ARSIP BULANAN : March 2013

"Puisi"

26 March 2013 08:29:55 Dibaca : 4

KETIKA SAHABAT MENJADI CINTA

Kebahagian sebuah pertemnan kini
telah berubah menjadi keindahan sebuah kisah cinta. .
yang dulunya bertengkar sekarang menjadi damai akan hadirnya Cinta
dan pernah ada yang menyangka bahwa
Sebuah pertemanan bisa menjadi sebuah percintaan. . .

Dan mungkin semua orang tau,
Bahwa cinta itu berawal dari sebuah pertemanan. .

keindahan sebuah persahabatan lebih indah jika
di tambah dengan sebuah kisah Cinta antara dua makhluk
yang saling mengasihi. . .

 

By: Nurul Laili

 

Refleksi dan Tindakan

24 March 2013 09:46:58 Dibaca : 2

Perbedaan antara negara berkembang (miskin) dan negara maju (kaya) tidak tergantung pada umur negara itu. Contohnya negara India dan Mesir, yang umurnya lebih dari 2000 tahun, tetapi mereka tetap terbelakang (miskin). Di sisi lain Singapura, Kanada, Australia dan New Zealand negara yang umurnya kurang dari 150 tahun dalam membangun. Ketersediaan sumber daya alam dari suatu negara juga tidak menjamin negara itu menjadi kaya atau miskin.

Jepang mempunyai area yang terbatas. Daratannya , 80% berupa pegunungan dan tidak cukup untuk meningkatkan pertanian dan peternakan. Tetapi, saat ini Jepang menjadi raksasa ekonomi nomor dua di dunia. Jepang laksana suatu negara industri terapung yang besar sekali, mengimpor bahan baku dari semua negara di dunia dan mengekspor barang jadinya.

Swiss tidak mempunyai perkebunan coklat, tetapi sebagai negara pembuat coklat terbaik di dunia. Negara Swiss sangat kecil, hanya 11% daratannya yang bisa ditanami. Swiss juga mengolah susu dengan kualitas terbaik. (Nestle adalah salah satu perusahaan makanan terbesar di dunia). Swiss juga tidak mempunyai cukup reputasi dalam keamanan, integritas, dan ketertiban, tetapi saat ini bank-bank di Swiss menjadi bank yang sangat disukai di dunia.

Para eksekutif dari negara maju yang berkomunikasi dengan temannya dari negara terbelakang sependapat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal kecerdasan. Ras atau warna kulit juga bukan faktor penting. Para imigran yang dinyatakan pemalas di negara asalnya ternyata menjadi sumber daya yang sangat produktif di negara-negara maju atau di Eropa.

Prinsip dalam kehidupan:

Etika, sebagai prinsip dalam kehidupan sehari-hariKejujuran dan integritasBertanggung jawabNorma pada aturan dan hukum masyarakat

Sistem Operasi (Program IT)

24 March 2013 09:45:49 Dibaca : 4

Pada hari kamis tepatnya tanggal 21 Maret 2013, saya dan teman-teman bidik misi lainnya mengikuti program IT yang dilaksanakan di Pustikom UNG. Pada saat itu, saya menerima materi mengenai teknologi informasi yang di dalamnya membahas tentang sistem operasi. Yang dimaksud dengan sistem operasi adalah sebuah software yang berfungsi untuk mengoperasikan dan menjembatani antara pengguna dan hardware. Selain itu, membahas tentang free software adalah sebuah aplikasi bebas. Pemateri juga membahas tentang open source, yang mempunyai manfaat yaitu dapat menambah wawasan pengetahuan, dari yang tidak tahu menjadi tahu. Oleh karena itu, saya senang menerima materi tersebut, karena mendapatkan pengetahuan yang baru.

Fungsi Sistem Operasi Komputer

21 March 2013 15:46:58 Dibaca : 3

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Saat ini dikenal beberapa nama sistem operasi. Sistem operasi yang mungkin Anda kenal dengan baik adalah Microsoft Windows XP serta Microsoft Windows Vista. Microsoft Windows Vista yang dirilis pada tahun 2007 adalah generasi baru sistem operasi milik Microsoft. Sistem operasi ini dikeluarkan setelah generasi Microsoft Windows XP.

Kedua sistem operasi ini merupakan contoh sistem operasi jenis Graphical User Interface (GUI). Jenis sistem operasi yang lain misalnya Command Line Interface (CLI). Contoh sistem operasi CLI yaitu Microsoft Disk Operating System (MS-DOS). Sistem operasi jenis GUI menyediakan ikon berupa gambar atau grafik sebagai media untuk memberikan perintah. Perintah cukup Anda berikan dengan cara melakukan klik atau menekan tombol keyboard. Sistem operasi CLI sedikit kurang populer. Hal ini disebabkan beberapa hal, misalnya ketidakpraktisan penggunaan sistem operasi CLI jika dibanding GUI.
Misalkan Anda ingin melihat isi drive D, Anda harus mengetikkan sebaris teks dengan aturan tertentu. Meskipun begitu, untuk kepentingan tertentu sistem operasi CLI masih banyak digunakan, misalnya untuk memeriksa koneksi internet pada komputer. Di pasaran tersedia banyak sistem operasi. Anda dapat memilih sistem operasi LINUX, Microsoft Windows, atau sistem operasi yang lain. Untuk mengetahui beberapa sistem operasi, simak uraian berikut.
a. Sistem Operasi MS-DOS
Sistem operasi MS-DOS dikembangkan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1981. Meskipun dirasa kurang populer, Anda masih dapat menemukan MS-DOS dalam sistem operasi Microsoft Windows. Jika Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows XP, MSDOS yang digunakan berupa versi 5.1.2600. MS-DOS bersifat single tasking.
b. Sistem Operasi Microsoft Windows
Dapat dikatakan bahwa sistem operasi Microsoft Windows mendominasi dunia komputer. Penggunaan ikon atau gambar sebagai antarmuka (interface) membuat sistem operasi ini begitu mudah digunakan. Sistem operasi ini bersifat multitasking dan multiuser. Tidak heran, sistem operasi Microsoft Windows sangat digemari. Bahkan, hingga saat ini telah lahir berbagai versi sistem operasi Microsoft Windows.
Generasi pertama sistem operasi Microsoft Windows yaitu Microsoft Windows 3.0 yang dirilis tahun 1990. Selanjutnya Microsoft merilis Microsoft Windows 3.1 (tahun 1992), Microsoft Windows NT (tahun 1993), Microsoft Windows 95, Microsoft Windows 98, Microsoft Windows 2000, Microsoft WindowsXP, serta Microsoft Windows Vista. Microsoft Windows 98 dirilis tahun 1998 sedangkan Microsoft Windows 2000 dirilis tahun 2000. Microsoft Windows XP dirilis tahun 2001 dan Microsoft Windows Vista dirilis tahun 2007.
c. Sistem Operasi Mac OS
Mac OS kependekan dari Macintosh Operating System. Sistem operasi berbasis GUI ini dirilis oleh perusahaan Apple Computer pada tahun 1984. Saat itu, teknologi Mac OS dianggap paling maju. Sayang, kehebatan ini tidak dapat dipertahankan. Tahun-tahun berikutnya Mac OS kalah bersaing dengan Microsoft Windows. Hingga saat ini Mac OS masih disempurnakan agar dapat bersaing dengan Microsoft Windows.
d. Sistem Operasi UNIX
Sistem operasi UNIX dikembangkan oleh perusahaan AT&T Bell Laboratories. UNIX digunakan untuk menjalankan jaringan komputer. Awalnya UNIX merupakan sistem operasi jenis Command line interface. Keadaan ini menyulitkan bagi pengguna (user) baru. Untuk memudahkan penggunaan, sekarang UNIX juga disediakan dalam versi Graphical User Interface.
e. Sistem Operasi LINUX
LINUX merupakan pengembangan dari UNIX. Sistem operasi ini awalnya dibuat oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa di Finlandia. LINUX yang dibuat pada tahun 1991 kemudian dikembangkan oleh programmer-programmer di dunia.

 

SUMBER: http://budisma.web.id/materi/sma/tik-kelas-x/jenis-sistem-operasi/

 

Fungsi Sistem Operasi Komputer

21 March 2013 15:44:30 Dibaca : 2
  • Fungsi Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi dapat dipandang sebagai sebuah antarmuka antara user(pengguna ) dengan perangkat keras sistem. Sistem operasi akan menyediakan suatu lingkungan yang nyaman bagi user (pengguna), sehingga user (pengguna) tidak perlu tau apa sebenarnya yang terjadi pada operasi perangkat keras. Suatu operasi yang biasa digunakan pada komputer IBM PC adalah MS DOS (Microsoft – Disc Operating System), sistem operasi lain yang banyak digunakan adalah Windows, Unix, Linux, dan Mac OS.
Secara umum, fungsi Sistem Operasi yaitu:
1. Fungsi Sistem Operasi sebagai Kordinator, yang memberikan fasilitas sehingga segala aktivitas yang kompleks dapat dikerjakan dalam urutan yang benar.
2. Fungsi Sistem Operasi sebagai Pengawal, yang memegang kendali proses untuk melindungi file dan memberi batasan pada pembacaan, penulisan, eksekusi data dan program.
3. Fungsi Sistem Operasi sebagai penjaga gerbang, yang akan mengawasi siapa saja yang dapat masuk kedalam sistem komputer.
4. Fungsi Sistem Operasi sebagai pengoptimal, yang akan membuat scedule atas beberapa masukan pengguna, akses basis data, komputasi, keluaran, dan lain sebagainya untuk meningkatkan kinerja sistem.
5. Fungsi Sistem Operasi sebagai akuntan, yang menjaga pewaktuan CPU tetap berada pada jalur yang benar, penggunaan memori, operasi I/O, penyimpanan pada disk dan lain sebagainya.
6. Fungsi Sistem Operasi sebagai serever, yang memberikan pelayanan yang diperlukan pengguna, seperti restrukturisasi direktori file.

 

SUMBER: http://201132029mercy.blog.esaunggul.ac.id/2012/03/08/latihan-ieu-121-tgl-08-maret-2012-fungsi-dan-contoh-sistem-operasi/

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong