Asiknya jadi Anak Ormawa (BEM dan UKM) UNG --- Rayhandani Limonu

18 September 2020 10:07:37 Dibaca : 4

Peran Organisasi Kemahasiswa (Ormawa) di lingkungan Kampus mulai didorong melalui peningkatan kinerja dan prestasi menuju UNG unggul dan berdaya saing. Upaya dilakukan dengan memberikan penguatan Organisasi Mahasiswa melalui optimalisasi peran dan prestasi Ormawa dalam mewujudkan visi UNG.

BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa )

Merupakan salah satu dari sekian banyak ormawa yang ada di kampus-kampus seluruh Indonesia. Sesuai dengan namanya, ormawa ini bersifat eksekutif. Struktur keanggotaannya jelas dimulai dari Ketua Umum sampai dengan Ketua Divisi/Departemen dan anggota-anggotanya. Badan Eksekutif Mahasiswa biasanya ada di masing-masing Fakultas yang mewadahi aspirasi dari setiap jurusan yang ada di Fakultas tersebut. Contoh: pada sebuah Fakultas sebut saja Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdapat BEM, nah, BEM ini mewadahi dan menampung aspirasi serta membuka peluang dan kesempatan untuk setiap mahasiswa dari FKIP untuk menyampaikan keluhan, masukan, kritikan mengenai perkuliahan atau kegiatan yang semestinya dibuat oleh BEM, lebih jauh daripada itu, BEM juga membuka kesempatan untuk menjadi bagian daripada mereka melalui Open Recruitment (OR).

UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa )

Berbanding terbalik dengan BEM yang telah dipaparkan sebelumnya, Unit Kegiatan Mahasiswa adalah sebuah ormawa dengan tingkat fleksibilitas tertinggi. Mengapa demikian? Karena UKM memiliki sifat kekeluargaan. Tidak ada batasan periode seperti BEM yang ketika masa bakti telah selesai maka dengan otomatis berakhir pula status keanggotaannya. Di dalam UKM tidak ada istilah alumni dikarenakan sampai kapanpun UKM tetap memiliki status keanggotaan. Yang membedakan hanya senior dan junior saja (ditentukan berdasarkan angkatan tertua hingga angkatan paling muda). UKM memiliki banyak jenis diantaranya ada yang bergerak di bagian seni dan budaya yang mencakup keseluruhan aspek dalam berkesenian yaitu: tata panggung, teater, sastra dan puisi, tari, monolog, vokal dan musik, sinematografi dan lain sebagainya. Ada pula UKM yang bergerak dalam bidang kerohanian seperti LDK (Lembaga Dakwah Kampus), ada juga UKM yang mewadahi kombinasi daripada keilmuan dan kerohanian. Ada juga UKM yang bergerak di bidang lingkungan dan alam seperti MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam). Unit Kegiatan Mahasiswa sendiri memiliki kedudukan dan posisi yang tersebar baik di tingkat Fakultas maupun tingkat Universitas. UKM sendiri juga memiliki struktur yang jelas serta departemen/divisi didalamnya.

 

Menjadi Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) Universtas Negeri Gorontalo (UNG) merupakan nikmat kesempatan yang diberikan tuhan yang maha esa sehingga tidak semua mahasiswa melaluinya dengan menjadi pengurus organisasi sekelas BEM dan UKM di UNG. 

Selain itu, Pengurus BEM dan UKM UNG akan diberikan Piagam sebagai bentuk apresiasi pernah menjabat dan mengurusi Organisasi di UNG. Akan tetapi untuk mendapatkan piagam tersebut pengurus lebih pro aktif dan bekerja dengan baik dengan melihat Visi UNG kedepan. 

“Kalian adalah orang-orang terpilih yang di amanahkan dan diberikan kepercayaan untuk menjadi mitra kami yakni Pimpinan Perguruan Tinggi dalam mengembangkan UNG satu tahun kedepan” Ucap Pak Rektor.

Ia juga menegaskan kepada seluruh pengurus agar kiranya tidak hanya fokus, dan sibuk mengurus organisasi. Namun, urusan akademik juga tidak dilupakan dan harus diperhatikan.

 

Berbagai wadah kegiatan mahasiswa yang terdapat di Universitas Negeri Gorontalo diorganisir antara lain melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UKM adalah organisasi yang menampung pengembangan minat dan bakat mahasiswa, yang hanya terdapat di tingkat institut. Yuk simak ulasannya berikut ini :

1. UKM Olahraga

UKM Olahraga bertujuan untuk mengembangkan olahraga di kampus UNG. Ada beberapa cabang olahraga seperti basket, yang rutin mengadakan latihan dan menjadi sparing partner kampus lain. Kegiatan lainnya di UKM olahraga yaitu mengadakan kejuaraan di tingkat perguruan tinggi atau SMA. UKM Olahraga ini menyediakan beberapa konsentrasi kegiatan, seperti :

  • Bola Volli
  • Sepak Bola
  • Basket
  • Bulu Tangkis
  • Tenis Meja
  • Takraw
  • Tenis Lapangan
  • Atletik
  • Beladiri
  • Kempo

2. UKM Seni

Pernahkah kamu menyaksikan pertunjukan seni? Setelah melihat pertunjukan tersebut, hal apa yang kamu rasakan? Bahagia, bukan? Mungkin itulah hal serupa yang dirasakan oleh para pelaku seni. Mereka akan merasa bahagia jika bisa menyalurkan dan menunjukkan bakatnya di hadapan para penonton. Jika seni sudah mendarah daging dalam jiwa kamu, kamu bisa menyalurkan bakat tersebut di wadah yang tepat, salah satunya UKM Seni Universitas Negeri Gorontalo. UKM Seni di UNG menyediakan beberapa konsentrasi kegiatan, seperti :

  • Band
  • PSM
  • Seni Lukis
  • Teater

3, UKM Penalaran dan Keilmuan

UKM Penalaran dan Keilmuan menyebut komunitas mereka sebagai komunitas pelopor peradaban. Apabila kamu mempunyai minat yang tinggi terhadap penelitian, UKM ini cocok untuk kamu. Ada empat bidang yang dikelola, yaitu bidang pengembangan sumber daya manusia, sosial politik dan budaya, sains dan teknologi, serta bidang ekonomi. Lewat kegiatan di sini, para anggotanya terbentuk menjadi mahasiswa yang kompetitif, inovatif, kreatif dan memiliki daya saing tinggi di bidang keilmuan dan penelitian. Adapun konsentrasi kegiatan yang ada di UKM ini adalah :

  • Pers Mahasiswa
  • Jambura
  • Jendela Kampus
  • Kosmos
  • Litbang

4. UKM Pengabdian Masyarakat

UKM ini menggeluti kreativitas yang inovatif dalam melaksanakan program yang membantu masyarakat, mampu memberikan peningkatan ketrampilan dan pengetahuan kepada masyarakat mampu memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan di masyarakat. Konsentrasi kegiatan dalam UKM ini antara lain :

  • SAR
  • GERMAWA
  • Brigade Penolong

5. UKM Pecinta Alam ( MAPALA )

Apa kamu mau hiking ke Gunung Boliyohuto atau menjelajah mencari anoa? Semua kegiatan itu bisa kamu ikuti dengan bergabung di Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Motolomoia UNG. Ada 3 divisi di UKM ini yaitu mountaineering, climbing dan lingkungan hidup. Jadi kamu bisa mengikuti kegiatan adventure seperti :

  • Pendakian
  • Susur Goa
  • Panjat Tebing
  • Rafting
  • Pelestarian Alam

6. UKM Kerohanian 

UKM ini merupakan wadah aktivitas kemahasiswaan dalam pengembangan kerohanian di lingkungan kampus berdasarkan agama mereka. Adapun konsentrasi kegiatannya, adalah :

  • SKI (Sentra Kerohanian Islam)
  • Oikumene
  • Hindu Dharma Ning Carasvaty

7. UKM Pramuka Racana

Bagi kamu yang saat sekolah pernah aktif sebagai pramuka, UKM Racana UNG bisa jadi tempat kamu meng-upgrade ilmu. Anggota Racana punya berbagai aktivitas seperti jambore dan latihan lain yang lebih kompleks dibandingkan pramuka di sekolah. UKM ini juga rajin menyelenggarakan acara seperti seminar pendidikan, water rescue, lomba kesenian dan lomba kepramukaan.

8. Resimen Mahasiswa Rimbajaya

Apa kamu termasuk anak muda yang ingin berkontribusi dalam kegiatan bela negara? Kalau begitu, UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan175 Rimbajaya ini tepat untuk kamu. Menwa termasuk UKM khusus di Universitas Negeri Gorontalo karena aktivitasnya yang berkaitan dengan dunia militer. Program-program di Menwa juga di bawah pengawasan Kodim 1304 Gorontalo lho. Di UKM ini, kamu akan mendapat ilmu militer dan pelatihannya seperti strategi pertahanan, survival, terjun payung dan latihan menembak. Semua latihan ini untuk menyiapkan anggota Menwa sebagai komponen tambahan penjaga NKRI.

9. Marching Band Gita Civika

Kemeriahan suara snare drum, cymbal dan lemparan stik mayoret jadi suasana yang bakal kamu rasakan, kalau menjadi bagian dari Marching Band Gita Civika. UKM ini aktif mengikuti perlombaan atau parade marching band, baik di tingkat lokal atau nasional. Seperti di tahun 2014 lalu, UKM Gita Civika menyabet empat piala dari lomba marching band se-Sulawesi. Yaitu juara pertama di kontes perkusi, juara pertama untuk kategori color guard, juara ketiga di kontes parade dan juara empat untuk kategori umum. Untuk kamu yang tertarik jadi anggota Gita Civika, kamu bisa cari tahu kegiatan mereka lewat Twitter @MB_GitaCivika.

 

Semoga Bermanfaat:)) Terimakasih

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong