ARSIP BULANAN : February 2013

Kekerasan Dalam Rumah Tangga II

27 February 2013 08:20:29 Dibaca : 136

Kekerasan dalam rumah tangga (disingkat KDRT) adalah kekerasan yang dilakukan di dalam rumah tangga baik oleh suami maupun oleh istri. KDRT adalah setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan/atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga.

Sebagian besar korban KDRT adalah kaum perempuan (istri) dan pelakunya adalah suami, walaupun ada juga korban justru sebaliknya, atau orang-orang yang tersubordinasi di dalam rumah tangga itu. Pelaku atau korban KDRT adalah orang yang mempunyai hubungan darah, perkawinan, persusuan, pengasuhan, perwalian dengan suami, dan anak bahkan pembatu rumah tangga, tinggal di rumah ini. Ironisnya kasus KDRT sering ditutup-tutupi oleh si korban karena terpaut dengan struktur budaya, agama dan sistem hukum yang belum dipahami. Padahal perlindungan oleh negara dan masyarakat bertujuan untuk memberi rasa aman terhadap korban serta menindak pelakunya.

Beberapa factor menjadikan penyebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga seperti ketidaksetaraan antara laki – laki dan perempuan baik dalam berkeluarga. Kehidupan ekonomi juga menjadi pemicu akan kekerasan dalam rumah tangga, namun semua itu dapat dicegah asalkan kita dalam berumah tangga dapat saling terbuka dan saling menghargai sebagai psangan.

Upaya-upaya dalam pemenuhan hak-hak korban KDRT harus diakui kehadiran UU PKDRT membuka jalan bagi terungkapnya kasus KDRT dan upaya perlindungan hak-hak korban. Dimana, awalnya KDRT dianggap sebagai wilayah privat yang tidak seorang pun diluar lingkungan rumah tangga dapat memasukinya. Lebih kurang empat tahun sejak pengesahannya pada tahun 2004, dalam perjalanannya UU ini masih ada beberapa pasal yang tidak menguntungkan bagi perempuan korban kekerasan. PP No. 4 tahun 2006 tentang Pemulihan merupakan peraturan pelaksana dari UU ini, yang diharapkan mempermudah proses implementasi UU sebagaimana yang tertera dalam mandat UU ini.

Selain itu, walaupun UU ini dimaksudkan memberikan efek jera bagi pelaku KDRT, ancaman hukuman yang tidak mencantumkan hukuman minimal dan hanya hukuman maksimal sehingga berupa ancaman hukuman alternatif kurungan atau denda terasa terlalu ringan bila dibandingkan dengan dampak yang diterima korban, bahkan lebih menguntungkan bila menggunakan ketentuan hukum sebagaimana yang diatur dalam KUHP.Untuk beberapa kasus kekerasan seperti korban mengalami cacat fisik, psikis, atau bahkan korban meninggal. Sebagai UU yang memfokuskan pada proses penanganan hukum pidana dan penghukuman dari korban, untuk itu, perlu upaya strategis diluar diri korban guna mendukung dan memberikan perlindungan bagi korban dalam rangka mengungkapkan kasus KDRT yang menimpanya.

KDRT merupakan permasalahan yang sering terjadi didalam rumah tangga. Oleh karena itu harus dilakukan pencegahan secara dini. Pendidikan agama dan pengamalan ajaran agama di rumah tangga merupakan kunci sukses untuk mencegah terjadinya KDRTUntuk mencegah KDRT di rumah tangga, harus dikembangkan cinta kasih dan kasih saying. Sejak dini. Ibu bisa berperan besar dalam hal mengajarkan kepada anak-anak dirumah untuk saling mencintai dan saling menyayangi. Demikian juga PKK sebagai organisasi dapat memberi terus-menerus pencerahan dan penyadaran kepada kaum perempuan.

Oleh karena pelaku utama KDRT pada umumnya adalah suami, maka peranan para pemuka agama, pendidik, sosiolog dan cendekiawan, harus berada digarda terdepan untuk terus menyuarakan pentingnya rumah tangga sebagai unit terkecil dalam masyarakat untuk dibangun secara baik dan jauh dari KDRT. Supaya terkomunikasikan hal tersebut kepada masyarakat luas, maka peranan dan partisipasi media sangat penting dan menentukan.Amalkan sebuah pepatah “Rumahku Istanaku”. Betapapun keadaannya sebuah rumah, maka rumah harus menjadi tempat yang memberi kehangatan, ketenangan, kedamaian, perlindungan, dan kebahagian kepada seluruh anggota keluarga.

 

http://edukasi.kompasiana.com

Kekerasan Dalam Rumah Tangga

27 February 2013 08:17:25 Dibaca : 64

Tindak kekerasan di dalam rumah tangga (domestic violence) merupakan jenis kejahatan yang kurang mendapatkan perhatian dan jangkauan hukum. Tindak kekerasan di dalam rumah tangga pada umumnya melibatkan pelaku dan korban diantara anggota keluarga di dalam rumah tangga, sedangkan bentuk tindak kekerasan bisa berupa kekerasan fisik dan kekerasan verbal (ancaman kekerasan). Pelaku dan korban tindak kekerasan didalam rumah tangga bisa menimpa siapa saja, tidak dibatasi oleh strata, status sosial, tingkat pendidikan, dan suku bangsa.

Tindak kekerasan pada istri dalam rumah tangga merupakan masalah sosial yang serius, akan tetapi kurang mendapat tanggapan dari masyarakat dan para penegak hukum karena beberapa alasan, pertama: ketiadaan statistik kriminal yang akurat, kedua: tindak kekerasan pada istri dalam rumah tangga memiliki ruang lingkup sangat pribadi dan terjaga privacynya berkaitan dengan kesucian dan keharmonisan rumah tangga (sanctitive of the home), ketiga: tindak kekerasan pada istri dianggap wajar karena hak suami sebagai pemimpin dan kepala keluarga, keempat: tindak kekerasan pada istri dalam rumah tangga terjadi dalam lembaga legal yaitu perkawinan. (Hasbianto, 1996).

Sebagian besar perempuan sering bereaksi pasif dan apatis terhadap tindak kekerasan yang dihadapi. Ini memantapkan kondisi tersembunyi terjadinya tindak kekerasan pada istri yang diperbuat oleh suami. Kenyataan ini menyebabkan minimnya respon masyarakat terhadap tindakan yang dilakukan suami dalam ikatan pernikahan. Istri memendam sendiri persoalan tersebut, tidak tahu bagaimana menyelesaikan dan semakin yakin pada anggapan yang keliru, suami dominan terhadap istri. Rumah tangga, keluarga merupakan suatu institusi sosial paling kecil dan bersifat otonom, sehingga menjadi wilayah domestik yang tertutup dari jangkauan kekuasaan publik.

 

http://shetyadam.blogspot.com

Torosiaje, kampungnya suku bajo

24 February 2013 16:22:17 Dibaca : 79

GORONTALO, KOMPAS.com- Provinsi Gorontalo memiliki obyek wisata laut yang terletak di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato, yang berjarak tujuh jam perjalanan ke arah barat dari Kota Gorontalo.

Obyek wisata itu adalah kampung Suku Bajo, yang dikenal sebagai pelaut ulung, di Desa Torosiaje.

Desa Torosiaje atau juga dikenal sebagai Kampung Bajo berada di atas air laut Teluk Tomini dan berjarak sekitar 600 meter dari daratan.

Ada sekitar 250 rumah di Kampung Bajo yang berbentuk panggung di atas perairan Teluk Tomini.

Semua rumah di kampung yang dihuni sekitar 1.400 jiwa itu terbuat dari kayu dan masing-masing rumah terhubung dengan koridor yang juga terbuat dari kayu.

Panjang koridor yang berbentuk huruf "U" itu sekitar 2,2 kilometer. Setiba di dermaga, setiap pengunjung yang hendak ke Kampung Bajo bisa naik ojek perahu yang dipungut ongkos Rp 2.000 setiap orang.

Waktu tempuh dari dermaga ke Kampung Bajo sekitar 5-7 menit. Uniknya, begitu memasuki perkampungan Bajo, perahu akan melintas di bawah koridor kayu sekaligus sela-sela rumah warga.

Tak perlu khawatir mencari penginapan di Kampung Bajo, khususnya bagi pengunjung yang ingin bermalam di sana.

Di bagian ujung Kampung Bajo ada penginapan yang dikelola Dinas Pariwisata Kabupaten Pohuwato.

Dengan kondisi yang sederhana, setiap kamar dipungut biaya Rp 100.000. Ada enam kamar yang tersedia di penginapan tersebut.

"Selain kamar penginapan, rumah warga di Kampung Bajo juga disewakan bagi tamu. Tarifnya pun sama, yakni Rp 100.000 per kamar, " ujar Akbar Arsyad Mile (37), penanggung jawab pariwisata di Kampung Bajo, yang ditemui Kompas di rumahnya pekan lalu.

Terkait sejarah Suku Bajo di Torosiaje, tokoh di Kampung Bajo, Yoote Repi (65), menuturkan, nama Torosiaje sudah ada sejak 1901.

Dalam bahasa Bajo, toro artinya tanjung, dan siaje adalah nama panggilan seseorang yang menemukan tanjung tersebut, yakni si Aje (Haji).

Awalnya, hanya ada beberapa rumah panggung yang didiami orang-orang Suku Bajo. Lambat laun, makin banyak Suku Bajo yang bermukim di wilayah tersebut.

"Sejak 2004, permukiman di Kampung Bajo ditata lebih baik seperti sekarang ini," ucap Yoote.

Salah satu wisatawan di Kampung Bajo, Andri Arnold (35), mengaku terpesona dengan keindahan wisata laut di kampung itu.

Selain pemandangan matahari tenggelam, menginap di permukaan air laut Teluk Tomini memberi sensasi yang beda dibanding obyek wisata pada umumnya.

"Ini adalah kunjungan saya yang kedua di Torosiaje. Udaranya segar dan pemandangan lautnya menawan," kata Andri.

Rahasia wanita yang tidak boleh dibaca wanita

24 February 2013 16:04:25 Dibaca : 76

Memang tidak ada yang mengetahui apa isi hati setiap wanita. Apalagi isi hati kaum perempuan terkadang sulit untuk diterka. Terkadang ingin A tapi besoknya bisa berubah jadi B. Bagaimana dengan rahasia-rahasia wanita yang ada dalam hati, berikut rahasianya :

1. Bila seorang wanita mengatakan dia sedang bersedih,tetapi dia tidak meneteskan airmata,itu berarti dia sedang menangis di dalam hatinya.

2. Bila dia tidak menghiraukan kamu setelah kamu menyakiti hatinya,lebih baik kamu beri dia waktu untuk menenangkan hatinya sebelum kamu menegur dengan ucapan maaf.

3. Wanita sulit untuk mencari sesuatu yang dia benci tentang orang yang paling dia sayang (karena itu banyak wanita yang patah hati bila hubungannya putus di tengah jalan).

4. Jika sorang wanita jatuh cinta dengan seorang lelaki,lelaki itu akan sentiasa ada di pikirannya walaupun ketika dia sedang dengan lelaki lain.

5. Bila lelaki yang dia cintai merenung tajam ke dalam matanya,dia akan cair seperti coklat!!

6. Wanita memang menyukai pujian tetapi selalu tidak tahu cara menerima pujian.

7. Jika kamu tidak suka dengan gadis yang menyukai kamu setengah mati,tolak cintanya dengan lembut,jangan kasar karena ada satu semangat dalam diri wanita yang kamu tak akan tahu bila dia telah membuat keputusan,dia akan melakukan apa saja.

8. Jika seorang gadis sedang menjauhkan diri darimu setelah kamu tolak cintanya,biarkan dia untuk seketika.Jika kamu masih ingin menganggap dia seorang kawan,cobalah tegur dia perlahan-lahan.

9. Wanita suka meluahkan apa yang mereka rasa.Musik,puisi,lukisan dan tulisan adalah cara termudah mereka meluahkan isi hati mereka.

10.Jangan sesekali beritahu kepada perempuan tentang apa yang membuat mereka langsung merasa tak berguna.

11.Bersikap terlalu serius bisa mematikan mood wanita.

12.Bila pertama kali lelaki yang dicintainya sedang diam memberikan respon positif,misalnya menghubunginya melalui telepon,si gadis akan bersikap acuh tak acuh seolah-olah tidak berminat,tetapi sebenarnya dia akan berteriak senang dan tak sampai sepuluh minit,semua teman-temannya akan tahu berita tersebut.

13.Sebuah senyuman memberi seribu arti bagi wanita.Jadi jangan senyum sembarangan kepada wanita.

14.Jika kamu menyukai sorang wanita, mulailah dengan persahabatan.Kemudian biarkan dia mengenalmu lebih dalam.

15.Jika sorang wanita memberi seribu satu alasan setiap kali kamu ajak keluar,tinggalkan dia karena dia memang tak berminat denganmu.

16.Tetapi jika dalam waktu yang sama dia menghubungimu atau menunggu panggilan darimu,teruskan usahamu untuk memikatnya.

17.Jangan sesekali menebak apa yang dirasakannya.Tanya dia sendiri!!

18.Setelah sorang gadis jatuh cinta,dia akan sering bertanya-tanya mengapa aku tak bertemu lelaki ini lebih awal.

19.Kalau kamu masih mencari-cari cara yang paling romantis untuk memikat hati sorang gadis,bacalah buku-buku cinta.

20.Bila setiap kali melihat foto bersama,yang pertama dicari oleh wanita ialah siapa yang berdiri di sebelah buah hatinya,kemudian barulah dirinya sendiri.

21.Mantan pacarnya akan selalu ada di pikirannya tetapi lelaki yang dicintainya sekarang akan berada di tempat teristimewa di hatinya!!

22.Satu ucapan ‘Hi’ saja sudah cukup menceriakan harinya.

23.Teman baiknya saja yang tahu apa yang sedang dia rasa dan lalui.

24.Wanita paling benci lelaki yang berbaik-baik dengan mereka semata-mata untuk menggaet kawan mereka yang paling cantik.

25.Cinta berarti kesetiaan, jujur dan kebahagiaan tanpa syarat.

26.Semua wanita menginginkan seorang lelaki yang dicintainya dengan sepenuh hati..

27.Senjata wanita adalah airmata!!

28.Wanita suka jika sesekali orang yang disayanginya memberi surprise buatnya (hadiah, bunga atau sekadar kata-kata romantis).Mereka akan terharu dan merasakan bahwa dirinya dicintai setulus hati.Dengan ini dia tak akan ragu-ragu terhadapmu.

29.Wanita mudah jatuh hati pada lelaki yang perhatian padanya dan baik terhadapnya.So,kalau mau memikat wanita pandai-pandailah..

30. Sebenarnya mudah mengambil hati wanita kerena apa yang dia mau hanyalah perasaan dicintai dan disayangi sepenuh jiwa.

 

SUMBER : http://www.eocommunity.com

25 Universitas Terbaik Dunia 2012 - 2013

24 February 2013 16:00:51 Dibaca : 58

QS World University Rankings mengeluarkan daftar universitas terbaik dunia untuk 2012. Tahun ini, pemuncak dipegang Massachusetts Institute of Technology (MIT) dari Amerika Serikat yang menggeser University of Cambridge, Inggris, ke posisi nomor dua.

Tahun lalu, MIT hanya bertengger di posisi tiga, posisi yang kini ditempati Universitas Harvard, Amerika Serikat. Kedigdayaan perguruan-perguruan tinggi dari Amerika dan Inggris ini begitu terasa, sehingga 25 besar didominasi perguruan dari kedua negara itu.

Perguruan tinggi dari luar dua negara itu paling tinggi berada di posisi 13 yaitu ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology) dari Swiss. Kemudian pada no 18 dan 19 ada dua perguruan tinggi dari Kanada, McGill University dan University of Toronto.

Sementara perguruan tinggi dari Asia yang paling tinggi adalah University of Hong Kong yang berada di nomor 23. Kemudian di posisi 24, Australian National University; dan 25, National University of Singapore (NUS).

Ada enam indikator yang dipakai untuk menentukan ranking universitas ini yakni 40 persen reputasi akademik yang ditemukan berdasarkan survei global, 10 persen reputasi pengajar, 20 persen kutipan ilmiah per fakultas, 20 persen rasio mahasiswa di fakultas, 5 persen proporsi mahasiswa internasional dan 5 persen lagi, proporsi fakultas internasional.

Ada lima bidang yang menjadi kajian yakni seni dan humaniora, teknik dan teknologi, ilmu alam dan kedokteran, ilmu pasti, dan ilmu sosial dan manajemen.

Berikut urutan 1-25 terbaik dunia:

1. Massachusetts Institute of Technology (Amerika Serikat);

2. University of Cambridge (Inggris);

3. Harvard University (Amerika Serikat);

4. University College London (Inggris);

5. University of Oxford (Inggris);

6. Imperial College London (Inggris);

7. Yale University (Amerika Serikat);

8. University of Chicago (Amerika Serikat);

9. Princeton University (Amerika Serikat);

10. California Institute of Technology (Caltech) (Amerika Serikat);

11. Columbia University (Amerika Serikat);

12. University of Pennsylvania (Amerika Serikat);

13. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology) (Swiss);

14. Cornell University (Amerika Serikat);

15. Stanford University (Amerika Serikat);

16. Johns Hopkins University (Amerika Serikat);

17. University of Michigan (Amerika Serikat);

18. McGill University (Kanada);

19. University of Toronto (Kanada);

20. Duke University (Amerika Serikat);

21. University of Edinburgh (Inggris);

22. University of California, Berkeley (UCB) (Amerika Serikat);

23. University of Hong Kong (Hong Kong);

24. Australian National University (Australia); dan

25. National University of Singapore (NUS) (Singapura).

 

SUMBER : http://www.eocommunity.com