Sejarah Komputer

14 September 2022 14:38:10 Dibaca : 333

Sejarah Komputer

     Seorang ahli matematika asal inggris pertama kali menemukan computer pada tahun 1822 sebut saja namanya Charles Babbage. Ia menciptakan sebuah mesin hitung dengan bertenaga uap, dimana mesin hitung ini dapat menghitung tabel angka. Mesin tersebut kemudian diberi nama "Difference Engine 0" dan juga banyak orang beranggapan bahwa mesin tersebut merupakan komputer pertama di dunia. Hingga pada 1890, seorang penemu bernama Herman Hollerith merancang sebuah sistem kartu yang mampu menghitung hasil sensus AS yang dilakukan pada 1880. Berkat inovasi tersebut, Hollerith berhasil menghemat anggaran pemerintah sebanyak 5 juta dollar AS. Selanjutnya, Hollerith terus mengembangkan potensinya di ranah teknologi hingga akhirnya sukses mendirikan perusahaan komputer IBM.

Awal Mula Komputer Digital

      Komputer digital pernah dikembangkan oleh Konrad Zuse yang merupakan seorang insinyur mesin asal Jerman. Sebelum perang dunia kedua pecah, Zuse membangun komputer digital pertama diberi nama Z1 yang dapat diprogram. Kemudian pada tahun 1936, Zuse merakit pelat logam, pin, dan menciptakan sebuah mesin yang dapat melakukan perhitungan tambah dan kurang hal ini semuanya ia lakukan di ruang tamu orang tuanya di Berlin. Meskipun model awal komputer tersebut dihancurkan saat Perang Dunia II, Zuse digadang sebagai pencipta komputer digital pertama. Selama perang dunia kedua berlangsung.

         Pada tahun 1943, John Mauchly berhasil menciptakan mesin bernama Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC). Awal mula diciptakannya ENIAC adalah untuk membantu Angkatan Darat dalam memprediksi serangan. ENIAC sendiri dibekali dengan kemampuan analisa yang dapat menghitung ribuan masalah dalam hitungan detik. ENIAC memiliki berat hingga 30 ton dan membutuhkan ruang seluas 457 meter persegi untuk menempatkan mesin komputer tersebut. Hal ini disebabkan oleh banyaknya komponen pendukung yang dimiliki ENIAC, seperti 40 lemari kabinet, 6.000 sakelar, serta 18.000 tabung hampa.

Lahirnya Bahasa Pemrograman

       Bahasa pemrograman di cetuskan pertama kali oleh ilmuan computer wanita yang bernama Grace Hopper pada tahun 1954. Bahasa pemrograman bernama COBOL ini hadir untuk membantu pengguna komputer dalam menyampaikan perintah dalam bahasa Inggris. Sebab sebelumnya, pengguna komputer hanya dapat memberikan instruksi pada komputer menggunakan kumpulan baris angka. Sejak saat itu, bahasa pemrograman kemudian ikut berkembang seiring dengan evolusi yang terjadi komputer. Selanjutnya, pada tahun 1954 salah satu tim pemrograman IBM yang dipimpin langsung oleh John Backus mengembangkan bahasa pemrograman sehingga akhirnya menciptakan bahasa pemrograman baru yang diberi nama FORTRAN.

        Sebagai salah satu perusahaan yang fokus pada teknologi, IBM berambisi untuk memimpin tren komputer global. Perusahaan mulai menciptakan perangkat bernama IBM 650 untuk mulai dipasarkan secara massal. Hingga pada tahun 1965, komputer dikenal sebagai alat penunjang untuk para ahli matematika, insinyur, hingga masyarakat dikalangan umum. Adapun komputer tersebut dikenal dengan nama Programma 101. Jika dibandingkan dengan ENIAC, ukuran Programma 101 terbilang jauh lebih singkat. Komputer ini memiliki ukuran sebesar mesin tik, bobot seberat 29 kg, dan sudah dilengkapi dengan printer bawaan.

Computer Pribadi

          Tahun 1970-an dapat dibilang sebagai era kelahiran komputer pribadi. Ditandai dengan munculnya Xerox Alto, sebuah komputer pribadi yang dapat menjalankan perintah seperti mengirimkan e-mail dan mencetak (print) dokumen. Satu hal yang paling beda dari Xerox Alto adalah desainnya yang sudah menyerupai komputer modern. Sebab, komputer ini telah dilengkapi dengan mouse, keyboard, serta layar. Di tahun yang sama, beberapa penemuan besar turut terjadi. Beberapa di antaranya seperti diciptakannya disket, ethernet, serta chip Dynamic Access Memory (DRAM).

      Sementara itu, pada tahun 1976 Apple mulai didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak. Keduanya turut memperkenalkan Apple I, sebuah komputer single-circuit pertama. Kemudian IBM menyempurnakan desain pada computer pribadi lewat sebuah perangkat bernama Acorn. Komputer tersebut bahkan dilengkapi dengan chip Intel, dua slot disket, keyboard, serta layar monitor yang berwarna. Pada tahun 1983, CD-ROM resmi hadir sebagai alat penyimpanan yang mampu menampung data hingga 550 MB. CD-ROM kemudian ditetapkan sebagai standar umum komputer. Pada tahun 1983 juga, Microsoft resmi memperkenalkan Word, diikuti oleh Apple yang merilis Macintosh di tahun 1984. Macintosh dikenal sebagai komputer pertama yang dapat dikendalikan menggunakan mouse serta dilengkapi dengan antarmuka pengguna grafis.

        Microsoft juga meluncurkan sistem operasi Windows yang menawarkan keunggulan dari multi-tasking dan sudah dibekali dengan antarmuka grafis. Apple kemudian menelurkan sebuah inovasi baru bernama Powerbook, sebuah seri laptop portabel yang dapat dibawa kemana saja.

Komputer Era 2000-an

         Memasuki abad ke-21, seiring dengan perkembangan teknologi laju perkembangan perangkat komputer semakin pesat. Penggunaan disket dan CD-ROM mulai tersisihkan oleh media penyimpanan portabel yang lebih canggih, seperti USB drive. Sementara itu, Apple semakin gencar meluncurkan inovasi terbaru lewat sistem operasi bernama Mac OS X. Apple juga berhasil memimpin tren pasar berkat hadirnya iTunes. Selain itu, Microsoft yang tak mau ketinggalan pun yang sebagai kompetitor juga meluncurkan sistem operasi yang lebih modern, yaitu Windows XP. Beberapa aplikasi seperti YouTube, Mozilla Firefox, dan MySpace turut hadir di era modern ini.

         Pada tahun 2006, tren penggunaan laptop semakin meluas di masyarakat. Hal ini turut didorong oleh hadirnya perangkat laptop MacBook Pro yang diperkenalkan oleh Steve Jobs. Pada tahun 2007, perkembangan MacBook kembali dilanjutkan oleh generasi terbaru MacBook Air. Pada tahun yang sama juga, Steve Jobs turut memperkenalkan iPhone untuk pertama kalinya, kemudian diikuti oleh iPad pada tahun 2010.

 

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) Merupakan beasiswa yang di luncurkan oleh presiden RI JOKO WIDODO sebagai program kerjanya di tahun 2020. Beasiswa kip-k ini sebagai beasiswa pengganti dari beasiswa bidikmisi. Berikut ini 5 point penting yang harus kamu ketahui untuk bisa mendapatkan beasiswa kip-k di UNG :

1. Penerima beasiswa KIP-K adalah penerimah yang memiliki kartu indonesia pintar (kip).

2. Penerima beasiswa KIP-K adalah penerima yang terkasuk ke dalam kategori keluarga tidak mampu.

3. Penerima beasiswa KIP-K adalah penerima yang telah memenuhi syarat yang telah di tentukan oleh pihak UNG.

4. Apabila nilai dalam perkuliahan kamu menurun di setiap semester. Maka kamu tidak berhak lagi mendapatkan beasiswa kip-k tersebut.

5. Penerima beasiswa KIP-K adalah mahasiswa yang aktif dalam pendidikan .

Terima kasih.

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) merupakan salah satu kampus yang terfavorit di daerah Gorontalo.  Univesitas Negeri Gorontalo memiliki kapasitas yang bisa menampung ribuan mahasiswa yang mampu menghasilkan segudang prestasi di berbagai bidang akademik maupun non akademik.

Kemarin, 1 september 2020 ung merayakan dies natalisnya yang ke -57 tahun berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini di karenakan adanya wabah  covid-19 yang telah menyebar  hampir di seluruh dunia yang mampu merenggut nyawa banyak orang. Sehingga perayaan dies natalis UNG hanya di hadiri oleh orang-orang penting saja, bukan hanya itu, bahkan penontonnya pun di batasi jumlahnya.

Tapi hal tersebut tidak menghalangi berjalannya  acara kemeriahan dies natalis UNG. Karena  bagi mahasiswa ataupun masyarakat  yang mau melihat perayaan tersebut, tapi tidak bisa datang langsung ke tempat acara itu berlangsung. Maka tim atau panitia dari penyelenggara acara memberi solusi dengan melakukan menyiaran secara langsung di akun sosial media UNG,  salah satunya di intagram resmi UNG.

Hal ini di lakukan untuk memenuhi protokol kesehatan supaya penyebaran virus covid-19  ini akan cepat berakhir dan segala aktivitas masyarakat kembali  normal lagi.

"Terima kasih"

Cikal Bakal Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 00:01:03 Dibaca : 12

Universitas Negeri Gorontalo, disingkat UNG, adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1963. Mulanya Universitas ini diberi nama Junior College, dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Tahun 1964 statusnya berubah menjadi Cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado, tahun 1965 bergabung dengan IKIP Manado Cabang Gorontalo.

Tahun 1982 lembaga ini menjadi salah satu Fakultas dari Universitas Sam Ratulangi Manado dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsrat Manado di Gorontalo. Lembaga ini resmi berdiri sendiri berdasarkan Keppres RI Nomor 9 Tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993, dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gorontalo.

Tahun 2001 berdasarkan Keppres RI Nomor 19 Tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001 status lembaga ini ditingkatkan menjadi IKIP Negeri Gorontalo dengan 5 Fakultas dan 25 Program Studi. Dan akhirnya, pada tanggal 23 Juni 2004 Presiden Megawati meresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo dengan Keputusan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2004, tanggal 23 Juni 2004. Hari lahir UNG ditetapkan sama dengan lahirnya cabang FKIP UNSULUTTENG di Gorontalo yaitu, tanggal 1 September 1963 sebagaimana dinyatakan dalam surat keputusan menteri PTIP nomor 67 tahun 1963 tanggal 11 Juli 1963. Dalam perjalanannya selama 56 tahun telah mengalami delapan kali pergantian pimpinan dan enam kali perubahan nama lembaga.

Universitas Negeri Gorontalo beralamat di Jl. Jendral Sudirman No. 6 Kota Gorontalo. Selain itu, UNG saat ini terdiri dari 10 Fakultas di antaranya Fakultas Ilmu Pendidikan, FMIPA, Ilmu Sosial, Sastra dan Budaya, Fakultas Teknik, Ilmu Olahraga dan Kesehatan, Pertanian, Hukum, Ekonomi, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.Berdasarkan hasil akreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi tahun 2018, mengukuhkan Universitas Negeri Gorontalo masuk sebagai jajaran Perguruan Tinggi terbaik dengan perolehan akreditasi A. 

Universitas Negeri Gorontalo mempunyai moto sebagai Kampus Peradaban. Untuk mewujudkannya, kampus ini membuka pintu untuk berbagai upaya pengembangan manusia, termasuk melalui riset dan penelitian. sehingga,  sampai sekarang kampus UNG mampu menghasilkan generasi- generasi yang berkualitas, unggul dan berdaya saing yang kuat.

Terima Kasih...