Waspadai Pesan Bervirus di Twitter

07 October 2012 09:53:00 Dibaca : 325

Sering terganggu dengan Direct Messages teman Twitter yang mengandung link? Padahal si teman tidak merasa mengirimnya untuk Anda. Ya, jangan pernah mengkliknya, sebab link itu mengandung malware. Jika Anda mengkliknya, maka otomatis Anda akan terinfeksi, dan akan menyebarkan malware tersebut ke semua teman Twitter Anda. Artinya, akun Twitter Anda sudah ditunggangi malware, yang siap membuat teman-teman Anda juga terkena.

Ini trik yang sama yang dilakukan para penyebar malware pada Facebook. Pada Facebook, biasanya pesan berupa ajakan untuk mengklik link berisi video menghebohkan atas seseorang atau selebriti. Tujuannya tak lain adalah agar user tergoda untuk mengklik, sehingga ia terinfeksi malware dan menyebarkan ke teman-teman lain.

Baik pada Twitter maupun Facevook, saat si korban mengklik link, akan muncul permintaan untuk meng-update Flash Player 10.1. Kemudian file pada link itu, FlashPlayerV10.1.57.108.exe, merupakan pintu belakang bagi Trojan yang dikenali oleh Sophos sebagai Troj/Mdrop-EML. Ini adalah malware yang mampu memproduksi dirinya sendiri dan menyebar melalui jaringan.

Ini bukan pertama kalinya para kriminal online memanfaatkan Direct Message Twitter untuk menyebar virus. Pada April lalu mereka juga sudah merilis malware serupa dengan mengirim pesan “Hi this user is posting very bad things about you,” yang diikuti sebuah link.

User Twitter sebaiknya selalu waspada dengan link-link yang mereka terima, dan tidak asal mengklik. Jika itu dikirimkan oleh teman, tanya lebih dulu ke teman tersebut, apa maksudnya mengirim link itu. Jika teman Anda mengaku tak pernah mengirimnya, pastilah link tersebut berisi malware dan akun teman Anda sudah terinfeksi.

Kalau sudah terlanjur terinfeksi, sebaiknya segera ganti password Anda, dan lakukan restart. [Internet Sehat]