ARSIP BULANAN : September 2022

Pengertian Komputer dan Sejarahnya

09 September 2022 14:44:40 Dibaca : 2379

Pengertian Komputer

Komputer adalah mesin atau alat yang dipakai untuk mengolah data dengan mengikuti perintah yang telah di program ,komputer biasanya digunakan untuk mengolah data atau menghitung dan juga dapat digunakan untuk mendesign atau menggambar.Secara umum , komputer juga berisi dengan beberapa komponen di dalamnya ,diantaranya : CPU(Central Processing Unit),Monitor(Layar Komputer),Mouse,Keyboard juga di tambah Printer sebagai pelengkap. Di zaman sekarang atau saat ini komputer sudah semakin canggih ,nah komputer pada awal mulanya tidak berukuran kecil,canggih,dan cepat seperti pada zaman sekarang ,Ternyata tercatat bahwa terdapat 5 generasi dalam sejarah komputer,dan berikut penjelasanya.

Generasi Komputer Pertama

Komputer generasi pertama di temukan oleh seorang insiyur jerman bernama KONRAD ZUSE pada tahun 1941 tepatnya pada saat terjadi perang dunia kedua ,komputer tersebut diberi nama Z3 dan digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali pada zaman tersebut. Akan tetapi pihak inggris pun tidak mau kalah dengan hal pengembangan kekuatan komputer dan pada tahun 1943 ,pihak INGGRIS berhasil menciptakan sebuah komputer yang dapat memecahkan kode rahasia yang digunakan jerman,komputer tersebut di beri nama Colossus. Ternyata setelah pihak INGGRIS berhasil menciptakan Colossus ,lagi-lagi seorang insiyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil menemukan sebuah kalkulator elektronik,kalkulator tersebut memiliki sinyal elektromagnetik yang digunakan untuk menggerakan komponen mekanik,akan tetapi mesin tersebut beroperasi dengan lambat dikarenakan masih menggunakan Vacum Tube. 

Generasi Komputer Kedua

Pada tahun 1948 ,dengan ditemukannya Transistor ternyata sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor juga menggantikan Vacum Tube pada barang elektronik lain seperti Radio dan Televisi ,dengan adanya penggunaan Transistor pada barang tersebut akibatnya ukuran-ukuran mesin Elektronik berkurang drastis. Pada tahun 1956 transistor mulai digunakan di dalam setiap perangkat komputer ,dan hasilnya komputer bekerja lebih cepat,dapat diandalkan dan lebih hemat energi dibandingkan komputer generasi pertama. Pada tahun 1960-an ,mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di berbagai bidang diantaranya :bidang bisnis,universitas dan di pemerintahan,dan pada tahun 1965 hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua yang digunakan untuk proses informasi keuangan. Komputer generasi kedua selain menggunakan transistor ,komputer generasi kedua juga menggunakan Bahasa assembly (Bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner),kode biner juga bisa disebut machine language atau Bahasa mesin Pada generasi komputer kedua inilah bermunculan berbagai pekerjaan baru seperti :Programer,Analisis Sistem dan Ahli Sistem Komputer. 

Generasi Komputer Ketiga

Transistor ternyata memiliki efek dari penggunaanya yaitu menghasilkan panas yang cukup besar sehingga dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal (dalam) komputer. Pada tahun 1958 seorang insiyur texas bernama Jack Kilby mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit).IC dapat mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa ,yang kemudia para ilmuwan berhasil memasukan lebih banyak komponen-komponen ke dalam sebuah chip yang diberi nama semikonduktor,yang hasilnya komputer menjadi semakin kecil ukuranya. Kemajuan dari komputer generasi ketiga ini adalah Penggunaan Sistem Operasi (operating system) yang dapat memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang dapat mengatur dan mengkordinasi memori komputer. 

Generasi Komputer Keempat

Pada generasi keempat atau tepatnya pada tahun 1980-an komputer mulai menggunakan Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal,dan komputer tersebut juga menggunakan sistem Ultra-Large Scale Integration(ULSI) yang dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah komponen menjadi jutaan dan juga pada pertengahan 1970-an ,para perakit komputer mulai menawarkan produk komputer mereka kepada publik seperti program word processing dan spreadsheet dan juga pada tahun 1980-an,video game mulai bermunculan seperti Atari 2600 Pada tahun 1981,IBM memperkenalkan Personal Computer(PC) untuk penggunaan di rumah,kantor,dan juga sekolah, dan mulai sejak itu komputer terus berovolusi menjadi lebih canggih hingga terciptanya komputer yang dapat dimasukan ke dalam tas yaitu :LAPTOP

Generasi Komputer Kelima

Nah di komputer generasi kelima termasuk tahap yang paling sulit atau masih dibilang ini adalah tahap yang sangat muda ,pada generasi komputer kelima ini para ilmuwan mencoba menciptakan komputer yang memiliki kecerdasan buatan atau bisa disebut AI(Artificial Intelligence) komputer ini nantinya dapat berpikir bahkan meniru nalar manusia ,salah satu contoh komputernya adalah bernama HAL9000 meskipun hal tersebut masih menjadi wacana atau masih di pikirkan oleh para ilmuwan. Negara Jepang juga terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima , lembaga tersebut bernama ICOT(Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan komputer generasi kelima. 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong