ARSIP BULANAN : December 2016

TUGAS KOMBIS (RESUME PROPOSAL BISNIS DISTRO)

13 December 2016 08:08:20 Dibaca : 115

VIRSAN S. PATTIASINA

291415072

KELAS B

KOMUNIKASI BISNIS

 

PROPOSAL RENCANA BISNIS DISTRO


Kebutuhan akan sandang merupakan kebutuhan primer setiap orang. Dari tahun ke tahun peningkatan dari produk ini sangatlah pesat. Untuk memenuhi tren saat ini diperlukannya unit usaha yang dapat menyediakan produk tersebut. Tetapi penyediaan produk yang berkualitas hanya sedikit yang kita jumpai di Kota Gorontalo karena kualitas dari pakaian yang dijual di Kota Gorontalo rata-rata adalah kualitas biasa. Disini kita akan menerapkan penjualan pakaian dan aksesoris berkualitas dengan harga terjangkau atau berskala pakaian distro.
Perkembangan penawaran disektor Reseller Pakaian pada saat ini memang umum telah dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena sektor usaha ini sudah dibidik secara serius. Oleh karena itu, agar usaha Toko/Distro Pakaian ini menjadi lebih baik maka perlu peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan cara mendiskon harga dengan ketentuan yang berlaku.
Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha Toko/ Distro Pakaian pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk yang ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.
Kebutuhan pakaian pria sangat banyak peminatnya di kota gorontalo, hal ini telah dibuktikan berdasarkan hasil survey pasar yang telah kami lakukan. Terdapat 100-600 pengunjung setiap harinya dari sekian jumlah tersebut 90% adalah berjenis kelamin pria. Hal ini merupakan peluang bagi kami untuk menyediakan produk yang mereka butuhkan.
Kami telah mendapatkan ruang usaha di KOTA GORONTALO yaitu di jalan delima sebagai pusat penjualan pakaian. Dan Rencananya akan kami lakukan pengembangan usaha yaitu menyewa rumah/ Ruko/ Ruang Usaha yang berbentuk Toko. Dan setiap tahunnya akan membuka cabang baru sebagai perluasan wilayah pemasaran kami.

Kami melakukan sebuah teknik pemasaran, antara lain meliputi :
• Gambaran Umum Pasar
1. Jenis produk yang dipasarkan adalah Pakaian distro yang berkualitas dengan harga kompetitif, karena rata-rata produk serupa yang dipasarkan di kota gorontalo adalah kualitas menengah ke bawah atau kualitas biasa.
2. Wilayah Pemasaran mencakup daerah Kota Gorontalo untuk sistem penjualan langsung atau Direct Marketing dan seluruh wilayah Indonesia untuk sistem e-commerce atau internet marketing dan Media Katalog
3. Yang menjadi segmen dari usaha Penjualan Pakaian ini adalah
a. Segmen pasar Khusus Pria (untuk tipe Penjualan secara direct marketing atau penjualan langsung di Kota Gorontalo),
b. Segmen Pasar Umum Pria (Untuk tipe penjualan internet marketing karena menggunakan media dan Pembelian langsung di situs www.kmproduction.net
• Strategi pemasaran yang dilakukan :
a. Keterangan Produk
- Mutu : Pakaian yang dipasarkan adalah mutunya terjamin dan
berkualitas atau kualitas berskala distro. Berbeda dari kualitas yang
kebanyakan dijual di kota gorontalo
- Ukuran : S, M, L, XL
- Kemasan : Tidak ada kemasan atau masih berlabel
b. Harga Produk
- Harga : bervariasi
- Syarat pembayaran : Cash tunai atau transfer Bank
- Potongan : Kami akan memberikan diskon 5% setiap pembelian diatas
Rp3.000.000,-
c. Jalur Penjualan
Dengan adanya produk yang kami tawarkan di atas, sehingga
Ada tiga sistem marketing yang kami terapkan yaitu :
1. Direct Selling
Kami akan melakukan penjualan langsung di kota gorontalo dengan sistem pembagian waktu jaga Distro/ Lapak yang dimulai dari pukul 10.00 WIB s.d 22.00 WIB.
2. Internet Marketing
Kami akan menjual produk kami lewat internet dengan situs pribadi yang telah kami miliki yaitu www.kmproduction.net dengan konsep e-commerce webdesign, sehingga konsumen di situs kami bisa cek harga, cek model (melihat gambar + Keterangan produk), cek persediaan, cek ukuran, dan dapat melakukan pembelian langsung di situs kami. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer bank.
3. Media Katalog
Kami juga akan menyebarluaskan bisnis kami ini dengan media Katalog yang akan dipasarkan lewat Website kami yaitu www.kmproduction.net dengan sistem merekrut reseller/ agen baru sebagai upaya untuk mengembangkan wilayah pemasaran produk kami dengan target yaitu seluruh wilayah Indonesia. Katalog ini akan kami berikan kepada pemesan/ calon agen/ calon reseller seharga Rp40.000,-/ Katalog yang berisi daftar harga pakaian serta gambar yang menarik.
‘d. Promosi
Promosi dilakukan dengan penyebaran brosur, leaflet, Katalog, dan Kami akan melakukan iklan di internet untuk menjual produk yang kami tawarkan dengan mendaftarkan situs kami pada layanan penyedia iklan di internet. Dan memasang banner pada situs yang relevan untuk mempromosikan keberadaan Toko/ distro Online kami ini.
Dan juga kami akan membuat Account di Facebook, Instagram dan twitter sebagai langkah mempercepat penjualan dan forum diskusi mengenai produk-produk yang kami tawarkan.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong