Rangkuman tentang Microsoft Excel

04 October 2018 21:11:51 Dibaca : 7

RANGKUMAN HASIL DISKUSI TENTANG MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel adalah program aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Versi pertama Excel untuk Mac dijual di pasar pada tahun 1985, sedangkan versi Windows pada tahun 1987.Versi terakhir saat ini adalah Microsoft Excel 2011 untuk Mac OS X dan Microsoft Excel 2013 untuk Microsoft Windows.Dalam pelatihan ini, versi yang dipakai adalah versi 2010 untuk Microsoft Windows (Santoso, 2013).
Menurut Santoso (2013), Ada beberapa fitur operasi pada program aplikasi microsoft excel antara lain :
a. Format sel
Alamat sel dalam format yang paling umum berupa alamat kolom dan alamat baris. Sebagai contoh, jika sebuah sel berada di kolom A dan baris 1, maka alamat sel yang bersangkutan adalah A1.
b. Fungsi hitung
Ada banyak fungsi hitung dalam microsoft excel diantaranya adalah =sum (..) berfungsi untuk menghitung penjumlahan, =Count (….) berfungsi untuk melakukan counter, =max (..) berfungsi untuk mencari nilai maksimal (terbesar), =Min (..), untuk menjari nilai minimum (terkecil), =average (..) berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dan lain-lain.
c. Format Karakter
Fungsi rumus LEFT, MID dan RIGHT bisa digunakan untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel dimulai dari arah kiri, tengah ataupun kanan.
1) Rumus LEFT berfungsi untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari kiri. (=LEFT ( Text; Num_Chars )
2) Rumus MID berfungsi untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari tengah. (=MID ( Text; Start_Num; Num_Chars )
3) Rumus RIGHT berfungsi untuk mengambil beberapa karakter text dari data di Microsoft Excel yang dimulai dari kanan. (=RIGHT ( Text; Num_Chars )
Referensi :
(http://www.rumusexcel.com/2014/09/fungsi-rumus-left-mid-right-di-excel.html)
d. Fungsi Logika
Untuk menggunakan fungsi logika di microsoft excel, terlebih dahulu kita harus mengetahui tentang operator relasi. Operator relasi merupakan operator untuk membandingkan dua atau lebih data dalam satu cell.Jika benar (True) maka nilainya 1 dan jika salah (False) nilainya 0.Adapun jenis-jenis operator relasi yaitu:
1) Sama Dengan ( = )
2) Lebih Besar ( > )
3) Lebih Besar atau Sama Dengan ( >= ) \
4) Lebih Kecil ( < )
5) Lebih Kecil atau Sama Dengan ( <= )
6) Tidak Sama Dengan ( <> )
7) AND, OR dan NOT.
Fungsi Logika terkenal sebagai fungsi IF, yang kegunaannya untuk mendefinisikan / mengisi suatu Cell berdasarkan Cell yang lain atau kriteria tertentu, adapun rumusnya adalahIF ( Logical Test; Value if True; Value IF False ).
Referensi :
http://www.rumusexcel.com/2014/09/fungsi-logika-if-di-microsoft-excel.html
e. Membuat Grafik
Microsoft Excel 2010 memudahkan anda untuk membuat sebuah chart. Menyediakan tipe chart yang berbeda, yang bisa anda pilihketika anda membuatnya. Untuk tipe chart yang sering digunakan, anda bisa mengatur data yang akan ditampilkan pada chart dalambaris atau kolom dalam sebuah worksheet. Beberapa tipe chart tertentu seperti pie dan bubble, membutuhkan data yang sangatspesifik. Penggunaan pie dan bubble chart biasanya untuk data single.Sedangkan untuk data berdasarkan baris dan kolom yangbanyak (multiple) biasanya menggunakan column dan bar chart.
Selain itu, microsoft excel memiliki beberapa keuntungan antara lain mempermudah kita dalam mencari nilai rata-rata dari suatu data, dalam satu sheet mampu menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban dan pertanyaan, dan microsoft excel juga membantu dalam pembuatan RPP dan silabus pembelajaran.
Namun penggunaan microsoft excel ini dikalangan mahasiswa belum terlalu efektif. Hal ini diakibatkan karena minimnya pengetahuan mahasiswa tentang cara mengoperasikan microsoft excel tersebut.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong