
36 Ctrl + Z memulangkan tulisan semula
37 Shift + 0 membuat symbol balas kurung )
38 Shift + 1 membuat tanda seru ‘!’
39 Shift + 2 membuat @
40 Shift + 3 membuat pagar ‘#’
41 Shift + 4 membuat symbol mata uang dolar $
42 Shift + 5 membuat symbol %
43 Shift + 6 membuat tanda ^
44 Shift + 7 membua symbol &
45 Shift + 8 membuat symbol *
46 Shift + 9 membuat symbol buka kurung (
47 Shift + F1 membuka ”reveal formating”
48 Shif
(tugas 2) perangkat lunak dan perangkat keras
. Perangkat keras
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak(software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
• Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
o RAM – tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
o Buses:
ï‚§ Bus PCI
ï‚§ Bus ISA
ï‚§ USB
ï‚§ AGP
o ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
o CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
• Power supply – sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas
• Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
• Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
• Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
• Beberapa jenis penyimpanan komputer:
o CD – tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
ï‚§ CD-ROM
ï‚§ CD-RW
ï‚§ CD-R
o DVD
ï‚§ DVD-ROM
ï‚§ DVD-RW
ï‚§ DVD-R
o Floppy disk
• Penyimpanan dalam – menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
o Hard disk – untuk penyimpanan data jangka panjang
o Disk array controller
• Kartu suara – menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
• Jaringan komputer – untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
o Modem – media penyambung ke koneksi internet.
o Kartu network – untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
• Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
• Input
o Keyboard
o Alat penunjuk
ï‚§ Mouse
ï‚§ Trackball
o Joystick
o Gamepad
o Scanner gambar
o Webcam
o Tablet Grafis
• Output
o Printer
2. Perangkat lunak
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.[1][2][3]
Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
• Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
• Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu.
• Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
• Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.[4]
• Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
• Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
• Perangkat lunak gratis (freeware)
• Perangkat lunak uji coba (shareware / ‘trialware)
• Perangkat lunak perusak (malware)
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
1. Mengidentifikasi program
2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Macam-macam Perangkat Lunak
Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
1. Sistem Operasi (Operating System),
2. Program Aplikasi (Application Programs),
3. Bahasa Pemrograman (Programming Language),
4. Program Bantu (Utility)
o Speaker
(tugas 2) kode Ascii
A | 0041 | 65 | Huruf latin A kapital |
B | 0042 | 66 | Huruf latin B kapital |
C | 0043 | 67 | Huruf latin C kapital |
D | 0044 | 68 | Huruf latin D kapital |
E | 0045 | 69 | Huruf latin E kapital |
F | 0046 | 70 | Huruf latin F kapital |
G | 0047 | 71 | Huruf latin G kapital |
H | 0048 | 72 | Huruf latin H kapital |
I | 0049 | 73 | Huruf latin I kapital |
J | 004A | 74 | Huruf latin J kapital |
K | 004B | 75 | Huruf latin K kapital |
L | 004C | 76 | Huruf latin L kapital |
M | 004D | 77 | Huruf latin M kapital |
N | 004E | 78 | Huruf latin N kapital |
O | 004F | 79 | Huruf latin O kapital |
P | 0050 | 80 | Huruf latin P kapital |
Q | 0051 | 81 | Huruf latin Q kapital |
R | 0052 | 82 | Huruf latin R kapital |
S | 0053 | 83 | Huruf latin S kapital |
T | 0054 | 84 | Huruf latin T kapital |
U | 0055 | 85 | Huruf latin U kapital |
V | 0056 | 86 | Huruf latin V kapital |
W | 0057 | 87 | Huruf latin W kapital |
X | 0058 | 88 | Huruf latin X kapital |
Y | 0059 | 89 | Huruf latin Y kapital |
Z | 005A | 90 | Huruf latin Z kapital |
(tugas 1) PENGENALAN KOMPUTER
Komputer merupakan perangkat elektronik yang beroperasi di bawah perintah pengendali yang disimpan di dalam memory dan diproses dan menghasilkan sebuah informasi. Komputer juga dapat diartikan sebagai alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Komputer pada umumnya berbicara mengenai Monitor, CPU, Mouse dan Keyboard. Namun ada juga komputer portable, yang biasanya disebut Laptop.
1. MONITOR
Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk menilai kemampuan grafis.
Ada banyak cara untuk menggolongkan monitor. Tetapi cara yang paling sering digunakan adalah dengan melihat kemampuan dari warna yang dihasilkan monitor tersebut. Minitor dapat di bagi menjadi 3 kelas, diantaranya :
- Monochrome: Monitor Monokrom biasanya menampilkan dua warna, warna background dan satu lagi adalah warna foreground. Warna tersebut adalah warna hitam dan putih, hijau dan hitam dan Kuning dan hitam.
- Gray-scale : Gray Scale monitor adalah jenis special dari monitor monochrome yang dapat menampilkan bayangan ungu yang berbeda.
- Color : Monitor Color adalah monitor berwarna yang memiliki 16 hingga 1 juta warna yang berbeda. Monitor berwarna ini terkadang disebut monitor RGB karena monitor tersebut dapat menerima 3 sinyal yang berbeda, Merah (Red), Hijau (Green) dan Biru (Blue).
2. CPU
CPU atau Central Processing Unit merupakan salah satu komponen utama dan memegang peranan yang sangat penting dalam sistem komputer. CPU bertugas mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh.
Fungsi utama CPU adalah menjalankan program-program yang disimpan di memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan mengeksekusinya satu persatu sesuai dengan alur perintah. Pekerjaan ini dilakukan dalam dua tahapan yaitu membaca instruksi (fetch) dan melaksanakan instruksi tersebut (execute).
Bagian CPU terdiri dari:
- Unit kontrol bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya.
- Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses.
- ALU unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.
- CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.
3
3. MOUSE
Mouse adalah sebuah alat yang berguna memasukan data ke komputer dan berupa sebuah perintah untuk menggerakan pointer pada komputer.
4. KEYBOARD
Keyboard adalah sebuah alat yang berguna memasukan data ke komputer berupa short key, tulisan, huruf, angka maupun simbol.
Cara mengelola informasi di dalam komputer yaitu:
Ø Input (Memasukan data)
Ø Process (Data diproses)
Ø Output (Data disampaikan)
Ø Storage (Penyimpanan)
Ø Communication (Komunikasi)
Disamping itu jga komputer mempunyai Keunggulannya dan Kelemahan. Dibawah ini adalah sbb :
- Keunggulan Komputer adalah bisa untuk menyimpan data, bisa menjadi sarana komunikasi, membuat pekerjaan lebih ringan dan cepat.
- Kelemahan Komputer adalah bisa membuat pelanggaran privasi, bisa merusak kesehatan bila terlalu lama di depan komputer, dan juga bisa dibuat untuk hal-hal negatif lainnya.