• Rangkuman pembuatan video pembelajaran

20 October 2017 10:21:11 Dibaca : 113

Menurut Riyana (2007) media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep. Media video pembelajaran dapat digolongkan kedalam jenis media Audio Visual Aids (AVA) atau media yang dapat dilihat atau didengar. Media audio motion visual (media audio visual gerak) yakni media yang mempunyai suara, ada gerakan dan obyeknya dapat dilihat, media ini paling lengkap. Informasi yang disajikan melalui media ini berbentuk dokumen yang hidup, dapat dilihat dilayar monitor atau ketika diproyeksikan ke layar lebar melalui projector dapat didengar suaranya dan dapat dilihat gerakannya (video atau animasi).
Menurut Nimah (2013) manfaat penggunaan media video pada proses pembelajaran adalah sebagai berikut :
1. Sangat membantu tenaga pengajar dalam mencapai efektifitas pembelajaran khususnya pada mata pelajaran yang mayoritas praktek.
2. Memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam waktu yang singkat
3. Dapat merangsang minat belajar peserta didik untuk lebih mandiri.
4. Peserta didik dapat berdiskusi atau minta penjelasan kepada teman sekelasnya.
5. Peserta didik dapat belajar untuk lebih berkonsentrasi
6. Daya nalar Peserta didik lebih terfokus dan lebih kompeten
7. Peserta didik menjadi aktif dan termotivasi untuk mempraktekan latihan-latihan.
8. Peserta didik dapat menayangkannya di rumah karena materi sudah dalam format film atau VCD.
9. Memenuhi tuntutan kemajuan zaman pendidikan, khususnya dalam penggunaan bidang media teknologi.
10. Memberikan daya pemahaman keterampilan yang lebih terstruktural

Pembelajaran menggunakan video sebagai media sangat baik terhadap pengetahuan peserta didik. hal ini di karenakan siswa lebih tertarik dengan gambar-gambar yang ada dalam video tersebut. siswa akan lebih memahami jika media dalam pembelajaran itu menarik, daya imajinasi pada siswa juga akan lebih berkembang. Dan lebih penting juga media pembelajaran menggunkan video bisa meningkatkan motivasi belajar pada siswa.

microsoft excel

29 September 2017 01:06:11 Dibaca : 19

Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi (perangkat lunak) yang merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office. Microsoft excel ini adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). pengolahan angkanya berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data.
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem operasi CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better" melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Kegunaan Microsoft Excel :
1. Membuat sebuah laporan keuangan
2. Membuat Daftar Nilai
3. Membuat daftar hadir
4. Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
5. Menghitung Kurs Mata Uang
6. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
7. Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
8. Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
9. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
10. Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat

Literasi TIK

26 September 2017 11:49:12 Dibaca : 42

Literasi berarti kemampuan untuk membaca dan menulis. Literasi TIK didefinisikan sebagai alat untuk memahami dan menggunakan teknologi sebagai alat untuk mempermudah mencapai tujuan. Tingkat literasi tik seseorang dapat digambarkan dari level 0, lever 1, level 2, level 3, level 4 dan level 5. Elemen-elemen literasi informasi diantaranya visual literacy, media literacy, computer literacy, digital literacy, network literacy. Model pencarian literasi yang pertama pencari informasi mulai melakukan pencarian, selanjutnya mengikuti mata rantai atau mengkaitkan dengan daftar pustaka yang ada, lalu penelusuran semi langsung atau terstruktur, membedakan sumber informasi untuk menyaring informasi berdasarkan sifat dan kualitas rujukan, mengembangkan lebih lanjut pencarian informasi yang dibutuhkan, yang terakhir adalah mengambil inti sari dari informasi tersebut. Literasi komputer adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan komputer dan teknologi efisien. Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui komputer. Manfaat literasi digital diantaranya menghemat waktu, belajar lebih cepat, menghemat uang, membuat lebih aman, selalu memperoleh informasi terkini, selalu terhubung, membuat keputusan yang lebih baik, dapat membuat anda bekerja, membuat lebih bahagia, mempengaruhi dunia. literasi digital elemen-elemennya yaitu social networking, transliteracy, maintaining privacy, managing digital identity, creating content, organising and sharing content, reusing/repurposing content, filtering and selecting content, self broadcasting. Literasi internet menyangkut kemampuan untuk menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis tentang internet sebagai media komunikasi dan pengambilan informasi.

Mendeley

25 September 2017 16:48:20 Dibaca : 31

Aplikasi mendeley adalah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan penulis untuk membuat karya ilmiah. Aplikasi mendeley dapat menghindari penulis dari plagiat. Aplikasi Mendeley dapat digunakan untuk Membuat sitasi dan daftar pustaka untuk keperluan penulisan. Mengelola file pdf hasil unduhan dari database jurnal online untuk temu kembali informasi apabila diperlukan. Mendiskusikan tentang sebuah artikel, setelah diberi catatan oleh pembaca pertama.
Mendeley dibangun pada bulan November 2007 oleh tiga mahasiswa tingkat doktoral di Jerman. Versi pertama dirilis pada bulan Agustus 2008. Tim terdiri atas para peneliti, alumni dan pengembang dari berbagai lembaga. Investornya antara lain mantan pendiri Skype, mantan Kepala Strategi Digital di Warner Music Group, serta akademisi dari Cambridge dan Johns Hopkins University. Mendeley
Jika jurnal yang kita masukan ke dalam aplikasi mendeley tidak terbaca penulis, tahun dan judulnya, kita dapat mengeditnya, dengan memasukkan penulis, tahun dan judulnya.

Seiring makin pesatnya perkembangan referensi online dan semakin digemarinya jejaring sosial, hal ini banyak menarik perhatian sekelompok peneliti, software ternama untuk membuat software jejaring sosial akademik. Aplikasi mendeley adalah aplikasi yang dibuat untuk membantu penggunanya dalam pembuatan karya ilmiyah. Aplikasi mendeley juga dapat menghindari para pembuat karya ilmiah dari plagiat karena aplikasi ini dapat mendeteksi keaslian referensi yang benar-benar tercantum di daftar pustaka.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong