Seluruh Mahasiswa di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), terus didorong agar mampu mendulang prestasi di berbagai macam perlombaan baik itu tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Si Maroon Jacket ini ternyata banyak mengukir prestasi dari tahun ke tahun lohh. Saya telah merangkumnya dalam daftar prestasi para mahasiswa UNG ( Si Maroon Jacket ) di bawah ini :

Daftar Prestasi Si Maroon Jacket Universitas Negeri Gorontalo :

  1. Juara II takraw beregu pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke XIV di Aceh
  2. Juara III Takraw Double Event pada ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke XIV di Aceh
  3. Juara I tingkat nasional untuk zona Sulawesi pada ajang Bintang Radio Indonesia dan ASEAN
  4. Juara 3 Kompetisi Peradilan Semu se-Provinsi Gorontalo yang dilaksanakan di IAIN Sultan Amai Gorontalo
  5. Juara 3 ompetisi Debat Konstitusi se-Provinsi Gorontalo yang dilaksanakan di Universitas Negeri Gorontalo (UNG)
  6. Juara 1 di Kontes Perkusi dalam Lomba Marching Band Se-Sulawesi memperingati HUT 407 Tahun Kota Makassar pada tahun 2014
  7. Juara 1 ujtuk Color Guard Lomba Marching Band Se-Sulawesi memperingati HUT 407 Tahun Kota Makassar pada tahun 2014
  8. Juara 3 Kontes Parade Lomba Marching Band Se-Sulawesi memperingati HUT 407 Tahun Kota Makassar pada tahun 2014
  9. Juara 4 untuk kategori umum Lomba Marching Band Se-Sulawesi memperingati HUT 407 Tahun Kota Makassar pada tahun 2014
  10. Juara 3 dalam Lomba Business Plan Economic Festival yang digelar oleh Vokasi Universitas Indonesia
  11. Finalis Canada/Indonesia Youth Exchange Programme, 8 Okt 2014 - 15 Mar 2015 (Rihaf Husen)
  12. Peserta Duta Mahasiswa Genre Tingkat Provinsi Gorontalo
  13. Juara 2 Fit Competition Web dalam ajang Fit Fun Competition Fest
  14. Juara 3 Lomba Blog Kependudukan Tingkat Provinsi
  15. Juara 3 dalam Kegiatan Lomba Hackathon Krtika Eka Paksi Cipta Yudha dalam Rangka Peringatan Hari TNI ke 71
  16. Juara I Cabang Lomba Seni Lukis (Farlan A. Hasan) pada Lomba Pekan Seni Mahasiswa, Tahun 2016
  17. Peserta Pameran Pipin Idris dan Farlan A Hasan pada International Drawing Student Exhibition UNDIKSA
  18. Juara II (Akbar Abdullah) Lomba Desain Poster Pentas Seni Mahasiswa Tingkat Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, Tahun 2015
  19. Juara I (Akbar Abdullah) Lomba Karya Anak Teknik, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2016
  20. Juara I Disain Motif Batik (Meysa Dj. Hasiru) Lomba Disain Motif Batik, Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2015
  21. Juara II Disain motif Batik (I Wayan Sutrisno) Lomba Disain Motif Batik, Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2015
  22. Juara III Disain Motif Batik (Akbar Abdullah) Lomba Disain Motif Batik, Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2015
  23. Juara I Lomba Baca Puisi Putri (Sofia Bahsoan) Pekan Seni Mahasiswa, Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2016
  24. Juara I Lomba Vokalia/POP Puteri (Febry Tamala) Pekan Seni Mahasiswa, Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2016
  25. Juara III Lomba Fotogrhapy (Meysa Hasiru) Pekan Seni Mahasiswa, Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2016

Itulah yang dapat saya rangkum saat ini :)

Masih banyak lagi prestasi-prestasi para mahasiswa UNG yang tidak bisa disebutkan satu per satu lagi.

"Banggalah bukan karena nama besar kampusmu, tetapi banggalah karena nama kampusmu besar dengan prestasimu"

Semoga dapat membantu teman-teman sekalian, terima kasih :))

Peran Organisasi Kemahasiswa (Ormawa) di lingkungan Kampus mulai didorong melalui peningkatan kinerja dan prestasi menuju UNG unggul dan berdaya saing. Upaya dilakukan dengan memberikan penguatan Organisasi Mahasiswa melalui optimalisasi peran dan prestasi Ormawa dalam mewujudkan visi UNG.

BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa )

Merupakan salah satu dari sekian banyak ormawa yang ada di kampus-kampus seluruh Indonesia. Sesuai dengan namanya, ormawa ini bersifat eksekutif. Struktur keanggotaannya jelas dimulai dari Ketua Umum sampai dengan Ketua Divisi/Departemen dan anggota-anggotanya. Badan Eksekutif Mahasiswa biasanya ada di masing-masing Fakultas yang mewadahi aspirasi dari setiap jurusan yang ada di Fakultas tersebut. Contoh: pada sebuah Fakultas sebut saja Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdapat BEM, nah, BEM ini mewadahi dan menampung aspirasi serta membuka peluang dan kesempatan untuk setiap mahasiswa dari FKIP untuk menyampaikan keluhan, masukan, kritikan mengenai perkuliahan atau kegiatan yang semestinya dibuat oleh BEM, lebih jauh daripada itu, BEM juga membuka kesempatan untuk menjadi bagian daripada mereka melalui Open Recruitment (OR).

UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa )

Berbanding terbalik dengan BEM yang telah dipaparkan sebelumnya, Unit Kegiatan Mahasiswa adalah sebuah ormawa dengan tingkat fleksibilitas tertinggi. Mengapa demikian? Karena UKM memiliki sifat kekeluargaan. Tidak ada batasan periode seperti BEM yang ketika masa bakti telah selesai maka dengan otomatis berakhir pula status keanggotaannya. Di dalam UKM tidak ada istilah alumni dikarenakan sampai kapanpun UKM tetap memiliki status keanggotaan. Yang membedakan hanya senior dan junior saja (ditentukan berdasarkan angkatan tertua hingga angkatan paling muda). UKM memiliki banyak jenis diantaranya ada yang bergerak di bagian seni dan budaya yang mencakup keseluruhan aspek dalam berkesenian yaitu: tata panggung, teater, sastra dan puisi, tari, monolog, vokal dan musik, sinematografi dan lain sebagainya. Ada pula UKM yang bergerak dalam bidang kerohanian seperti LDK (Lembaga Dakwah Kampus), ada juga UKM yang mewadahi kombinasi daripada keilmuan dan kerohanian. Ada juga UKM yang bergerak di bidang lingkungan dan alam seperti MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam). Unit Kegiatan Mahasiswa sendiri memiliki kedudukan dan posisi yang tersebar baik di tingkat Fakultas maupun tingkat Universitas. UKM sendiri juga memiliki struktur yang jelas serta departemen/divisi didalamnya.

 

Menjadi Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) Universtas Negeri Gorontalo (UNG) merupakan nikmat kesempatan yang diberikan tuhan yang maha esa sehingga tidak semua mahasiswa melaluinya dengan menjadi pengurus organisasi sekelas BEM dan UKM di UNG. 

Selain itu, Pengurus BEM dan UKM UNG akan diberikan Piagam sebagai bentuk apresiasi pernah menjabat dan mengurusi Organisasi di UNG. Akan tetapi untuk mendapatkan piagam tersebut pengurus lebih pro aktif dan bekerja dengan baik dengan melihat Visi UNG kedepan. 

“Kalian adalah orang-orang terpilih yang di amanahkan dan diberikan kepercayaan untuk menjadi mitra kami yakni Pimpinan Perguruan Tinggi dalam mengembangkan UNG satu tahun kedepan” Ucap Pak Rektor.

Ia juga menegaskan kepada seluruh pengurus agar kiranya tidak hanya fokus, dan sibuk mengurus organisasi. Namun, urusan akademik juga tidak dilupakan dan harus diperhatikan.

 

Berbagai wadah kegiatan mahasiswa yang terdapat di Universitas Negeri Gorontalo diorganisir antara lain melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UKM adalah organisasi yang menampung pengembangan minat dan bakat mahasiswa, yang hanya terdapat di tingkat institut. Yuk simak ulasannya berikut ini :

1. UKM Olahraga

UKM Olahraga bertujuan untuk mengembangkan olahraga di kampus UNG. Ada beberapa cabang olahraga seperti basket, yang rutin mengadakan latihan dan menjadi sparing partner kampus lain. Kegiatan lainnya di UKM olahraga yaitu mengadakan kejuaraan di tingkat perguruan tinggi atau SMA. UKM Olahraga ini menyediakan beberapa konsentrasi kegiatan, seperti :

  • Bola Volli
  • Sepak Bola
  • Basket
  • Bulu Tangkis
  • Tenis Meja
  • Takraw
  • Tenis Lapangan
  • Atletik
  • Beladiri
  • Kempo

2. UKM Seni

Pernahkah kamu menyaksikan pertunjukan seni? Setelah melihat pertunjukan tersebut, hal apa yang kamu rasakan? Bahagia, bukan? Mungkin itulah hal serupa yang dirasakan oleh para pelaku seni. Mereka akan merasa bahagia jika bisa menyalurkan dan menunjukkan bakatnya di hadapan para penonton. Jika seni sudah mendarah daging dalam jiwa kamu, kamu bisa menyalurkan bakat tersebut di wadah yang tepat, salah satunya UKM Seni Universitas Negeri Gorontalo. UKM Seni di UNG menyediakan beberapa konsentrasi kegiatan, seperti :

  • Band
  • PSM
  • Seni Lukis
  • Teater

3, UKM Penalaran dan Keilmuan

UKM Penalaran dan Keilmuan menyebut komunitas mereka sebagai komunitas pelopor peradaban. Apabila kamu mempunyai minat yang tinggi terhadap penelitian, UKM ini cocok untuk kamu. Ada empat bidang yang dikelola, yaitu bidang pengembangan sumber daya manusia, sosial politik dan budaya, sains dan teknologi, serta bidang ekonomi. Lewat kegiatan di sini, para anggotanya terbentuk menjadi mahasiswa yang kompetitif, inovatif, kreatif dan memiliki daya saing tinggi di bidang keilmuan dan penelitian. Adapun konsentrasi kegiatan yang ada di UKM ini adalah :

  • Pers Mahasiswa
  • Jambura
  • Jendela Kampus
  • Kosmos
  • Litbang

4. UKM Pengabdian Masyarakat

UKM ini menggeluti kreativitas yang inovatif dalam melaksanakan program yang membantu masyarakat, mampu memberikan peningkatan ketrampilan dan pengetahuan kepada masyarakat mampu memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan di masyarakat. Konsentrasi kegiatan dalam UKM ini antara lain :

  • SAR
  • GERMAWA
  • Brigade Penolong

5. UKM Pecinta Alam ( MAPALA )

Apa kamu mau hiking ke Gunung Boliyohuto atau menjelajah mencari anoa? Semua kegiatan itu bisa kamu ikuti dengan bergabung di Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Motolomoia UNG. Ada 3 divisi di UKM ini yaitu mountaineering, climbing dan lingkungan hidup. Jadi kamu bisa mengikuti kegiatan adventure seperti :

  • Pendakian
  • Susur Goa
  • Panjat Tebing
  • Rafting
  • Pelestarian Alam

6. UKM Kerohanian 

UKM ini merupakan wadah aktivitas kemahasiswaan dalam pengembangan kerohanian di lingkungan kampus berdasarkan agama mereka. Adapun konsentrasi kegiatannya, adalah :

  • SKI (Sentra Kerohanian Islam)
  • Oikumene
  • Hindu Dharma Ning Carasvaty

7. UKM Pramuka Racana

Bagi kamu yang saat sekolah pernah aktif sebagai pramuka, UKM Racana UNG bisa jadi tempat kamu meng-upgrade ilmu. Anggota Racana punya berbagai aktivitas seperti jambore dan latihan lain yang lebih kompleks dibandingkan pramuka di sekolah. UKM ini juga rajin menyelenggarakan acara seperti seminar pendidikan, water rescue, lomba kesenian dan lomba kepramukaan.

8. Resimen Mahasiswa Rimbajaya

Apa kamu termasuk anak muda yang ingin berkontribusi dalam kegiatan bela negara? Kalau begitu, UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan175 Rimbajaya ini tepat untuk kamu. Menwa termasuk UKM khusus di Universitas Negeri Gorontalo karena aktivitasnya yang berkaitan dengan dunia militer. Program-program di Menwa juga di bawah pengawasan Kodim 1304 Gorontalo lho. Di UKM ini, kamu akan mendapat ilmu militer dan pelatihannya seperti strategi pertahanan, survival, terjun payung dan latihan menembak. Semua latihan ini untuk menyiapkan anggota Menwa sebagai komponen tambahan penjaga NKRI.

9. Marching Band Gita Civika

Kemeriahan suara snare drum, cymbal dan lemparan stik mayoret jadi suasana yang bakal kamu rasakan, kalau menjadi bagian dari Marching Band Gita Civika. UKM ini aktif mengikuti perlombaan atau parade marching band, baik di tingkat lokal atau nasional. Seperti di tahun 2014 lalu, UKM Gita Civika menyabet empat piala dari lomba marching band se-Sulawesi. Yaitu juara pertama di kontes perkusi, juara pertama untuk kategori color guard, juara ketiga di kontes parade dan juara empat untuk kategori umum. Untuk kamu yang tertarik jadi anggota Gita Civika, kamu bisa cari tahu kegiatan mereka lewat Twitter @MB_GitaCivika.

 

Semoga Bermanfaat:)) Terimakasih

 

SEJARAH UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Universitas Negeri Gorontalo mulai didirikan sejak tanggal 1 September 1963 dengan nama awal Junior College yang menjadi bagian dari FKIP UNSULTENG. Selanjutnya di tahun 1964 mengalami perubahan status menjadi FKIP IKIP Yogyakarta cabang Manado, yang kemudian bergabung dengan IKIP Manado Cabang Gorontalo pada tahun 1965. Tidak berhenti di situ, pada tahun 1982 lembaga tersebut menjadi Fakultas di Universitas Sam Ratulangi dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNSRAT Manado di Gorontalo.

Lembaga ini kemudian akhirnya secara resmi berdiri sendiri melalui Keputusan Presiden RI No. 9 tahun 1993 dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gorontalo. Selanjutnya, STKIP Gorontalo mengalami peningkatan status menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Gorontalo pada tanggal 5 Februari 2001, sebelum akhirnya diresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo oleh Presiden Megawati di tanggal 23 Juni 2004.

LAMBANG UNIVERSITAS GORONTALO

Keterangan Lambang :

1. Kurva segi lima sama sisi adalah ornamen khas daerah Gorontalo melambangkan lima sila dari dasar negara pancasila yang menjadi azas UNG, serta lima sendi         peradaban Gorontalo yang disebut {Payu Limo toTalu, Lipu Pei Hulalu}.

2. Kerangka bunga teratai yang telah mekar penuh mengandung harapan UNG akan menghasilkan SDM yang utuh dan berkualitas.

3. Lingkaran bola dunia melambangkan komitmen untuk mencapai visi, misi dan tujuan UNG, sedangkan warna biru melambangkan keamanan dan perdamaian.

4. Buku berwarna putih yang terbuka memiliki makna sikap terbuka dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya.

5. Pena berbentuk ornamen lima mata melambangkan antara ilmu agama, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya merupakan satu kesatua yang utuh dalam         dunia pendidikan.

6. Mahkota raja berwarna hitam dengan hiasan kuning emas melambangkan kebudayaan, keteguhan dan kejayaan suatu martabat. 23 butir emas melambangkan hari     bersejarah masyarakat Gorontalo, di mana tanggal 23 Januari 1942 sebagai hari kemerdekaan masyarakat Gorontalo dan sekaligus tanggal 23 Juni 2004 hari               peresmian UNG oleh Presiden RI.

7. Sayap burung Maleo berwarna jingga melambangkan semangat juang yang tinggi serta gerakan dinamis civitas akademika dalam mengembangkan UNG.

 

VISI MISI UNG

A. Visi

Terwujudnya Universitas yang berdaya saing untuk menciptakan insan yang cerdas, terampil dan berkarakter.

B. Misi

Misi Universitas Negeri Gorontalo :

1. Menguatkan dan memberdayakan keunggulan Universitas Negeri Gorontalo sehingga menjadi Perguruan Tinggi bermutu agar dapat menghasilkan sumberdaya    manusia yang cerdas dan berkarater .

2. Menguatkan daya saing melalui penggunaan Informasi teknologi dan layanan prima di bidang akademik dan non akademik berdasarkan, efisiensi, transparansi dan akuntabel.

3. Menyelaraskan kapasitas SDM Universitas Negeri Gorontalo dengan tuntutan otonomi kampus, perubahan sosial, dan perkembangan global melalui keterampilan hard skills dan soft skills.

4. Pencitraan Universitas Negeri Gorontalo melalui penataan lingkungan untuk menciptakan kampus sebagai pusat ilmu.

 

FAKULTAS DAN PRODI

 

Fakultas Ilmu Pendidikan

1. Prodi Bimbingan dan Konseling

Prodi ini mempelajari  pemberian bantuan konsultasi melalui ilmu pendidikan dan psikologi. Saat lulus, kamu dapat menjadi konselor, tenaga di perusahaan atau guru dan dosen  bimbingan konseling.

2. Prodi Pendidikan Anak Usia Dini

Jurusan ini cocok untuk kalian yang suka berinteraksi dengan anak. Kamu akan mempelajari pendidikan yang tepat untuk anak. Nantinya kamu dapat berkarir sebagai guru PAUD, dosen dan konsultan anak.

3. Prodi Manajemen Pendidikan

Di prodi ini kamu tidak hanya diajarkan tata usaha (TU) sekolah tetapi juga proses pengarahan dan pengintegrasian untuk capaian pendidikan. Jadi, kamu bisa berkarir sebagai di Dinas Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Tenaga Pengajar dan Staf TU.

4. Prodi Pendidikan Luar Sekolah

Di prodi ini kamu akan belajar cara menjadi tenaga akademik profesional di bidang pendidikan formal maupun informal. Setelah lulus, kamu dapat berkontribusi di instansi pemerintah atau masyarakat. Misalnya sebagai pengelola, pengembang desa dan wirausahawan.

5. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru Sekolah Dasar (SD). Program studi ini menjadi favorit bagi siswa SMA yang ingin terjun di dunia pendidikan. Di sini, para mahasiswa mempelajari semua materi pelajaran SD seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pkn, IPS, IPA, Kesenian, dan sebagainya.

 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

1. Prodi Matematika / Pendidikan Matematika

Kamu akan mempelajari matematika murni, terapan dan teknik survei. Setelah itu kamu bisa berkarir di lembaga survei seperti Badan Pusat Statistik, peneliti, guru atau dosen.

2. Prodi Biologi / Pendidikan biologi

Disini kamu akan belajar ilmu biologi murni dan terapan yang cakupannya luas, seperti bioteknologi dan ilmu lingkungan. Sehingga kamu bisa berprofesi sebagai peneliti, dosen, guru, atau staf di lembaga pelestari lingkungan.

3. Prodi  Kimia / Pendidikan Kimia

Kamu tertarik mempelajari  ilmu kimia mendetail? Kamu bisa memilih prodi pendidikan kimia. Kamu akan diajarkan ilmu kimia pengembangan maupun terapannya dalam keseharian, sebagai persiapan berkarier sebagai peneliti, guru dan dosen.

4. Prodi   Fisika / Pendidikan Fisika

Kamu tertarik membuat pesawat seperti B.J.Habibie? Salah satu ilmu yang harus kamu pelajari yaitu fisika. Di prodi ini diajarkan tentang fisika di kehidupan manusia. Nantinya kamu berkarir sebagai ilmuwan, peneliti, guru dan dosen fisika.

5. Prodi  Geografi

Di pendidikan geografi, kamu mempelajari fenomena alam dan manusia dari sudut pandang keruangan bumi. Kamu bisa kerkarir sebagai perencana tata kota, ahli pemetaan, klimatolog atau peneliti.

6. Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Pendidikan IPA) merupakan program studi yang mempelajari bagaimana menjadi seorang pendidik atau guru mata pelajaran IPA. Pada program studi ini selain akan diajarkan materi tentang IPA, juga akan diajarkan teknik pengajaran, sesuai dengan ruang lingkupnya, baik ruang lingkup SD, SMP, hingga SMA.

7. Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan akan membuatmu menguasai bidang ilmu pokok: Selain itu, program studi ini juga akan membekali kamu dengan integritas moral, religiusitas yang tinggi, kepribadian yang mantap, keyakinan akan kebenaran Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Kamu akan dilatih untuk mampu merencanakan, melaksanakan (strategi, metode,pengelolaan kelas, media, dll), mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan dalam berbagai jenjang pendidikan.

8. Prodi Statistika

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Fungsi dari statistika sendiri adalah sebagai pijakan untuk pengambilan keputusan. Tanpa analisis data yang akurat, pengambilan keputusan yang tepat tidak akan pernah bisa terjadi. Statistika banyak diterapkan pada berbagai disiplin ilmu, baik ilmu sosial ataupun ilmu pasti.

 

Fakultas Ilmu Sosial

1. Prodi  Sosiologi

Prodi ini pas untuk kamu yang ingin mendalami interaksi sosial, sosiologi interpretasi dan budaya di masyarakat. Lulusannya dapat berkarir menjadi peneliti sosial, pebisnis dan jurnalis

2. Prodi  Sejarah

Kamu yang mau belajar sejarah manusia akan mendapatkan ilmu di prodi ini. Nantinya, kamu bisa menjadi sejarawan, jurnalis atau dosen.

3. Prodi  Ilmu Komunikasi

Kamu yang ingin mempelajari komunikasi secara teori maupun praktik bisa memilih prodi komunikasi. Pilihan karirnya yaitu jurnalis, public relations dan pekerjaan lain terkait media dan periklanan.

 

Fakultas Sastra dan Budaya

1. Prodi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ilmu seperti teori sastra, kritik sastra, kebahasaan dan kemampuan dasar berbahasa bisa memilih prodi ini. Kamu dapat berkarir menjadi sastrawan, editor, wartawan dan pustakawan.

2. Prodi  Pendidikan Bahasa Inggris

Di prodi ini, kamu akan dibekali ilmu Bahasa Inggris dasar sampai perkembangannya. Biasanya, lulusan prodi ini berkarir sebagai guru, jurnalis, asisten public relation dan copywriter.

3. Prodi  Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik

Kamu yang berjiwa seni atau ingin mendalami tari, drama dan musik bisa menimba ilmu di prodi ini. Kamu bisa berkarir sebagai seniman, pelatih atau guru kesenian.

4. Prodi Pariwisata

Traveling jadi hal yang disukai banyak orang. Kamu bisa mendalami ilmu pariwisata dan cara pengembangannya di prodi ini. Setelah lulus, kamu dapat menjadi konsultan pariwisata atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta.

5. Prodi Pendidikan Seni Rupa

Seni Rupa adalah bidang seni yang bermula dari pemahaman tradisi “fine art,” sebuah wacana dari modernisme yang dikembangkan dalam kesadaran nilai-nilai lokal juga global. Kamu akan diajari cara berekspresi melalui melukis, seni grafis, seni pahat, kerajinan, dan sebagainya. Kuliah di jurusan ini juga akan mempelajari sejarah seni, komposisi, dan tematik dalam karya seni.

 

Fakultas Teknik

1. Prodi  Teknik Sipil

Kamu yang memilih teknik sipil akan belajar perencanaan dan pelaksanaan proyek konstruksi bangunan. Ilmu ini akan bermanfaat untuk kamu yang ingin berkarir sebagai kontraktor atau arsitek.

2. Prodi  Teknik Industri

Teknik industri melibatkan banyak disiplin ilmu, seperti teknik, matematika, fisika hingga ilmu sosial. Banyak sarjana dari prodi ini yang berkarir di berbagai bidang industri, baik di bagian produksi, safety, quality control hingga pemasaran.

3. Prodi  Teknik Elektronika

Pada prodi teknik elektro, kamu akan mempelajari teknik sifat elektron dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mendukung kamu saat berkarier menjadi teknisi telekomunikasi, PNS dan pegawai BUMN seperti di PLN.

4. Prodi  Teknik Arsitektur

Kamu yang memilih teknik arsitektur akan mempelajari ilmu desain dan rancang bangunan. Sehingga setelah lulus, kamu dapat berkarir sebagai konsultan dan arsitek.

5. Prodi Teknik Mesin

Mempelajari prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin serta ilmu kependidikan sebagai calon guru

6. Prodi Pendidikan Teknologi Informasi

Program studi Pendidikan Teknologi Informasi merupakan program studi yang bertujuan untuk mempersiapkan seorang inovator pendidikan yang tidak hanya berkompeten dalam merancang suatu inovasi pembelajaran, namun juga terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk tercapainya tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan dari peserta didik.

7. Prodi Sistem Informasi

Pada program studi Sistem Informasi (SI) akan dipelajari tentang bagaimana mendesain sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis.

8. Prodi Teknik Geologi

Teknik Geologi adalah ilmu yang mempelajari komposisi bumi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Ketika para mahasiswa mempelajari Geologi, maka mereka juga belajar untuk bisa memberikan solusi terhadap permasalahan bumi. Pada program studi ini, mahasiswa akan mempelajari banyak hal tentang ilmu bumi yang meliputi perminyakan, pertambangan, geotermal, mitigasi bencana, dan lain sebagainya.

 

Fakultas Pertanian

1. Prodi  Ilmu dan Teknologi Pangan

Prodi ilmu dan teknologi pangan mempelajari rekayasa proses pangan sampai manajemen industrinya. Ini pas banget untuk kamu yang ingin menjadi konsultan pangan atau bekerja di bagian pengendalian mutu dari suatu produk.

2. Prodi  Agribisnis

Pada jurusan agribisnis, kamu akan mempelajari ilmu bisnis yang berhubungan dengan industri perkebunan maupun pertanian. Setelah lulus, kamu dapat berkarir sebagai peneliti, pengusaha agribisnis atau tim quality control di perkebunan.

3. Prodi  Agroteknologi

Agroteknologi mempelajari berbagai teknik pengembangan varian tanaman unggulan atau teknologi lain di dunia pertanian. Kamu dapat berprofesi sebagai peneliti, dosen atau wiraswasta di bidang pertanian.

4. Prodi Peternakan

Prodi ini mempelajari teknologi produksi dan manajemen peternakan untuk memaksimalkan produktivitas ternak. Setelah lulus, kamu bisa berkarir di posisi manajerial atau operasional dalam perusahaan peternakan, instansi pemerintah, balai penelitian atau wirausahawan.

 

Fakultas Olahraga dan Kesehatan

1. Prodi  Kesehatan Masyarakat

Prodi ini mempelajari kesehatan masyarakat pada tingkat global, melalui pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat. Dengan ilmu tersebut kamu dapat berkarir sebagai manajer rumah sakit, supervisor perusahaan makanan serta promotor dan analis kesehatan.

2. Prodi  Farmasi

Apa kamu tertarik belajar meracik obat? Kamu bisa mendalaminya di prodi farmasi. Kamu juga mempelajari cara standarisasi obat, pendistribusian dan penggunaannya. Setelah lulus, kamu dapat menjadi apoteker atau staf di perusahaan obat.

3. Prodi Keperawatan

Kamu akan mempelajari dunia perawat, seperti ilmu bio-psiko-sosio di bidang kesehatan serta pelayanan kesehatan yang baik. Setelah lulus, kamu dapat berprofesi sebagai perawat atau dosen ilmu keperawatan.

4. Prodi  Pendidikan Kepelatihan dan Olahraga

Di prodi pendidikan kepelatihan dan olahraga, kamu akan belajar teknik pelatihan olahraga yang dibutuhkan untuk akademisi maupun olahragawan profesional. Nantinya kamu bisa berkarir sebagai pelatih olahraga, guru atau dosen.

5. Prodi Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Kamu akan mempelajari ilmu olahraga dan sport internpreneurship. Nantinya kamu akan berkarir sebagai pembina olahraga rekreasi, wirausaha, dan guru atau dosen mata pelajaran jasmani,kesehatan dan rekreasi

 

Fakultas Ekonomi

1. Prodi  Manajemen

Pada prodi manajemen, kamu akan belajar ilmu akuntansi, ekonomi, bisnis sampai pemasaran. Setelah lulus, kamu bisa meniti karir sebagai manajer perusahaan. Ada juga pilihan profesi lain, seperti administrator keuangan, supervisor, atau wiraswasta dengan bekal kemampuan manajerial.

2. Prodi  Akutansi

Prodi ini cocok untuk kamu yang bercita-cita menjadi akuntan, administrator pajak, auditor atau karir lain di dunia perbankan. Kamu akan mempelajari ilmu keuangan, seperti perhitungan neraca, cash flow dan laporan laba rugi.

3. Prodi  Pendidikan Ekonomi

Di prodi ini, kamu akan mempelajari pendidikan ekonomi, akuntansi dan administrasi perkantoran, temasuk proses-prosesnya. Kamu dapat berkarir sebagai guru atau dosen bidang ekonomi.

4. Prodi Administrasi Publik

Prodi ini mempelajari seluk beluk pemerintahan, masyarakat, dan kebijakan publik. Singkatnya, di prodi ini kamu akan mempelajari tentang sistem pemerintahan, pembuatan kebijakan hingga pengimplementasian dan evaluasi nya, dan pelayanan masyarakat, serta segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan birokratis.

5. Prodi Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu bagian dari ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang. Pembangunan tersebut mencakup industri, perbankan, keuangan, dan bisnis.

 

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

1. Prodi  Manajemen Sumberdaya Perairan

Prodi ini mempelajari sumberdaya perairan laut dan pesisir, seperti pengelolaan, masalah lingkungan dan kehidupan sosial masyarakat. Kamu disiapkan untuk menjadi ahli di bidang perairan laut. Jadi kamu bisa berkarir di instansi kelautan swasta atau pemerintahan dan menjadi wiraswasta.

2. Prodi Budidaya Perairan

Kamu akan mempelajari tentang budidaya perikanan ikan air tawar, air payau dan air asin, manajemen kesehatan ikan, pengembangan pakan dan industri perikanan. Setelah lulus kamu bisa berkarir menjadi pengusaha, PNS dinas perikanan atau balai penelitian dan wirausahawan.

3. Prodi Teknologi Hasil Perikanan

Kamu akan mempelajari  teknologi pengolahan sumberdaya perikanan seperti tataniaga hasil perikanan, manajemen pakan dan ekonomi perikanan. Setelah lulus kamu bisa berkarir di industri perikanan, dinas perikanan atau menjadi wirausahawan,

 

Fakultas Hukum

Fakultas ini memiliki satu prodi yaitu ilmu hukum. kamu yang tertarik mempelajari hak asasi manusia dan berbagai bidang ilmu hukum bisa mendapatkannya ilmunya di sini. Setelah lulus, kamu dapat berkarir menjadi advokat, pengacara, peneliti hukum, sekretaris hukum, hakim dan jaksa.

 

Fakultas Kedokteran

Fakultas ini sama seperti fakultas hukum yang hanya memiliki satu prodi saja.  Di prodi ini kamu akan mempelajari ilmu medis, bagaimana memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit. Untuk mempelajari ilmu kedokteran ini, kamu harus memahami anatomi, fungsi, dan interaksi yang terjadi pada tubuh manusia, mulai dari tulang, otot, saraf, dan indera. Selain anatomi, kamu juga akan belajar histologi, fisiologi, dan biokimia. Setelah memahami fungsi dasar bagian tubuh, kamu juga akan belajar tentang penyakit dan obat-obatan. Dan pastinya, di prodi ini, kamu akan mempelajari tata cara pemeriksaan pasien dan menginterpretasi hasil pemeriksaan tersebut.

 

sekian terimakasih :) semoga bermanfaat :))

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong