ARSIP BULANAN : September 2012

tugas 1 pengenalan komputer

20 September 2012 04:14:30 Dibaca : 42

 

Pengenalan komputer

 



 

Komputer merupakan perangkat elektronik yang beroperasi di bawah perintah pengendali yang disimpan di dalam memory dan diproses dan menghasilkan sebuah informasi. Komputer juga dapat diartikan sebagai alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

 

Komputer pada umumnya berbicara mengenai Monitor, CPU, Mouse dan Keyboard. Namun ada juga komputer portable, yang biasanya disebut Laptop.

 

Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk menilai kemampuan grafis.

 



 

CPU atau Central Processing Unit merupakan salah satu komponen utama dan memegang peranan yang sangat penting dalam sistem komputer. CPU bertugas mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh.

 

 

 

ARA KERJA CPU

 

Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

 

Mouse adalah sebuah alat yang berguna memasukan data ke komputer dan berupa sebuah perintah untuk menggerakan pointer pada komputer.

 

 


Keyboard adalah sebuah alat yang berguna memasukan data ke komputer berupa short key, tulisan, huruf, angka maupun simbol.

 

Cara mengelola informasi di dalam komputer yaitu:
ØInput (Memasukan data)
Ø Process (Data diproses)
Ø Output (Data disampaikan)
Ø Storage (Penyimpanan)
Ø Communication (Komunikasi).

 

cerita di malam kamis

06 September 2012 16:42:19 Dibaca : 58

waktu mlm kamis adalah waktu dgn pacar yg sangat indah

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong