UNG Akan Gunakan Cyberoam Untuk Peningkatan Keamanan Jaringan Internet

07 October 2012 09:58:26 Dibaca : 737

Di era informasi sekarang ini, kebutuhan konektivitas internet tak dapat dipungkiri lagi. terlebih saat ini  Universitas Negeri Gorontalo yang merupakan kampus yang  berkomitmen untuk menjadi kampus yang berbasis ICT tentu penggunan akan internet akan semakin tinggi.namun di balik itu ketika pertahanan konektivitas  user lemah, akan sangat rentan terhadap ancaman serangan virus, malware, spam, trojan dan serangan insider lainnya seperti pencurian dan kebocoran data.

 Keamanan menjadi hal terpenting dalam sistem jaringan komputer yang ada, Kini Universitas Negeri Gorontalo,melalui Pusat teknologi informasi dan komunikasi (Pustikom),telah mencari terobosan dalam mengantisipasi berbagai masalah dalam penggunaan internet.sebagi realisasinya UNG akan menggunakan  produk pengaman jaringan terkini dibuat dengan berbagai fitur pengamanan.dimana  produk kemanan ini memiliki fitur keamanan berlapis terutama yang berbasis identitas user dalam jaringan.

Rencananya produk canggih Cyberoam, Unified Threat Management (UTM) merupakan peralatan yang mengintegrasikan beberapa fitur keamanan seperti Firewall, VPN, Intrusion Prevention System, Anti-Virus dan Anti-Spyware, Anti-Spam, Web Filtering, Layer 7 Visibility dan Control, Bandwidth Management, Multiple Link Management, dan lain sebagainya pada satu platform ujar marketing cyberoam yang kemarin(2/O5) memperkenalkan produknya kehadapan staf Pustikom,yang kegiatannya tersebut dilaksanakan dilantai dua video confrens Pustikom. Selain itu cyberoam yang juga merupakan alat canggih  yang terbentuk atas arsitektur keamanan menyeluruh dengan prosesor multicore memungkinkannya untuk menawarkan keamanan masa depan yang lebih siap dan lebih cepat,yang nantinya cocok di  gunakan UNG dalam pengembangan jaringan yang kini telah dimiliki.

Semua piranti Cyberoam memiliki keunggulan berupa kemampuan yang memadukan tiga unsur pengamanan.Pengamanan pertama berupa User-MAC binding, yang akan mengamankan jaringan berdasarkan keunikan identitas user dan komputer yang digunakannya .Pengamanan kedua berupa pencegahan penyusupan dari luar dengan cara mencuri identitas user untuk mendapatkan akses jaringan. Dan yang ketiga berupa penerapan teknologi Threat Free Tunneling (TFT) untuk mengamankan jaringan internal dengan media internet atau VPN dari serangan malware atau spam.

Selain itu juga Firewall hardware Cyberoam menawarkan inspeksi Stateful Packet mendalam untuk jaringan, dan aplikasi keamanan pengguna berbasis identitas. Cyberoam UTM Firewall melindungi sehingga organisasi dari DoS, DDoS IP Spoofing dan serangan lainnya. Paten Cyberoam terbaru adalah Layer  8 Identity berdasarkan firewall alat-manusia yang memungkinkan profil berdasarkan kebijakan-kerja dan sebuah antarmuka tunggal untuk penyusunan kebijakan di semua fitur UTM, serta memberikan kemudahan manajemen dan keamanan yang tinggi dengan fleksibilitas yang bisa diandalkan.

Keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh Produk Cyberoam ini nantinya akan digunakan UNG,karena dianggap dapat meningkatkan produktifitas setiap user,dalam hal ini mahasiswa,pegawai,dan dosen yang ada.ini dikarenakan cyberoam dapat terintegrasi dengan manajemen bandwit sesuai apa yang sebelumnya dijelaskan sebelumnya,ujar Arbyn M.E Dungga yang juga merupakan Sekertaris Pustikom.diharapkan kedepannya dengan akan digunakan cyberoam  dapat memiliki efek yang positif terhadap perkembangan IT di UNG.(Wandi)