Rangkuman video pembelajarn

18 October 2017 12:05:28 Dibaca : 63


1. Pengertian Video Pembelajaran
Menurut Cheppy Riyana (2007) media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran
2. Tujuan Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran
Ronal Anderson, (1987: 104) mengemukakan tentang beberapa tujuan dari pembelajaran menggunakan media video yaitu mencakup tujuan kognitif, afektif, dan psikomotor. Ketiga tujuan ini dijelaskan sebagai berikut :
a. Tujuan Kognitif
Dapat mengembangkan kemampuan kognitif yang menyangkut kemampuan mengenal kembali dan kemampuan memberikan rangsangan berupa gerak dan sensasi.
b. Tujuan Afektif
Dengan menggunakan efek dan tekhnik, video dapat menjadi media yang sangat baik dalam mempengaruhi sikap dan emosi.
c. Tujuan Psikomotorik
Video merupakan media yang tepat untuk memperlihatkan contoh keterampilan yang menyangkut gerak. Dengan alat ini diperjelas baik dengan cara memperlambat ataupun mempercepat gerakan yang ditampilkan.
3. Manfaat Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran
Manfaat media video menurut Andi Prastowo (2012 : 302), antara lain :
a. memberikan pengalaman yang tak terduga kepada peserta didik,
b. memperlihatkan secara nyata sesuatu yang pada awalnya tidak mungkin
bisa dilihat,
c. menganalisis perubahan dalam periode waktu tertentu,
d. memberikan pengalaman kepada peserta didik untuk merasakan suatu
keadaan tertentu, dan
e. menampilkan presentasi studi kasus tentang kehidupan sebenarnya yang
dapat memicu diskusi peserta didik.
4. Contoh Aplikasi Pembuatan Video
1. Camtasia
Camtasia Studio Software (perangkat lunak) yang dikembangkan oleh TechSmith Coorporation. Camtasia ini sendiri digunakan untuk merekam semua aktifitas yang ada pada desktop computer. Software ini bisa kita manfaatkan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan e-learning yaitu dengan membuat vidio tutorial atau pelatihan dan membuat vidio presentasi
2. Moovly
Moovly adalah salah satu dari banyak aplikasi yang berguna untuk pembuatan animasi video atau edit video. Aplikasi video ini memiliki 3 jenis pilihan yang memiliki fungsi yang berbeda di setiap liberinya. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini banyak yang di suguhkan oleh beberapa pilihan yang menampilkan obyek gambar.
www.betspub.com/macam-macam-aplikasi-edit-video-animas
3. Powtoon
Aplikasi powtoon adalah aplikasi video yang dapat membuat animasi berdasarkan web . Dalam menggunakan aplikasi ini dapat memilih template berdasarkan yang kita inginkan
www.betspub.com/macam-macam-aplikasi-edit-video-animas

 

Rangkuman Diskusi Microsoft Exel

29 September 2017 09:11:26 Dibaca : 34

Rangkuman Diskusi Microsoft Exel
a. Sejarah Microsoft Exel
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOSmengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, “do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi”
b. Pengertian Microsoft Exel
Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka . Microsoft Excel merupakan program dari Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan lembar kerja (worksheet) atau biasa dikenal dengan istilah spreadsheet program. spreadsheet itu artinya aplikasi yang digunakan untuk mengolah data/angka, pada lembar kerja.
c. Mafaat dari microsoft excel

  • Memudahkan kita menganalisa data dalam bentuk tabel dan juga grafi
  • Ketersediaan formula yang banyak sehingga memudahkan kita untuk membuat suatu rumus yang sulit dan variatif
  • Memudahkan menganalisa kesalahan rumus di tiap tahap perhitungan pada rumus yang panjang dengan fasilitas trace error
  • Memudahkan kita untuk memilah - milah data dengan fasilitas yang ada di program Ms. Excel yaitu Auto Filter
  • Memungkinkan kita untuk mengurutkan data berdasarkan empat kriteria sekaligus Bahkan lebih
  • Dimanfaatkan dalam bidang pendidikan, misalnya bisa dijadikan sebagai media pembelajaran.

d. kelebihan microsoft excel

  • Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
  • Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
  • Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.
  • Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

Rangkuma Hasil Diskusi Pemanfaatan Program/Aplikasi Mendeley

24 September 2017 20:03:31 Dibaca : 42

Nama : Fitrianti Maruwae
Nim : 431415007
Kelas : A Pendidikan Biologi

RANGKUMAN

 Mendeley didirikan pada November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 yang berasal dari jerman,. Selain ketiga mahasiswa tersebut mereka membentuk tim dalam membuat projek mendley ini yang terdiri dari alumni, peneliti dan software developers dari berbagai institusi akademik. kemudian pada januari 2008 versi pertama di perkenalkan ke public, mereka tidak berhenti disini saja kegigihan untuk terus menyempurnakan mendeley menjadi aplikasi yang lengkap sesuai harapan terus mereka lakukan. Hingga setelah melewati beberapa tahapan usaha keras mereka membuahkan hasil aplikasi mendeley sudah lebih lengkap dan sistematis.

Mendeley merupakan perangkat lunak yang memiliki kemampuan dalam mengolah database ilmiah berupa e-journal, e-book dan referensi lainnya. Fungsi sebagai library yang disertai dengan kemampuan digunakan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Selain itu manfaat dari mendeley yaitu untuk menghindari plagiat

Mendeley menyediakan fitur Digital Object Identifier (DOI) untuk mendeteksi keaslian data kepustakaan setiap judul artikel. DOI berfungsi untuk menelusuri Uniform Resource Locator atau Universal Resource Locator (URL) sebagai alamat permanen setiap artikel di internet. Referensi yang dikutip dari jurnal yang tidak menyediakan DOI sangat mudah dipalsukan. Jurnal yang hanya memiliki International Standard Serial Number (ISSN) sangat berpotensi dipalsukan artikelnya atau diselipkan artikel yang sebenarnya tidak pernah terbit. Paper yang sudah memiliki DOI, jika dimasukkan ke dalam Mendeley Desktop, semua data kepustakaannya secara otomatis terkoreksi. Dengan demikian, mahasiswa tidak perlu lagi melengkapi data kepustakaan setiap referensi secara manual yang tentu saja sangat menyita waktu dan membosankan.

Beberapa gaya sitasi default yang tersedia dalam Mendeley:

  • American Medical Association
  • American Political Science Association
  • America Psychological Association 6th Edition
  • American Sociological Association
  • Chicago Manual of Style 16th edition
  • Harvard Reference Format 1
  • IEEE
  • Modern Humanities Research Association 3rd Edition
  • Modern Language Association 7th Edition
  • Nature

Fitur-fitur di aplikasi mendeley

- Dapat berjalan pada MS Windows, Mac, ataupun Linux.

- Menampilkan metadata dari sebuah file PDF secara otomatis.

- Backup dan sinkronisasi data dari beberapa komputer dengan akun online.

- PDF viewer dengan kemampuan anotasi dan highlighting.

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

22 September 2017 22:23:23 Dibaca : 36

Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi
istilah “technology literacy” didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk memahami dan menggunakan teknologi sebagai alat untuk mempermudah mencapai tujuan.
Aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis (Wijaya: 31) yaitu:
1. Access (akses)
2. Manage (mengelola)
3. Integrate (meng-integrasikan)
4. Evaluate (meng-evaluasi)
5. reate (menciptakan)
1. Elemen Pembentukan Literasi
Tahapan awal adalah people literacy, yakni kemampuan dasar baca dan menulis masyarakat, diikuti literasi informasi dan literasi komputer. Literasi informasi diikuti oleh literasi digital, dan literasi komputer akan membawa dampak pada literasi internet. Literasi digital dan literasi internet merupakan dasar bagi literasi TIK.

1. Literasi Informasi
a. Elemen-Elemen Literasi Informasi
1) Visual Literacy
2) Media Literacy
3) Computer Literacy
4) Digital Literacy
5) Network Literacy
b. Model Pencarian Informasi
1) Starting (Mulai)
2) Chaining (Menghubungkan)
3) Browsing (Menjelajah)
4) Differentiating (Pembedaan)
5) Monitoring (Memantau)
6) Extracting (Mengambil Sari)
c. Literasi Komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien.
d. Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui komputer.
• Elemen Penting Literasi Digital
a. Social Networking Kehadiran situs jejaring sosial adalah salah satu contoh yang ada dalam social networking atau kehidupan sosial online.
b. Transliteracy, diartikan sebagai kemampuan memanfaatkan segala platform yang berbeda khususnya untuk membuat konten, mengumpulkan, membagikan hingga mengkomunikasikan melalui berbagai media sosial, grup diskusi, smartphone dan berbagai layanan online yang tersedia.
c. Maintaining Privacy, atau menjaga privasi dalam dunia online.

 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong