Para ahli filsafat islam beserta pemikiranya

01 April 2014 12:13:27 Dibaca : 1112

Para ahli filsafat islam beserta pemikiranya

Nama : Mudafsir idrus

Nim : 291413007

Jurusan : Ilmu komunikasi

Fakultas : Ilmu Sosial

Universitas Negeri Gorontalo

ABSTRAK

Filsafat islam sangat identik dengan orang Yunani dan Romawi Kuno. Kita tanpa sadar atau tidak mengira bersama orang barat berada pada nuansa penuh hormat pada filosof Yunani, Plato, Aristoteles, Socrates, Thales, dan kawan-kawan. Sehingga setiap kali para kritikus muda muslim memulai kajian, akan pura-pura kaget melihat tidak ada satupun karya dari Filsuf kita (muslim) sendiri yang tertera di catatan kaki karya ilmiah kita. Yang ada hanya Aristoteles CS. Adalah ironis kalau pembodohan sejarah seperti ini masih mengakar dikalangan terpelajar (baca: civitas akademik). Padahal dalam satu pengantar dari UNESCO di buku “Teknologi dalam Sejarah Islam” (Ahmad Y. Al-Hassan dan Donald R. Hill, Penerbit MIZAN, 1993) mengakui dengan mantap bahwa dunia Islam pada abad pertengahan banyak melahirkan pemikir luar biasa yang secara konteks keilmuan sama pentingnya dengan filsuf Yunani Kuno. Maka kita seharusnya sedari dulu tetap menghadap kiblat kita, bukan kiblat orang barat yang parsial.

BAB 1

PENDAHULUAN

KATA PENGANTAR

Seiring kita lihat yang sering dibahas sekarang dalam komunitas atau pun kelompok kelompok keislaman, karya-karya ilmiah mahasiswa muslim, dan penelitian para ilmuwan organisasi islam untuk memunculkan kembali ke permukaan nama dan karya tokoh muslim yang semakin dilupakan oleh dunia. Terkhusus untuk kita mahasiswa yang studi di tengah-tengah westernisasi yang bakal menjadi bibit keraguan dalam konsep keislaman generasi selanjutnya. Maka makalah ini adalah untuk mempertegas kepada para pembaca untuk mengisi ingatan akan kayanya produk peradaban islam khususnya di bidang filsafat.

Juga penulis memohonkan maaf apabila ada kesalahan dalam redaksi kalimat dan sistematika penulisannya. Semoga bermanfaat.

1.1 ETIKA KOMUNIKASI

Pentinnya mengerti komunikasi karena komunikasi erat hubungannya dalam kehidupan manusia. Manusia sebagai mahluk sosial akan selalu berhubungan dengan mahluk lain. perkembangan antara manusia inilah yang akhirnya melahirkan masyaraka. Hubungan manusia ini telah lama disadari oleh para ahli pikir. ARISTOTELES yang memperkenalkan retorika sebagai ilmu pertama mengenai pernyataan antar manusia yang berkembang di yunani dan romawi gagasan awal untuk mempelajari pernyataan manusia ini dinyatakkan dalam model komunikator sebagai orang yang mengirim pertanyaan, pesan sebagai isi dari pertanyaan yang dikirim, serta komunikan sebagai orang yang menerima pesan .

1.2 PENGERTIAN FILSAFAT

Filsafat sendiri berasaldari Bahasa Yunani. Filsafat merupakan gabungan dari kata philo, yang berari cinta dan sofia, yang berarti kebijaksanaan atau pengetahuan yang mendalam. Dari penjelasan diatas, filsafat dapat diartikan sebagai ingin tahu dengan mendalam atau cinta padakebijaksanaan. Sedangkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada,sebab, asal dan hukumnya. Sementara itu, falsafah berarti anggapan, gagasan dan sikap batin yang paling umum yang dimiliki oleh orang atau masyarakat.Pemikiran umat islam merupakan buah dari dorongan ajaran al-quran dan hadis. Kedudukan akal yang tinggi dalam kedua sumber ajaran islam tersebut bertemu dengan peranan akal yang besar dan ilmu pengetahuanyang berkembang maju dalam peradaban umat lain, terutama peradaban yunani, Persia, dan india, dengan kata lain, umat islam merupakan pewaris tradisi peradaban ketiga bangsa tersebut, yang sebelumnya telah mewarisi pula peradaban bangsa sekitarnya seperti babilonia, mesir, ibrani.

BAB II

PEMBAHASAN

Ibnu Sina

Avicenna, begitulah sebutan orang Barat untuk Ibnu Sina. Beliau adalah cendekiawan muslim yang hidup pada abad ke-6 H atau ke-12 M, karyanya oleh orang Barat dianggap semenarik karya aristoteles dengan adanya penerjemahan karya-karyanya ke bahasa Latin yang menjadi indikasi kredibilitas seorang Avicenna.

Karya-karya Ibnu Sina Kitab An-Najat, membuktikan bahwa Ibnu Sina juga dikenal sebagai salah seorang yang bersikeras bahwa teknologi adalah salah satu dari cabang ilmu pengetahuan.Buku mengenai politik seperti: Risalah As-Siyasah, Fi Isbati an-Nubuwah, Al-Arzaq.Buku mengenai Tafsir seperti: Surah al-Ikhlas, Surah al-Falaq, Surah an-Nas, Surah al-Mu’awizataini, Surah al-A’la.Buku ilmu kedokteran seperti: Al-Qanun fi al-Thibb, al-Urjuzah fi At-Tibi, al-Adwiyah al-Qolbiyah, Kitabuhu al-Qoulani, Majmu’ah Ibn Sina al-Kubra, Sadidiyya.Logika: Al-Isyarat wat Tanbihat, al-Isyaquji, Mujiz, Kabir wa Shaghir, Al-Mantiq.Ilmu Fisika: fi Aqsami al-Ulumi al-Aqliyah Qamus el Arabi.Membahas tentang Filsafat: As-Syifa’, Hikmah al-Masyiriqiyyin, Kitabu al-Insyaf, Danesh Nameh, Kitabu al-Huduz, Uyun-ul Hikmah.

Ar-Razi

a.karya Ar-Razi

Buku-buku Ar-Razi menurut ibn An-Nadim adalah 118 buku,19 surat, 4 buku, 6 surat, dan satu makalah, jumlah seluruhnya 148buah. Ibn Abi usaibi’ah menyebutkan 236 karyanya,tetapi beberapa di antaranya tidak jelas pengarangnya.

Buku-buku tersebut di kelompokan sebagai berikut: a) ilmu kedokteran; b) ilmu fisika; c) logika; d) matematika dan astronomi; e) komentar,ringkasan, dan ikhtisar; f) filsafat dan ilmu pengetahuan hipotesis; g)metafisika; h)teologi; i)alkimia; j)ateisme; k) campuran. Di antara buku Ar-Razi yang dapat disebutkan di sini,sebagai berikut:

Ath-Thibb Ar-RuhaniAsh-Shirat Al-FalsafiyyahAmarat Iqbal Ad-DaulahKitab Al-LadzdzahKitab Al-Ilm Al-IlahiMaqalah fi Ma’bad Ath-Thabi’ahAl-Hawi fi Ath-ThibbManshuriKitab Sirr Al-AsramulukiKitab Al-Jami Al-Kabir

b. Dasar filsafat Ar-Razidasar fisafatnya tampak dari pandangan Ar-Razi yang mengklaim bahwa praktik kedokteran itu bersandar pada fisafat suatu praktik yang baik amat bergantung pada pemikiran yang bebas ( filsafat).

Filsafat Lima KekalPenjelasan tentang lima kekal, sebagaimana Al-Birumi mengatakan, Muhammad ibn Zakaria Ar-Razi telah melaporkan kekekalan lima hal dari yunani kuno,yaitu: Tuhan,roh universal,materi pertama,ruang mutlak, dan waktu mutlak.Filsafat RasionalisRasionalis, seorang Ar-Razi terhadap akal tampak jelas dalam bukunya Ath-Thibb Ar-Ruhani. Ia mengatakan pernyataan di atas dengan jelas menempatkan Ar-Razi sebagai rasional murni, yakni bahwa tiada tempat bagi wahyu atau intuisi mistis.Filsafat MoralFilsafat moral atau etika Ar-Razi sangat bijak.

Ibnu Rusyd

Nama lengkapnya abu Al-Walid Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Rusyd. Filsuf muslim yang muncul di belahan barat setelah Ibnu Thufail adadlah Ibnu Rusyd.

Karya Ibnu Rusyd, Karya-karya teoretisnya memperlihatkan bahwa ia adalah seorang ahli terkemuka dalam ushul fiqh dan dalam studi atas berbagai pendapat yang di tawarkan oleh beberapa mazhap besar fiqh (ikhtilaf). Adapun karya utamanya adalah Bidayah Al-Mujtahid wa Nihdyah Al-Muqtashid, kulliyyat fi Ath_thibb, kasyf’an manahaji Al-Adillah, tahafud At_tahafut.Filsafat Ibnu Rusyd Agama dan filsafat dalam rangka membela filsafat dan para filsuf muslim dari serangan para ulama. Qadim-nya dalam menurut Ibnu Rusyd dari ayat-ayat Al-Qur’an dapat di ambil kesimpulan bahwa allah di ciptakan tuhan bukanlah dari tiada, tetapi dari sesuatu yang telah ada.

Ibnu Muskawaih

PemikiraTuhan, menurut miskawaih adalah zat yang tidak berjism, Azali, dan pencipta.Tuhan Esa dalam berbagai aspek, ia tidak terbagi dan tidak mengandung kejamakan dan ia ada tanpa diadakan dan adaNya tidak bergantung pada yang lain, sementara yang lain membutuhkanNya.Tampaknya pemikiran Ibnu MIskawaih sama denagan pemikiran al-Farabi dan Al-Kindi.Tuhan dapat dikenal dengan propogasi negative dan tidak dapat dikenal dengan sebaliknya, prograsi positif. Alasannya prograsi posotif akan menyamakan Tuhan dengan alam.Segala sesuatu di alam ini ada gerakan.

Gerakan tersebut merupakan sifat bagi alam yang menimbulkan perubahan pada sesuatu dari bentuknya semula .ia bukti tentang adanya Tuhan pencipta alam.pendapat ini berdasarkan pada pemikiran aristoteles bahwa segala sesuatu selalu dalam perubahan yang mengubahnya dari bentuk semula.Sabagai filosofis releguis sejati.Ibnu Miskawaih mengatakan,alam semesta ini diciptakan Allah dari tiada menjadi ada,karena penciptaan yang suadah ada bahan sebelumnya tidak ada artinya.disinilah letak persamaan pemikirannya dengan Al-Kindi dan berbeda dengan Al-Farabi bahwa Allah menciptakan alam dari sesuatu yuang sudah ada.

Karyanya Dalam karyanya dalam disiplin ilmu meliputi kedokteran, sejarah dan filsafat. Akan tetapi, dia lebih terkenal sebagai seorang filosof akhlak, ( al-falsafat al-‘amaliyat ) ketimbang dengan seorang filosof ketuhanan ( al-falsafat al-nazhariyyat al-Illahiyat ).

Dalam buku The History of the Muslim Philoshopy disebutkan bahwa karya tulisannya itu; Al-Fauz al-Akbar, al-Fauz al-Asghar, Tajaarib al-Umaan ( sebuah sejarah tentang banjir besar yana ditulis pada tahun 369 H/ 979 M), Uns al-Fariid ( yakni koleksi anekdot, syair, peribahasa, dan kata-kata hikmah ), Tartiib al-Sa’adat ( isinya ahlak dan politik ), al-Mustaufa ( isinya syair-syair pilihan ), al-Jaami’, al-Siyaab, On the Simple Drugs ( tentang kedokteran ), On the composition of the Bajats ( tentang kedokteran ), Kitaab al-Ashribah ( tentang minuman ), Tahziib al-Akhlak ( tentang akhlak ), Risaalat fi al-Lazza wa al-Aalam fil jauhar al-Nafs, ajwibaat wa As’ilat fi al-Nafs wa al-‘Aql, Al-Jawaab fi Al-Masaa’il al-Salas, Risaalat fi Jawaab fi Su’al Ali ibnu Muhammad Abuu Hayyan al-Shufii fi HAqiiqat al-‘Aql, dan Tharathat al-Nafs.

Karya Muhammad Iqbal

Menurut pendapat Iqbal islam pada hakikatnya mengajarkan henanisme pada jaman klasik dalam pemikiran pembaruanya. Iqbal tidak menjadikan barat sebgai model Iqbal menulis kajian filsafat dalam bukunya denga tema The Philosophical Test of the Revelations of Religious Experience.dalam topic ini tentang filsaf dalam bentuk teori dinamika teori dinamika Iqbal di awali dengan kesadaran sendiri bahwa kita ini harus bangkit dalam keterpurukan.

Mohamad Arkoun

Mohammed Arkoun lahir pada tanggal 1 februari 1982 di taourito Mimoun, Kabilia sebelah timur Aljir, Aljazair, suatu daerah yang terletak di pegunungan berber. Keadaan itulah yang menghadapkannya sejak pada masa mudahnya pada 3 bahasa: Bahasa Kabiliyah, bahasa arab yang di bawah bersama ekspansi Islam sejak abab petama hijriyah dan bahasa prancis yang di bawah oleh bangsa yang menguasai Aljazair antara tahun1830-1962.v Karya tulisnya

Di antara karya-karyanya adalah Rethinking Islam Today, Mapping Islamic Studies, Ganealogy, and Change, the Untought in Contemporary Islamic Thought, al Turath: Muhtawahu wa Huwiyyatuhu sijjabiyatahu wa saibiyatahu, min al-Fikr al-Ushuli wa Istihalat al- Ta’shil: Nuhwa Tarikhin Akhbar li al-Firk al-Islami, al’Quran min al-tafsir bin Mauruth, Lectures de Coran, Min Faysal al-Tafriqah ila Fasi al-maqail: Aina huwa al-Firk al-islami al-mu’ashir, The Concept of Authorithy in Islamic Thought, dan Religion and Society. Sejumlah karya besar Arkoun meliputi [6]:

La pensee arabe (Dunia perkembanagan Arab), paris 1973.Dafertures Sura I Islam (catatan-catatan pengantar untuk memahami islam)Contribution attitude de Islam humannisme arabe au IV/X siècle:Miskawah Philosphe historien (sumbangan pada pembahasan Humanisme Arab pada abad IV/X; Miskawaih sebagai filsut dan Sejarawan), Paris, Grancher 1989.Essais sur ia pansce Islamique (Esai-esai tentang pemikiran Islam), paris Virin 1973Lectures de Coran (Tokoh tantang Al-Qur’an) paris 1982Pour une Critique de ia Raison Islamique (Demi kritik Nalar

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Ternyata banyak dari ke-6 Filsuf Muslim di atas adalah orang-orang terpandang oleh keilmuan mereka masing-masing. Kehormatan yang tentunya buat dunia islam, memperbanyak literasi keilmuan di khazanah perbendaharaan ummat muslim se-dunia, dan yang paling penting sebagai wujud kebanggan, maka marilah kita selalu ingat dan terus melanjutkan karya mereka di bidang ilmu pengetahuan.

Daftar pustaka

Prof. Dr. H. Sirajuddin Zar, M.A., filsafat islam, filosof dan filsafatnya, Jakarta: Rajawali Pers, 2004Dedi Supriyadi, M.Ag. 2009, Pengantar Filsafat Islam, Bandung: CV Pustaka Setia Bandung.

Kebung, Konrad. “Filsafat Manusia” (mans). STFK Ledalero, 2005

www.bimbie.com/muhammad-iqbal.htm

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong